10 Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Takraw Beserta Penjelasannya Terlengkap

10 Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Takraw Beserta Penjelasannya Terlengkap 

 

10 Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Takraw Beserta Penjelasannya Terlengkap
10 Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Takraw Beserta Penjelasannya Terlengkap



Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul 10 Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Takraw Beserta Penjelasannya Terlengkap


Berikut Pembahasannya:



Hal yang sangat penting untuk kita pelajari sebelum bermain sepak takraw adalah kita harus terlebih dahulu mengetahui teknik–teknik dasar dalam melakukannya.Berikut ini merupakan 10 teknik dasar dalam bermain sepak takraw yang wajib untuk kita pelajari:




1.     Sepak Kura/Kuda
Sepak kuda atau kura merupakan teknik dasar pada sepak takraw di mana punggung kaki adalah bagian yang perlu kita gunakan. Fungsi dari teknik ini juga adalah sebagai pengembali bola dari serangan lawan. Penggunaan sepakan ini adalah supaya kita bisa mengambil bola di posisi yang rendah.

Cara melakukan sepak kura adalah:
a.    Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu.
b.    Berat badan berada pada kedua kaki.
c.    Pandangan kearah datangnya bola.
d.    Sentuhan bola dilakukan pada bagian bawah bola dengan ujung kaki begian atas (kura-kura kaki) apabila bola berada jauh disamping kiri atau kanan.
e.    Kedua tangan  bebas untuk menjaga keseimbangan.


2.     Sepak Sila

10 Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Takraw Beserta Penjelasannya Terlengkap
Sepak Sila dalam Bermain Sepak Takraw



Sepak sila merupakan sebuah teknik dasar pada sepak takraw juga yang tujuan utamanya adalah untuk menyepak bola takraw. Dalam teknik ini, sepakan dilakukan dengan menggunakan kaki pemain bagian dalam. Sepak sila ini merupakan sebuah teknik dengan fungsi menerima maupun menendang bola takraw selama permainan berlangsung. Bahkan dalam latihan atau praktik sepak kura/kuda, sepak sila pun tak ketinggalan ikut digunakan.
Sepak sila ini juga diketahui menjadi teknik yang berfungsi untuk mengumpan bola takraw kepada teman setim. Bahkan teknik dasar ini juga perlu dikuasai oleh setiap pemain agar mampu melakukan serangan balik setelah lawan menyerang. Latihan teknik dasar ini perlu dilakukan supaya seluruh tujuan dan fungsi tersebut dapat terealisasikan.

Cara melakukan sepak sila adalah sebagai berikut:

a.    Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu.
b.     kaki sepak digerakkan melipat setinggi lutut tumpu.
c.    perkenaan bola adalah bagian dalam kaki.
d.    kaki tumpu agak ditekuk sedikit (tergantung kebiasaan).
e.    Pandangan ke arah bola.
f.     posisi kedua tangan bebas untuk menjaga keseimbangan.
g.    Pergelangan kaki sepak ditegangkan atau dikencangkan.
h.    Bola disepak sehingga memudahkan untuk melakukan sepakan berikutnya.


3.     Sepak Mula

10 Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Takraw Beserta Penjelasannya Terlengkap
Sepak Mula



Teknik ini juga dikenal sebagai teknik dasar pada sepak takraw yang tak boleh ketinggalan untuk dipelajari dan dikuasai. Sepakan mula ini biasanya dilakukan dengan tujuan sebagai tanda bahwa permainan telah dimulai. Dalam setiap permainan sepak takraw, jelas sepak mula ini menjadi salah satu sepakan penting.Sepakan ini biasanya dilakukan dengan mengarahkannya ke lapangan lawan sebagai tanda dimulainya permainan. Ini adalah teknik sepak yang juga diketahui dengan nama lain, yaitu sepak servis. Tim atau regu yang bisa melakukan servis dengan baik dan sempurna akan mendapatkan poin sehingga oleh karena itulah teknik gerakan ini dianggap vital.


4.     Menapak
Teknik menapak juga merupakan teknik dasar di mana pemain sepak takraw perlu untuk menyepak bola takraw menggunakan telapak kaki. Teknik ini juga penting karena ada saatnya teknik ini bisa digunakan saat hendak melakukan smash kepada grup lawan. Gerakan teknik ini juga memiliki tujuan sebagai pemblokir smash yang diarahkan kepada tim kita oleh lawan. Dengan teknik gerakan inilah, kita bisa menyelamatkan bola takraw yang sudah berada di dekat net.

Cara melakukannya

a.    Ambil posisi siap dan berdirilah dengan kedua kaki menumpu dengan jarak selebar bahu.
b.    Kaki penyepak bisa diangkat tinggi-tinggi sambil posisi lutut sedikit membengkok dan telapak kaki dipukulkan ke arah bola. Pastikan juga untuk tak menyentuh net.
c.    Gunakan telapak kaki untuk menyentuh bola pada bagian atasnya yang kemudian disepak ke arah lawan.
d.    Pandangan mata harus tetap fokus pada bola sambil mencondongkan badan sedikit ke belakang.


5.     Heading (Menyundul)

10 Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Takraw Beserta Penjelasannya Terlengkap
Heading (Menyundul) Pada Permainan Sepak Takraw


Teknik heading bukan hanya ada pada permainan sepak bola, melainkan juga diperlukan pada permainan sepak takraw. Hanya saja teknik heading dalam sepak bola bukanlah yang diterapkan pada sepak takraw ini karena biasanya heading sepak takraw dibutuhkan ketika penerimaan kembali bola lemparan yang berasal dari lawan.
Teknik ini jugalah yang bisa digunakan pemain saat hendak menyelamatkan bola takraw dari serangan lawan. Posisi bola biasanya ada di atas dan tak akan mudah untuk kaki pemain menjangkaunya. Itulah yang menjadi alasan mengapa teknik ini merupakan dasar yang pemainnya perlu menguasai.

a.    Ambil sikap berdiri dan juga bersikap kuda-kuda.
b.    Badan condongkan ke belakang dan kedua tangan letakkan di sisi tubuh sambil membengkokkan siku.
c.    Fokuskan pandangan mata pada arah bola dan sasaran yang dituju.
d.    Pastikan gunakan kepala bagian depan saat menyundul.
e.    Badan gerakkan ke arah depan dan leher juga perlu digerakkan supaya dorongan bola bertambah.


6.     Sepak Cungkil
Sepak cungkil adalah teknik dasar selanjutnya di permainan sepak takraw yang juga tak bisa diabaikan karena sama pentingnya dengan teknik sepakan lainnya yang sudah dibahas. Sepak satu ini merupakan sepakan yang dilakukan menggunakan jari kaki dengan tujuan untuk mengambil bola yang jaraknya termasuk jauh.
Pada umumnya, sepak cungkil ini jugalah yang digunakan pemain ketika ada pantulan bola liar. Pantulan bola liar biasanya adalah hasil dari blocking sehingga menggunakan teknik ini bisa sangat membantu. Bahkan untuk pengambilan bola rendah pun sangat berguna sehingga wajib menjadi teknik yang dikuasai dengan baik oleh setiap pemain.

Sepak petik atau cungkil dilakukan untuk mengambil bola yang datangnya keras dan rendah. Cara pelaksanaan sepak cungkil sebagai berikut:

a.    Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan badan tegak.
b.    Berat badan berada pada kedua kaki.
c.    Pandangan kearah datangnya bola dan ujung kaki yang akan membuat sentuhan.
d.    Sentuhan bola dilakukan antara bagian bawah bola dengan bagian atas ujung kaki, sedangkan kaki tumpu sedikit ditekuk dan badan dicondongkan sedikit ke belakang.
e.    Kedua tangan bebas untuk menjaga keseimbangan.

7.     Membahu
Pada teknik membahu, teknik dasar ini berfokus pada pengontrolan bola dengan menggunakan bahu. Teknik ini biasanya digunakan para pemain sepak takraw ketika perlu mengendalikan bola hasil serangan lawan secara tiba-tiba. Bisa dikatakan, teknik ini merupakan teknik pertahanan dalam kondisi yang mendesak.
Ketika pemain merasa dalam kondisi kurang baik, maka teknik membahu inilah yang bisa dipakai supaya bola yang datang terkontrol secara lebih baik. Pada banyak kasus, gerakan bola yang dismash oleh lawan pasti cukup mengejutkan sehingga bola lepas kendali. Di saat terdesak inilah, teknik membahu sangat diperlukan dan akan menjadi berguna.
Mungkin agak tidak mudah dalam memraktikkan teknik membahu ini karena bola pun harus dijaga keseimbangannya di atas bahu, namun dengan latihan yang cukup sering, maka hal ini tak lagi akan menjadi sulit.


8.     Mendada
Teknik mendada pun menjadi bagian dari sepak takraw di mana penggunaan teknik ini bertujuan utama mengendalikan bola. Teknik mendada juga adalah teknik dasar yang pada prosesnya menggunakan dada sebagai pengontrol bola, seperti gerakan yang kita sering lihat juga pada permainan sepak bola. Pengontrolan bola ini dilakukan saat bisa dimainkan berikutnya.
Teknik atau gaya membawa atau menerima bola dengan dada sudah cukup sering kita lihat di permainan sepak bola. Namun sebenarnya, teknik gaya dada pun ada juga dalam permainan sepak takraw di mana fungsinya mirip dengan teknik dada di sepak bola yang tujuannya mengendalikan bola yang datang mendadak. Saat lawan men-smash, bola akan datang dalam kecepatan yang tinggi dan serangan ini akan begitu mendadak, dan saat posisi kita tepat dalam menggunakan dada, lebih baik gunakan teknik mendada ini untuk menerima sekaligus mengendalikan bola datang.Mendada adalah suatu cara memainkan bola dengan mempergunakan dada dengan tujuan untuk menerima bola yang setinggi dengan dada sebelum menguasai dengan kaki.

Cara melakukannya
a.    Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu.
b.    Badan dilentingkan ke belakang sambil membengkokkan kedua kaki.
c.    Tangan dibuka, lutut dibengkokkan dan berat badan pada kaki belakang. 


9.     Sepak Simpuh
Istilah lain untuk sepak simpuh adalah sepak badek di mana jenis teknik sepak ini juga merupakan teknik dasar yang perlu setiap pemain sepak takraw kuasai. Teknik dasar ini lebih berfokus kepada upaya sepakan bola menggunakan kaki bagian luar. Namun tak harus menggunakan kaki bagian luar karena kaki bagian samping luar pun sah-sah saja.Jenis teknik sepakan ini digunakan dengan tujuan untuk menyelamatkan bola dari pihak tim lawan. Hanya saja, para pemain juga biasanya menggunakan sepak simpuh sebagai pengendali bola dalam upaya penyelamatan yang biasanya tergolong efektif. Sepak ini sangatlah mendasar dan juga perlu dikuasai setiap pemain, maka dengan latihan yang cukup baik dan sesuai kebutuhan, para pemain biasanya akan menguasai secara sempurna teknik sepakan ini dan mengeksekusinya secara tepat juga. Butuh pengawasan pelatih juga bila tak yakin dengan posisi dan gerakannya.Sepak badek dilakukan untuk menyelamatkan bola yang berada disamping kiri, kanan atau belakang sewaktu pemain hilang keseimbangan. Adapun cara melakukan sepak badek adalah sebagai berikut:


a.    Berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu
b.    Bola dilambung sendiri melewati kepala dan pandangan ke arah bola yang akan disepak
c.    Kaki yang akan melakuakn sepak badek harus digerakkan atau diayun keluar, berputar pada paha dengan menghadapkan samping luar kaki ke arah bola
d.    Tinggi ayunan kaki (gerakan kaki) yang akan melakukan sepakan tidak boleh melebih lutut
e.    Bola disentuh pada bagian bawah dengan bagian sisi luar kaki
f.     Tangan bebas untuk menjaga keseimbangan, badan dicondongkan sedikit ke kiri, apabila orang melakukan sepak badek dengan kaki kanan dan begitu pula sebaliknya.
g.    Apabila bola berada jauh di belakang, kaki diangkat setinggi pinggang, dan kaki tumpu hendaknya dibengkokkan sedikit.

10.                       Memaha

10 Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Takraw Beserta Penjelasannya Terlengkap
Memaha dalam Permainan Sepak Takraw



Setelah teknik menyundul (heading), membahu, dan mendada, kini kita juga perlu tahu teknik dasar memaha. Bila membahu adalah proses gerakan mengendalikan bola menggunakan bahu, lalu juga mendada adalah cara mengendalikan bola dengan dada, maka sudah bisa ditebak apa itu teknik memaha.
Memaha adalah teknik di mana permainan bola lebih menggunakan paha sebagai pengendali bola yang datang dari lawan. Teknik dasar ini biasanya digunakan pemain ketika perlu menerima bola, menahannya hingga proses penyelamatan bola yang diberikan oleh lawan saat menyerang.
Smash lawan bisa sangat mendadak sehingga bila mampu mengendalikan bola dengan paha, maka teknik inilah yang akan efektif membantu.Itulah sedikit informasi mengenai teknik sepak takraw paling dasar untuk dipelajari dan dikuasai oleh setiap pemain.Dengan melatih dan mengombinasikan sendiri setiap langkah tersebut, maka penguasaan teknik akan sangat maksimal.

Teknik memaha yang baik dan benar adalah sebagai berikut:
a.    Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu.
b.    Paha digerakkan ke atas dengan membengkokkan lutut, tinggi gerakannya tidak melebihi tinggi pinggang.
c.    Padangan ke arah bola.
d.    Kedua tangan dibuka dan badan sedikit dicondongkan ke depan untuk menjaga keseimbangan badan.
e.    Perkenaan bola antara bagian bawah bola dengan bagian ujung paha ketika bola berada setinggi pinggang.
f.     Pemindahan daya kepada bola berlaku ketika tumit dijinjitkan.


 

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 10 Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Takraw Beserta Penjelasannya Terlengkap.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
Salam Edukasi…


0 Response to "10 Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Takraw Beserta Penjelasannya Terlengkap "

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru