ATLAS: Pengertian ATLAS,Unsur-Unsur Dalam Atlas,Syarat-Syarat Dalam Atlas,Mencari Informasi Dalam Atlas, Dan Jenis-Jenis Atlas Beserta Penjelasannya Terlengkap

 

ATLAS: Pengertian ATLAS,Unsur-Unsur Dalam Atlas,Syarat-Syarat Dalam Atlas,Mencari Informasi Dalam Atlas, Dan Jenis-Jenis Atlas Beserta Penjelasannya Terlengkap



ATLAS: Pengertian ATLAS,Unsur-Unsur Dalam Atlas,Syarat-Syarat Dalam Atlas,Mencari Informasi Dalam Atlas, Dan Jenis-Jenis Atlas Beserta Penjelasannya Terlengkap



Selamat Datang di Blog edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul ATLAS: Pengertian Atlas,Unsur-Unsur Dalam Atlas,Syarat-Syarat Dalam Atlas,Mencari Informasi Dalam Atlas, Dan Jenis-Jenis Atlas Beserta Penjelasannya Terlengkap




1. Pengertian Atlas

ATLAS: Pengertian ATLAS,Unsur-Unsur Dalam Atlas,Syarat-Syarat Dalam Atlas,Mencari Informasi Dalam Atlas, Dan Jenis-Jenis Atlas Beserta Penjelasannya Terlengkap


  Atlas adalah kumpulan peta dalam bentuk buku. Peta yang di bukukan di bedakan menjadi peta umum dan peta khusus. Oleh karna itu atlas pun dapat di bedakan menjadi atlas atlas umum dan atlas khuusus. Atlas umum terdiri atas peta- peta umum. Conyohnya atlas Indonesia, dan dunia. Atlas khusus tediri atas peta – peta khusus. Contohnya, atlas sejarah Indonesia dan dunia, dan atlas geologi Indonesia.

2.Unsur – Unsur Dalam Atlas
  Atlas yang baik mempunyai unsur– unsur sebagai berikut :
a.    Judul Atlas, pada bagian sampul di tuliskan judul atlas, dan harus berhubungan dengan isi  atlas.judul atlas didesain yang baik sehingga menarik para pengguna atlas.misalnya peta Indonesia dan dunia. Pada bagian sampul juga di tulis nama penyusun dan penerbit.
b.    Daftar isi,  Daftar isi menunjukan judul- judul peta beserta halamannya yang ada dalam atlas.Daftar isi mempermudah   pengguna atlas dalam mencari peta yang dibutuhkan.menurut isi keseluruhan peta yang terdapat di dalam atlas sesuai halamannya.
c.    Kata pengantar, berisi maksud atau tujuan dari penyusun atlas.
d.    Legenda (keterangan), sama seperti pada peta, yaitu dengan simbol – simbol. Untuk lebih jelasnya, perhatikan atlas di sekolah.
e.    Tahun pembuatan peta dan penerbit
Tahun pembuatan untuk mengetahui kapan atlas dibuat . Tahun pembuatan atlas , misalnya harus dicantumkan terutama untuk atlas yang memuat data yang sifatnya dinamis, sedangkan penerbit untuk mengetahui penerbit mana yang mencetaknya
f.     Indeks, di maksudkan untuk mempermudah dalam menggunakan atlas, misalnya dalam mencari letak suatu kota, pulau, gunung, danau, sungai, dan unsur- unsur geografi yang lain.

3.Syarat-Syarat Atlas

1)    Menggambarkan suatu daerah dengan data yang akurat.
2)     Menggunakan proyeksi petatertentu yang disesuaikan dengan tujuan.
3)    Memiliki formulasi warna atau simbol lain yang tepat sehingga tampak menarik.

4.Mencari Informasi Dalam Atlas
  Informasi geografi dalam atlas dapat di cari dengan mempergunakan indeks, daftar isi, serta garis lintang dan garis bujur.
a.    Indeks
  Kenampakan geografi seperti kota, pulau, gunung,danau, dan sungai dapat di cari di atlas dengan menggunakan indeks.Agar lebih cepat dalam menunjukkan kenmpakan yang kita cari, indeks di bagi menjadi dua bagian yaitu Indonesia dan dunia. Setiap bagian disusun dalam kelompok –kelompok kota, gunung/ pegunungan, pulau / kepulauan, sungai , danau, waduk, teluk, selat, laut, samudra, tanjung, dan pelabuhan udara.setiap kelompok disusun sesuai urutan abjad. Sebagai contoh kita ingin mengetahui letak kota banjarmesin, maka kita cari abjad B pada kelompok kota- kota dalam bagian indeks di Indonesia. Di situ di tulis Banjarmasin 25. A3. Indeks member petunjuk kepada pembaca peta agar kota banjarmesin dicari pada halaman 25, kolom A dan lajur 3. Perlu diketahui bahwa setiap peta terdapat kolom antara dua garis bujur. Masing –masing kolom diberi kode huruf A, B, C, D, E, dan seterusnya( pada garis horizontal). Lajur antara dua garis lintang diberi kode angka 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya( pada garis vertikal). Demikian seterusnya, kalau kamu ingin mencari nama gunung atau unsur geografi lainnya.

b.    Daftar isi
Daftar isi memuat senua judul peta yang ada berserta halamanya. Mulai daftar isi, kita dengan cepat dapat mencari peta yang diinginkan.

c.    Garis Lintang dan Garis Bujur
  Pada setiap peta pasti gambar garis – garis lintang dan garis- garis bujur. Garis lintang di gambarkan horizontal. Garis bujur digambarkan dengan garis – garis vertical.
  Garis lintang ada dua macam, yaitu garis lintang utara (LU) dan garis lintang selatan (LS). Cara menghitung garis lintng dimulai dari garis lintang nol derajat atau garis katulistiwa. Garis bujur juga ada dua macam, yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT).
  Garis lintang dan busur secara bersama – sama dapat dipakai untuk menentukan letak suatu daerah atu suatu Negara. Contoh kepulauan Indonesia terletak pada 6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT.

5.Jenis –jenis  Atlas
a.    Atlas Nasional , yaiitu atlas yang dibuat secara nasional di Negara tertentu.Isinya tentang data- data dan  gambar- gambar yang berorientasi pada negar pembuatanya.
b.    Atlas Dunia , yaitu atlas yang berisi  gambaran keadaan benua yang ada di bumi  beserta Negara- Negara   
c.    Atlas semesta, yaitu atlas yang dibuat untuk memafarkan keadaan alam semesta, tata surya, galaksi, peredaran bintang-bintang,pelanet dan sebagainya.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul ATLAS: Pengertian Atlas,Unsur-Unsur Dalam Atlas,Syarat-Syarat Dalam Atlas,Mencari Informasi Dalam Atlas, Dan Jenis-Jenis Atlas Beserta Penjelasannya Terlengkap.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.


Terima Kasih…
Salam Edukasi…







0 Response to "ATLAS: Pengertian ATLAS,Unsur-Unsur Dalam Atlas,Syarat-Syarat Dalam Atlas,Mencari Informasi Dalam Atlas, Dan Jenis-Jenis Atlas Beserta Penjelasannya Terlengkap"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru