Sejarah Akhir Perang Dunia Kedua

Sejarah Akhir Perang Dunia Kedua

Selamat Datang di Blog Edukasi Lovers-Id

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Sejarah Akhir Perang Dunia Kedua
 Berikut Informasi Selengkapnya:

Sejarah Akhir Perang Dunia Kedua
Gambar Ilustrasi: Medan Perang Dunia Kedua



Sejarah Akhir Perang Dunia Kedua

Akhir perang dunia kedua ditandai dengan negara Italialah yang pertama kali dikalahkan dari antara negara-negara Poros.Gerakan Anti Facis di bawah Badoglio membantu sekutu mempercepat kekalahan Italia (akhir 1944).Kemudian disusul Jerman yang dijepit oleh Rusia dari Timur dan Sekutu dari barat dan selatan,menyebabkan Jenderal Gustav Jodl dan Laksamana Hans George Von Friedeberg menyerah tanpa syarat kepada sekutu (Mei 1945).

Perang Dunia Kedua diakhiri dengan berbagai perjanjian di antara pihak yang kalah (Jerman,Italia,dan Jepang) dengan pihak yang menang (Amerika Serikat,Uni Soviet,Inggris,dan lain-lain).Perjanjian yang penting di antaranya adalah perjanjian antara Jerman dan Sekutu dan juga Perjanjian Jepang dengan Sekutu.

Akhirnya Jepang dijatuhi bom atom di Hiroshima dan Nagasaki (Agustus 1945) dan Rusia pun ikut menyatakan perang terhadap mereka.Sehingga akhirnya Jepang pun menyerah tanpa syarat (14 Agustus 1945)

-Sebab-sebab kekalahan pihak Poros
Sebab-sebab kekalahan pihak negara-negara poros antara lain,adalah sebagai berikut:
1).Negara-negara poros merupakan negara-negara yang secara potensi  tidak memiliki sumber-sumber alam yang penting untuk peperangan.
2).Negara-negara sekutu merupakan kekuatan terpadu yang kuat sekali.
3).Masuknya Rusia ke dalam Blok Demokrasi akibat diserang Jerman tahun 1941,menyebabkan Blok Demokrasi memiliki kawan yang tangguh.
4).Majunya teknologi di pihak Barat dengan penemuan senjata-senjata modern seperti sonar,radar,peluru kendai,dan bom atom.

-Perjanjian Perdamaian
Diantara perjanjian perdamaian yang penting adalah perjanjian antara sekutu dengan Jerman dan antara sekutu dengan Jepang.
Berikut penjelasannya:
*Perjanjian Sekutu-Jerman
Perjanjian sekutu-Jerman ditentukan oleh Truman (Amerika Serikat),Stalin (Uni Soviet) serta Attlee (Inggris) dalam konferensi postdam(1945),yang isinya antara lain:
1).Jerman dibagi dalam empat daerah pendudukan,yaitu Jerman Timur oleh Rusia,Jerman Barat oleh Amerika Serikat-Inggris-Perancis.
2).Kota Berlin yang tereletak di tengah-tengah daerah pendudukan Rusia juga di bagi: Berlin Timur diduduki oleh Rusia dan Berlin Barat oleh Amerika Serikat –Inggris-Perancis.
3).Danzig,Jerman disebelah Timur Sungai Oder,dan Niesse diberikan kepada Polandia.
4).Demiliterisasi dari Jerman.
5).Penjahat perang dihukum.
6).Jerman harus membayar kerugian perang.

*Perjanjian Sekutu-Jepang
Perjanjian sekutu-Jepang ditentukan di San Fransisco pada tahun 1951,yang isinya antara lain:
1)Kepulauan Jepang diperintah oleh tentara pendudukan Amerika.
2).Daerah hasil ekspansi Jepang dikembalikan;kepulauan Kuril dan Sakhalin Selatan diserahkan kepada Rusia,Mansuria dan Taiwan kepada Cina,Kepulauan Jepang di Pasifik kepada Amerika Serikat.Korea dibagi dua dengan batas 38 derajat lintang Utara,dibagian utara,di bagian Utara didduduki oleh Rusia dan di bagian selatan diduduki oleh Amerika Serikat.
3)Penjahat perang harus dihukum
4)Jepang harus membayar ganti kerugian perang.

 
Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Sejarah Akhir Perang Dunia Kedua.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,komentar,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…

Salam Edukasi…



0 Response to "Sejarah Akhir Perang Dunia Kedua"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru