16 Manfaat Citra Penginderaan Jauh Beserta Penjelasannya


16 Manfaat Citra Penginderaan Jauh Beserta Penjelasannya
Gambar Ilustrasi Penginderaan Jauh

16 Manfaat Citra Penginderaan Jauh Beserta Penjelasannya


Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul 16 Manfaat Citra Penginderaan Jauh Beserta Penjelasannya


Berikut Pembahasannya


Terdapat beberapa manfaat adanya citra penginderaan jauh, antara lain yakni sebagai berikut.

1.    Membantu menganalisis cuaca dan prakiraan atau prediksi cuaca dengan menentukan daerah bertekanan tinggi, daerah bertekanan rendah, daerah hujan, daerah badai siklon, dan lain-lain (meteorologi).

2.    Digunakan untuk pengamatan iklim di wilayah tertentu, penganalisisan cuaca, serta pemetaan iklim dan perubahannya (klimatologi).

3.    Citra dapat digunakan untuk membantu menganalisis perairan darat, sehingga memudahkan perencanaan pembangunan daerah sehubungan dengan ketersediaan air; digunakan dalam pengamatan Daerah Aliran Sungai (DAS), pengamatan luas daerah  dan intensitas banjir, pemetaan pola aliran sungai, serta penelitian sedimentasi sungai (Bidang hidrologi).

4.    Digunakan untuk pemetaan penggunaan lahan, mendeteksi lahan kritis, dan mengumpulkan data kerusakan lingkungan (SDA).

5.    Informasi tentang keadaan lahan, citra dapat digunakan untuk membantu perencanaan tata guna tanah, misalnya untuk pemukiman, perindustrian, areal pertanian, dan areal hutan.

6.    Melalui jenis citra tertentu dan dengan menggunakan stereoskop (alat untuk menginterpretasi citra penginderaan jauh), dari citra dapat diperoleh gambaran tiga dimensi yang menguntungkan dalam berbagai hal, antara lain:
a.    Menyajikan model medan secara jelas
b.    Keadaan relatif lebih jelas.
c.    Memungkinkan pengukuran perbedaan ketinggian tempat.
d.    Memungkinkan pengukuran volume benda yang ada, misalnya volume kayu.

7.    Mengenali karakteristik objek, misalnya kita dapat mengenali objek yang tidak dapat dikenali berdasarkan perbedaan suhu.

8.    Citra dapat memberikan petunjuk untuk pemetaan daerah bencana alam secara tepat pada saat terjadi bencana.

9.    Citra merupakan alat yang baik untuk memantau perubahan yang terjadi di suatu daerah, seperti permukaan hutan, pemekaran kota, dan perubahan kualitas lingkungan.

10.  Citra juga dapat digunakan untuk meramalkan keadaan di masa yang akan datang dan sekaligus untuk mencegah berbagai kemungkinan kejadian di masa mendatang.

11.  Bagi para peneliti di bidang geografi, citra mampu memberikan data geografi sehingga memudahkan untuk membuat suatu hubungan antara fenomena yang satu dan fenomena yang lain serta mengambil suatu keputusan, dan citra juga dapat digunakan untuk menjelaskan keruangan, baik secara parsial maupun secara kompleks.

12.  Dalam bidang pertanian dan kehutanan, foto satelit landsat dapat digunakan untuk mengidentifikasi hutan rawa, hutan lahan rendah, hutan mangrove, inventarisasi alang-alang, daerah pertanian lahan kering, ladang berpindah, dan lain-lain. Umumnya citra yang digunakan adalah Citra Landsat (Land Resources Satelit).

13.  Dalam bidang geografi, dari kenampakan wilayah (sungai, danau, jalan raya, desa, dan kota) dapat digunakan untuk kepentingan pemetaan tematik dan perencanaan penggunaan tanah.Contoh: citra Landsat, QuickBird, dan sebagainya.

14.  Dalam bidang geologi, kenampakan kelurusan, patahan, dataran, perbukitan, pegunungan, kondisi fisiografi yang berbeda dapat dilacak dari foto udara dan citra.Umumnya memanfaatkan citra satelit QuickBird.

15.  Dalam bidang oseanografi, daerah yang terkena tumpahan minyak di laut dan arah aliran air laut yang mengandung endapan dari sungai dapat pula diidentifikasi melalui foto satelit. Arah ombak yang membawa endapan dari sungai dapat juga teridentifikasi. Contoh: citra MOS (Marine Observation Satellite) dan citra Seasat (Sea Satellite).

16.  Dalam bidang arkeologi, penentuan situs purbakala bagi kajian arkeologi modern memerlukan data satelit dan data penginderaan jauh yang lain. Contohnya kajian situs bekas kerajaan Majapahit pernah dipelajari oleh tim gabungan dari bakosurtanal dan Fakultas Geografi UGM (Universitas Gadjah Mada) dengan menggunakan foto udara.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 16 Manfaat Citra Penginderaan Jauh Beserta Penjelasannya. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.

Terima Kasih…
Salam Edukasi…