4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap

4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap



4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap


Selamat Datang di Blog edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul 4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap

1.Sejarah Permainan Bola Voli

4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap


  Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). YMCA (Young Men’s Christian Association) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang telah diajarkan oleh Yesus. Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William. Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal pada tanggal 28 November 1939), Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan yang juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA, menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith. Olahraga permainan Mintonette sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan. Tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan (handball). Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini-pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.
  Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Pada awal tahun 1896 tersebut, Dr. Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) mengundang dan meminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah ia ciptakan di stadion kampus yang baru. Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, Springfield tersebut juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani. Dalam kesempatan tersebut, Morgan membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang. Dalam kesempatan itu, Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa. Dan menurut penjelasannya pada saat itu, permainan ini dapat juga dimainkan oleh banyak pemain. Tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan tersebut. Sedangkan sasaran dari permainan ini adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lain (wilayah lawan).

a.    Olahraga ini Bernama Mintonette

  Tahukah sobat? Ternyata permainan bola voli (volleyball) ini adalah kombinasi dari 4 permainan bola besar yang dijadikan satu, yakni:
·         bola basket,
·         baseball,
·         tenis, dan
·         bola tangan (handball).

  Tapi olahraga ini awalnya bukan disebut dengan nama bola voli, melainkan diberi nama olahraga Mintonette. Siapa penemunya? Cabang olahraga ini ditemukan pertama kali oleh William G. Morgan.

b.    Tentang William G. Morgan
  William G. Morgan lahir pada tahun 1870 dan meninggal dunia pada tahun 1942.Beliau adalah seorang instruktur pendidikan jasmani atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan Director of Phycal Education di YMCA.William G. Morgan menemukan olahraga Mintonette ini pada tanggal 9  Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.
c.    Tentang Organisasi YMCA
  YMCA adalah singkatan dari Young Men’s Cristian Association. Yaitu sebuah organisasi yang didirikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran utama umat Agama Kristen kepada para pemuda.YMCA didirikan di London, Inggris, pada tanggal 6 Juni 1884 oleh George William.Organisasi ini menyediakan berbagai fasilitas untuk anak-anak muda. Seperti pendidikan luar sekolah, fasilitas olahraga, dan penginapan.
d.    Terinspirasi dari Bola Basket
  Olahraga ini diciptakan oleh William G. Morgan setelah beliau bertemu dengan James Naismith.James Naismith sendiri merupakan orang yang menciptakan cabang olahraga bola basket. Beliau lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal dunia pada tanggal 28 November 1939.
  Sama halnya dengan William G Morgan, James Naismith pun juga mengabdikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani.William G Morgan menciptakan olahraga Mintonette ini empat tahun setelah ditemukannya permainan bola basket oleh James Naismith.
  Awalnya, permainan yang ditemukan William G. Morgan ini diperuntukkan bagi para anggota YMCA yang sudah tidak muda lagi. Karena itulah, olahraga ini dibuat tidak seaktif permainan bola basket yang diciptakan oleh James Naismith.
e.    Peraturan Pertama Bola Voli
  Peraturan permainan bola voli yang pertama kali tentu saja dibuat oleh penemunya, William G Morgan.Beliau membuat sebuah jaring dengan tinggi 1,98 meter yang dipasang di tengah lapangan. Dengan ukuran lapangan sebesar 7,6 meter x 15,2 meter.Untuk durasi permainan, setiap pertandingan terdiri dari 9 sesi dengan 3 kali servis yang dilakukan oleh masing-masing tim di setiap sesinya.
f.     Berubah Nama Menjadi Bola Voli
  Di tahun 1896, olahraga Mintonette ini berubah nama menjadi volleyball atau bola voli. Hal ini dilakukan dalam demonstrasi pertandingannya yang pertama kali diadakan di YMCA Training School.
Di awal tahun 1896, William G Morgan diundang oleh Dr. Luther Halsey Gulick (seorang Director of the Professional Physical Education Training School yang juga merupakan Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) untuk mendemonstrasikan permainan yang baru diciptakannya dalam sebuah konferensi di stadion kampus YMCA yang baru.
  Dalam kesempatan yang dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani tersebut, William G Morgan membawa 2 tim. Setiap tim beranggota 5 orang.Morgan menjelaskan, bahwa permainan yang diciptakannya tersebut bisa dimainkan di dalam maupun luar ruangan dengan leluasa.
  Menurutnya juga, beliau menyampaikan bahwa permainan ini bisa dimainkan oleh banyak pemain. Tidak ada standar jumlah pemain yang membatasi dalam permainan tersebut.Dan tujuan dari permainan ini adalah untuk mempertahankan agar bola tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu daerah ke daerah lain (daerah tim lawan).
g.    Berkembang ke Seluruh Dunia
  Seiring perkembangan zaman, permainan bola voli mulai mengalami sedikit perubahan dalam aturan permainannya.Di tahun 1916, penggunaan teknik spike atau smash mulai diperkenalkan. Dan 4 tahun kemudian, di tahun 1920, diciptakanlah peraturan 3 kali sentuhan dan skor akhir berubah dari yang awalnya 15 poin, menjadi 21 poin.
  Pada tahun 1900, permainan bola voli mulai merambat ke negara lain selain Amerika, yaitu Kanada.Hingga pada akhirnya, setelah meluas ke berbagai negara, pada tahun 1947 dibentuklah Federasi Internasional Bola Voli, atau Federation Internationale de Volleyball (FIVB).Dan untuk pertama kalinya, kejuaraan bola voli dunia diselenggarakan 2 tahun seteahnya, yaitu pada tahun 1949.
h.    Sejarah Permainan Bola Voli di Indonesia

  Permainan bola voli masuk ke Indonesia pada zaman penjajahan Belanda, tahun 1928. Namun, pada waktu itu, bola voli hanya dimainkan oleh orang-orang Belanda dan para bangsawan.Karena pada saat itu, untuk mengembangkan olahraga (termasuk olahraga bola voli) di Indonesia, guru-guru pendidikan jasmani didatangkan dari Belanda.
  Selain para guru pendidikan jasmani, para tentara pun punya peran dalam pengenalan dan pengembangan permainan bola voli di Indonesia.Mereka suka bermain bola voli di asrama-asrama mereka dan di lapangan terbuka. Mereka juga suka mengadakan pertandingan bola voli antar kompeni.
i.      Terbentuknya PBVSI
  Permainan olahraga bola voli berkembang dengan begitu pesatnya di Indonesia. Sehingga, tak butuh waktu lama, mulai bermunculan klub-klub bola voli di kota-kota besar Indonesia.Dengan adanya fenomena inilah, akhirnya pada tanggal 22 Januari 1955, didirikanlah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) di Jakarta.
  Bersamaan dengan itu, diadakan juga kejuaraan bola voli nasional yang pertama kalinya.Sejak didirikan, PBVI mulai aktif mengembangkan berbagai kegiatan bola voli di Indonesia, baik di dalam, maupun ke luar negeri. Dan hal ini terus berlangsung sampai sekarang.
j.      Mulai Dipertandingkan Secara Resmi
  Perkembangan permainan bola voli semakin melambung di Indonesia ketika menjelang diadakannya Asian Games IV di tahun 1962 dan dilanjutkan dengan Ganefo I di tahun berikutnya, yaitu tahun 1963. Hal ini berlaku untuk semua kategori, baik pria maupun wanita.
  Bulan Oktober tahun 1951, permainan bola voli mulai dipertandingkan dalam acara resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) II di Jakarta.Upacara pembukaan PON II di Stadion Ikada, Jakarta.Hingga saat ini, permainan bola voli termasuk salah satu cabang olahraga resmi yang selalu ada dalam setiap kejuaraan olahraga di Indonesia

2.Sarana dan Prasarana Permainan

4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap


a.    Lapangan permainan
  Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah 9 meter x 18 meter.Garis batas serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangan adalah 5 meter.

b.    Bola
  Bola tersebut memiliki keliling lingkaran 65 hingga 67 cm, dengan berat 260 hingga 280 gram. Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).

c.    Net
  Ukuran tinggi net putra 2,43 meter dan untuk net putri 2,24 meter.


3.Cara Permainan

4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap


  Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 6 orang pemain dan berlomba-lomba mencapai angka 25 terlebih dahulu.Dalam sebuah tim, terdapat 4 peran penting, yaitu tosser (atau setter), spiker (smash), libero,dan defender (pemain  bertahan). Tosser atau pengumpan adalah orang yang bertugas untuk mengumpankan bola kepada rekan-rekannya dan mengatur jalannya permainan. Spiker bertugas untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan. Libero adalah pemain bertahan yang bisa bebas keluar dan masuk tetapi tidak boleh men-smash bola ke seberang net. Defender adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan.
  Permainan voli menuntut kemampuan otak yang prima, terutama tosserTosser harus dapat mengatur jalannya permainan. Tosser harus memutuskan apa yang harus dia perbuat dengan bola yang dia dapat, dan semuanya itu dilakukan dalam sepersekian detik sebelum bola jatuh ke lapangan sepanjang permainan. Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 6 orang pemain dan mengusahakan untuk mencapai angka 25 terlebih dahulu untuk memenangkan suatu babak.

4.Peraturan Permainan

a.    Penghitungan angka
'Aturan permainan dari bola voli adalah:
1.   Jika pihak musuh bisa memasukkan bola ke dalam daerah kita maka kita kehilangan bola dan musuh mendapatkan nilai
2.   Serve yang kita lakukan harus bisa melewati net dan masuk ke daerah musuh. Jika tidak, maka musuh akan mendapat nilai

b.    Sistem pertandingan
·         Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan disitribusikan ke dalam 2 (dua) group, masing-masing group terdiri dari 4 (empat) tim.
·         Setiap tim terdiri dari 10 pemain meliputi 6 pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 pemain cadangan.
·         Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlangsung tidak dibatasi.
·         Pertandingan tidak akan ditunda apabila salah satu atau lebih dari satu anggota tim sedang bermain untuk cabang olahraga yang lain.
·         Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah 4 orang.
·         Apabila di lapangan terdapat kurang dari 4 orang, maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah.
·         Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (best of three), kecuali pada 2 babak sudah di pastikan pemenangnya maka babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan.
·         Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Bila poin peserta seri (24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 poin. Peserta yg pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan.
·         Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat nilai 1. Apabila ada dua tim atau lebih mendapat nilai sama, maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan.
·         Kesalahan meliputi:
·         Pemain menyentuh net atau melewati garis batas tengah lapangan lawan.
·         Tidak boleh melempar ataupun menangkap bola. Bola voli harus di pantulkan tanpa mengenai dasar lapangan.
·         Bola yang dipantulkan keluar dari lapangan belum dihitung sebagai out sebelum menyentuh permukaan lapangan.
·         Pada saat servis bola yang melewati lapangan dihitung sebagai poin bagi lawan, begitu juga sebaliknya penerima servis lawan yang membuat bola keluar dihitung sebagai poin bagi lawan.
·         Seluruh pemain harus berada di dalam lapangan pada saat serve dilakukan.
·         Pemain melakukan spike di atas lapangan lawan.
·         Seluruh bagian tubuh legal untuk memantulkan bola kecuali dengan cara menendang.
·         Para pemain dan lawan mengenai net 2 kali pada saat memainkan bola dihitung sebagai double faults.
·         Setiap team diwajibkan bertukar sisi lapangan pada saat setiap babak berakhir. Dan apabila dilakukan babak penetuan (set ke 3) maka tim yang memiliki nilai terendah boleh meminta bertukar lapangan sesaat setelah tim lawan mencapai angka 13.
·         Time out dilakukan hanya 1 kali dalam setiap babak dan berlangsung hanya 1 menit.
·         Di luar dari aturan yang tertera disini, peraturan permainan mengikuti peraturan internasional.

1)    Lapangan Bola Voli
Untuk persoalan lapangan pada permainan bola voli yaitu berbentuk empat persegi panjang dengan ukurannya adalah Lebar 9 m, panjang 18 m, lebar garis 5 cm.
2)    Jaring Net
·         Panjang : 9,5 meter
·         Lebar : 1,00 meter
·         Lebar mata jaring : 10 centimeter
Pada bagian atas net harus ada pita putih yang lebarnya 5 centimeter
·         Tinggi jaring net pada voli putra : 2,43 meter
·         Tinggi net pada voli puti : 2, 24 meter
Pada kedua tepi net harus dipasang antena yang letaknya lurus di atas garis lapangan.
Warna antena harus belang kontras putih hitam misalnya. Panjang antenna 1,80 meter. Antena terbuat dari bahan yang elastis dengan diameter 1 centimeter.

3)    Bola
·         Diameter bola voli : 65 cm – 67 cm
·         Berat : 250 – 280 gram
·         Tekanan udara : 0,48 kg/cm2 – 0,52 kg/cm2
·         Jumlah jalur : 12 – 18 jalur
·          
Bola voli berbahan kulit yang lunak atau bahan lain yang sejenis, bentuk bola harus bola sempurna dan bahan dalamnya yang terbuat dari karet. Warna bola haruslah terang misalnya warna putih.
4)    Kelengkapan pemain
Pemain bola voli hendaknya harus mengenakan pakaian olahraga dengan nomor punggung dan dada, memakai celana pendek dan memakai sepatu olahraga.
5)    Jumlah pemain bola voli
Jumlah pemain dalam satu tim atau regu pada bola voli berjumlah 6 orang dengan banyak pemain cadangan juga enam orang.
6)    Pergeseran pemainan
Dalam permainan bola voli pergeseran area pemainnya harus searah jarum jam. Bila salah satu regu penerima servis memenangkan permainan, maka semua pemain diberi hak untuk berpindah posisi caranya bergeser kearah jarum jam.
Misalnya posisi tiga melakukan servis, maka posisi 1 bergeser ke posisi 2.
7)    Lama Permainan Bola Voli
Lama permainan bola voli berdasarkan oleh jumlah poin dalam sebuah set. Dalam sistem rally poin ini jumlah point yang harus di dapat adalah 15 point.
Kecuali bila terjadi deuce yaitu 14:14, mungkin atau 24 – 24.
Untuk memenangkan satu pertandingan bola voli dapat Dua set langsung kemenangan dan Tiga set langsung kemenangan
8)    Pemimpin pertandingan bola voli
Seorang wasit memimpin jalannya pertandingan dan empat orang penjaga garis dan satu orang sebagai pencatat skor.
9)    Peraturan Teknis Permainan Bola Voli
Setiap regu di beri hak memainkan bola sebanyak-banyaknya 3 kali.
Seorang pemain tidak boleh memainkan bola lebih dari satu kali secara berturut-turut
Regu yang melakukan servis jika memenangkan permainan berhak mendapat satu tambahan poin.
Sebaliknya, apabila tidak dapat mengembalikan bola maka poin untuk lawan.
Bola hidup berati mulai dipukulnya servis ball sampai bola menyentuh tanah.
Ketika servis bola harus dilambungkan lebih baik terlebih dahulu. Bola dinyatakan masuk jika bola jatuh dalam daerah garis lapangan atau bola jatuh tepat pada garis lapangan.
10) Sistem libero

Merupakan suatu sistem pada permainan dimana setiap bola pertama diwakili oleh pemain yang diyakini dapat menjadi libero.
11) Pelanggaran dalam permainan bola voli
·         Pemain dengan sengaja atau tidak sengaja menyentuh jaring net dengan tangan.
·         Pemain tidak dinyatakan pelanggaran jika anggota tubuhnya selain tangan menyentuh net dengan tidak disengaja. Misalnya waktu blocking dadaatau punggung menyentuh net secara tidak sengaja.
·         Kedua kaki masuk kedalam daerah lawan.
·         Pada pemain yang blocking kedua tangan atau salah satu tangan terlalu masuk ke daerah area lawan.
·         Berbicara kasar atau mengumpat terhadap wasit atau juri.
·         Menegur wasit dan pembantu wasit.
·         Menerima petunjuk dan arahan dari luar lapangan selama pertandingan.
·         Pemain mempengaruhi wasit.
·         Meninggalkan lapangan pemain tidak izin.


5. Teknik Dasar Permainan Bola Voli


4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap


  Teknik dasar dalam permainan bola voli yang utama adalah memperhatikan faktor kondisi fisik, mental, dan taktik seseorang ketika dalam pertandingan. Apabila semua pemain menguasai teknik dasar ini dengan baik, maka tak usah diragukan lagi kemenangannya.Dasar” atau pondasi dalam melakukan sesuatu sangatlah penting dipelajari sampai benar” matang, karena pada suatu saat nanti merekalah yang berjuang ketika kita sudah berdiri di atas dengan segala keahlian.
Muhadi (1991:183) ” permainan bola voli adalah suatu bentuk permainan yang termasuk dalam jenis olah raga permainan. Voli artinya pukulan langsung atau memukul bola langsung di udara sebelum bola jatuh ke tanah.
  Permainan bola voli merupakan permainan yang tidak mudah untuk dilakukan bagi setiap orang. Dalam permainan ini dibutuhkan koordinasi gerak dengan baik, dapat digunakan secara efektif dan efisien dan tentunya sangat mendukung bagi tim saat permainan berlangsung. Menurut Nuril Ahmadi (2007: 20)” permainan bola voli merupakan permainan yang kompleks, tidak mudah dilakukan oleh setiap orang.
  Karena dalam permainan voli sangat dibutuhkan koordinasi gerak yang benar” bisa diandalkan untuk melakukan semua gerakan yang terdapat dalam permainan bola voli. Salah satu faktor pendukung dalam permainan bola voli adalah kondisi fisik seorang pemain. Menurut Suharno (1982: 21)  kondisi fisik secara umum meliputi kekuatan, daya tahan tubuh, kecepatan, kelincahan dan kelenturan.

a.    Dasar-dasar Permainan Bola Voli
  Teknik dasar merupakan hal yang sangat tidak bisa terpisahkan dalam sebuah permainan bola voli. Seorang pemain yang bisa mengusai teknik dasar permainan bola voli dengan baik, pasti ia dapat bermain secara efektif dan juga efisien, hal seperti itu sangatlah mendukung bagi tim ketika dalam pertandingan.
  Menurut Dieter Beutelstahl (2007: 8) teknik merupakan prosedur yang sudah dikembangkan berdasarkan praktek yang bertujuan mencari penyelesaian suatu masalah pergerakan tertentu dengan cara yang paling ekonomis dan berguna tentunya paling simpel.

  Berkaitan dengan teknik dasar dalam permainan bola voli. Aip Syarifuddin, Muhadi (1991: 187) mengemukakan bahwa, teknik adalah pemahaman untuk melakukan bentuk-bentuk gerakan yang berhubungan dengan permainan bola voli.
Berdasarkan pernyataan di atas menghasilkan pernyataan bahwa yang dimaksud teknik dasar permainan bola voli adalah suatu prosedur yang sudah dikembangkan berdasarkan uji praktek yang bertujuan mencari penyelesaian suatu problem dengan menggunakan cara yang paling ekonomis dan pastinya sangat berguna serta membutuhkan pemahaman untuk melakukan bentuk” gerakan yang berhubungan dengan bola voli, sesuai dengan aturan yang sudah berlaku guna mencapai hasil optimal.

Macam-macam servis
·         Servis atas adalah servis dengan awalan melemparkan bola ke atas seperlunya. Kemudian server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas.
·         Servis bawah adalah servis dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola. Tangan yang memukul bola bersiap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah.
·         Servis mengapung adalah servis atas dengan awalan dan cara memukul yang hampir sama. Awalan servis mengapung adalah melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi (tidak terlalu tinggi dari kepala). Tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang sangat pendek.
Yang perlu diperhatikan dalam servis antara lain:
·         Sikap badan dan pandangan.
·         Lambung ke atas harus sesuai dengan kebutuhan.
·         Saat kapan harus memukul bola.



Teknik Dasar Permainan Bola Voli
1)    Teknik Dasar Servis Dalam Permainan Bola Voli



4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap



  Servis adalah tidakan awal yang dilakukan oleh salah satu pemain untuk memulai suatu permainan dalam bola voli. Walaupun pada dasarnya tindakan ini hanya sekedar untuk memulai sebuah permainan, akan tetapi hal itu bisa juga untuk melakukan serangan awal yang cepat dan mematikan.
  Tak sedikit kita temui bahwa terkadang seorang pemain melakukan servis dengan sangat kuat, sehingga bola melaju secara cepat ke arah tim lawan dan tidak bisa dibendung yang mengakibatkan bertambahnya jumlah poin pada tim.
Aip Syarifuddin, Muhadi (1991: 187) servis atau sajian adalah pukulan permulaan yang dilakukan oleh pihak yang berhak melakukan servis untuk memulai menghidupkan bola ke dalam permainan atau tindakan untuk menghidupkan bola ke dalam permainan.
Nuril Ahmadi (207: 20) servis adalah suatu pukulan bola yang dilakukan dari belakang garis akhir lapangan permainan melampui net ke daerah lawan.Servis pada zaman sekarang bukan lagi sebagai awal dari suatu permainan atau sekadar menyajikan bola, tetapi sebagai suatu serangan pertama bagi regu yang melakukan servis. Servis terdiri dari servis tangan bawah dan servis tangan atas. Servis tangan atas dibedakan lagi atas tennis servis, floating dan cekis.

a)    Servis tangan bawah


4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap


·         Mula-mula pemain berdiri di petak servis dengan kaki kiri lebih ke depan dari kaki kanan.
·         Bola dipegang dengan tangan kiri.
·         Bola dilambungkan tidak terlalu tinggi,tangan kanan ditarik ke bawah belakang.
·         Setelah bola kira-kira setinggi pinggang,lengan kanan diayunkan lurus ke depan untuk memukul bola.
·         Telapak tangan menghadap bola dan tangan ditegangkan untuk mendapat pantulan yang sempurna, tangan dapat pula menggenggam.

b)    Servis tangan atas (Tennis servis)


4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap


·         Sikap persiapan dimulai dengan mengambil posisi kaki kiri lebih ke depan, kedua lutut agak rendah.
·         Tangan kiri dan kanan bersama-sama memegang bola,tangan kiri menyangga bola, tangan kanan di atas bola.
·         Bola dilambungkan dengan tangan kiri kira-kira setengah meter di atas kepala.
·         Tangan kanan ditarik ke belakang atas kepala, menghadap depan.
·         Lakukan gerakan seperti mensmesh bola, perhatian terpusat pada bola.
·         Lecutan tangan diperlukan pada saat perkenaan bola.

c)    Floating servis
·         Posisi kaki sama seperti tennis servis.
·         Tangan kiri memegang bola dan tangan kanan di samping setinggi pelipis.
·         Dengan tangan kiri bola di lambungkan sedikit ke samping kanan tidak terlalu tinggi.
·         Setelah bola melambung ke atas setinggi kepala, tangan kanan dipukulkan pada bagian tengah bola.
·         Pukulan float dapat dilakukan dengan beberapa cara:
·         Dengan tumit tangan.
·         Dengan tangan, di saat ibu jari dilipat ke dalam dan menempel pada telapak tangan.
·         Memukul dengan tangan tergenggam.

d)    Cekis
·         Sikap permulaan dengan mengambil sikap berdiri menyamping dengan tubuh bagian kiri lebih dekat ke jaring.
·         Bola dipegang tangan kiri dan kanan.
·         Saat bola dilambungkan, badan diliukkan sedikit ke belakang dan lutut ditekuk.
·         Kedua tangan dijulurkan ke arah samping bawah kanan dalam keadaan memegang bola.
·         Bola dilambung ke atas kepala dengan kedua belah tangan.
·         Setelah bola lepas, tangan kanan ditarik ke samping kanan bawah, liukkan badan ke kanan.
·         Berat badan ada di kaki kanan, telapak tangan menghadap ke atas.
·         Setelah bola ada pada jangkauan tangan,secepatnya bersama sama lengan, liukkan badan ke samping kiri
·         Perkenaan bola bagian bawah belakang bola,pukulan bola dibantu liukkan badan dan lecutan tangan.


2)    Teknik Dasar Passing Dalam Permainan Bola Voli



4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap

  Setelah service berhasil dikuasai, maka teknik selanjutnya yang tak kalah penting adalah passing.
Passing merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh seorang pemain untuk memberikan bola voli kepada teman satu timnya dengan menggunakan teknik tertentu untuk merancang strategi penyerangan.

  Nah, dalam bermain bola voli, teknik passing yang tepat dan akurat sangat diperlukan agar bola dapat diarahkan ke pemain selanjutnya dengan baik, dan dia bisa melancarkan penyerangan yang menghasilkan poin.
Bagaimana tekniknya?
  Secara umum, teknik passing dalam permainan bola voli itu ada 2 macam, yaitu passing atas, dan passing bawah. Berikut penjelasannya masing-masing:

a)      Passing atas
Teknik passing atas dalam permainan bola voli dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.    Berdiri dengan sikap tubuh siap dengan meregangkan kedua kaki sampai selebar bahu.
2.    Tekuk sedikit kedua lutut sehingga badan merendah dan dibungkukkan ke depan.
3.    Tumpu berat badan di ujung kaki bagian depan.
4.    Ketika bola datang, secepatnya tempatkan badan di bawah bola.
5.    Tangan diangkat dan lengan sedikit ditekuk, serta buka lebar jari-jari tangan dengan renggang sehingga membentuk seperti mangkuk.
6.    Ketika bola sudah sampai ke atas badan, dengan menekuk bagian siku atau pergelangan tangan, dan posisi tangan sedikit berada di atas dahi, lakukan perkenaan bola dengan baik, yaitu tepat di jari-jari tangan.
7.    Ketika bola menyentuh jari-jari, tegangkan jari supaya bola bisa memantul dengan baik, lalu dorong dengan menggerakkan pergelangan tangan untuk selanjutnya diikuti dengan meluruskan siku.
8.    Dalam mendorong bola, jari yang paling dominan untuk digunakan adalah ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah.
9.    Akhiri gerakan mendorong dengan sedikit mengangkat tumit dari tanah / lantai, menaikkan pinggul dan lutut, meluruskan kedua lengan, dan pandangan mengikuti ke arah gerakan bola.

b)      Passing bawah
Teknik passing bawah dalam permainan bola voli dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.    Berdiri dengan membuka kedua kaki selebar bahu.
2.    Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan sehingga kedua ibu jari sejajar.
3.    Ayunkan kedua lengan secara bersamaan dari bawah ke atas sampai setinggi bahu.
4.    Ketika bola tersentuh kedua lengan, luruskan lutut.
5.    Perkenaan bola yang baik tepat yaitu di atas pergelangan tangan.
6.    Ketika melakukan passing bawah ke arah depan, lengan diayunkan tidak lebih dari 90 derajat dengan bahu atau badan.


3)    Teknik Dasar Smash (spike) Dalam Permainan Bola Voli


4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap


  Pengertian smash menurut ahli Nuril Ahmadi (2007: 32) adalah suatu pukulan dimana tangan melakukan kontak dengan bola secara penuh pada bagian atas sehingga jalannya bola terjal dengan kecepatan yang tinggi.
Smash atau pukulan keras merupakan bentuk sebuah serangan yang paling banyak digunakan dalam upaya untuk mendapatkan poin dalam suatu tim. Seorang smasher sudah seharusnya menguasai teknik ini dengan baik, karena teknik ini inilah yang sangat efektif untuk mematikan bola di lapangan lawan.

  Smash ini harus dilakukan dengan cepat, tepat, dan kencang. Agar bola yang diarahkan ke lawan susah untuk diterima. Dalam melakukan smash ada beberapa jenis dan juga variasinya, hal tersebut bisa terjadi karena setiap pemain memiliki kemampuan yang berbeda dan menghasilkan pola” pola tersendiri.
Ada 4 jenis dan variasinya:
1.    Frontal smash (smash depan).
2.    Frontal smash twist (smash depan dengan memutar).
3.    Dump (tipuan).
4.    Smash dari pergelangan tangan.

  Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada di atas jaring untuk dimasukkan ke daerah lawan. Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan.

a.    Teknik smash
  Teknik dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal. Smash adalah suatu pukulan yang kuat di saat tangan kontak dengan bola secara penuh pada bagian atas, sehingga jalannya bola terjal dengan kecepatan yang tinggi, apabila pukulan bola lebih tinggi berada di atas net, maka bola dapat dipukul tajam ke bawah. Smash merupakan pukulan keras yang biasanya mematikan karena bola sulit diterima atau dikembalikan.
  Spike adalah bentuk serangan yang paling banyak digunakan untuk menyerang dalam upaya memperoleh nilai suatu tim dalam permainan voli. Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa teknik smash atau spike adalah cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan untuk mencapai pukulan keras yang biasanya mematikan ke daerah lawan.
Tes smash
Tes smash adalah tolak ukur dalam kemampuan smash.
Teknik dasar smash dalam permainan bola voli
  Smash atau spike adalah teknik dasar permainan bola voli yang dilakukan dengan memukul bola menggunakan kekuatan penuh sambil melompat, kemudian bola diarahkan ke daerah tim lawan yang kosong.
Dalam permainan bola voli, teknik ini merupakan pukulan ketiga.
  Urutan dalam menerima bola adalah bola pertama biasa dilakukan dengan menggunakan passing bawah, lalu bola kedua dengan passing atas, dan yang ketiga dengan melakukan teknik smash.
seorang pemain penyerang atau spiker, idealnya memiliki postur tubuh dan lompatan yang tinggi. Hal ini karena saat melakukan teknik smash, pemain harus melakukan lompatan dan memukul bola dengan kuat ketika berada di puncak ketinggian.
Smash atau spike ini pun, dalam melakukannya harus menghasilkan serangan yang keras dan menukik agar sulit bahkan tidak bisa diterima oleh pemain lawan.
Cara melakukan teknik smash ini terbagi menjadi 4 bagian, yaitu awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan. Lebih jelasnya, berikut ini rinciannya:

Awalan
Langkah-langkah melakukan awalan dalam teknik smash bola voli adalah sebagai berikut:
·         Langkah awalan normal berjarak 2,5 sampai 4 meter dari net.
·         Tubuh rileks dan condong ke depan.
·         Berat tubuh diseimbangkan pada kedua kaki saat persiapan awalan.

Tolakan
Langkah-langkah melakukan tolakan dalam teknik smash bola voli adalah sebagai berikut:
·         Jari kaki dan tumit menghentak tanah atau lantai.
·         Kedua lengan diayunkan ke depan.
·         Telapak kaki, pinggul, dan badan digerakkan dengan serasi secara sempurna.
·         Lakukan gerakan eksplosif dan lompatan vertikal.

Pukulan bola
Langkah-langkah memukul bola dalam teknik smash bola voli adalah sebagai berikut:
·         Jarak bola di depan atas jangkauan lengan pemukul.
·         Lecutkan lengan dengan cepat, pukul bola secepat dan setinggi mungkin.
·         Perkenaan bola dengan telapak tangan tepat di tengah bagian atas bola.
·         Setelah berhasil memukul bola, lengan melakukan gerakan lanjutan ke arah garis tengah badan.
·         Pukulan yang benar akan menghasilkan bola top spin dan cepat.


Sikap mendarat
Langkah-langkah melakukan sikap mendarat dalam teknik smash bola voli adalah sebagai berikut:
·         Setelah berhasil memukul bola, kembalikan tubuh ke posisi semula dengan sikap sempurna.
·         Tubuh tetap dalam keadaan rileks dan siap untuk serangan berikutnya.
·         Mendarat dengan kedua kaki mengeper.
Mendarat dengan lutut dan jari-jari kaki dalam keadaan lentur

4)    Teknik Dasar Membendung (Blocking) Dalam Permainan Bola Voli


4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap


  Pengertian Block menurut ahli Aip Syarifddin, Muhadi (1991:193) block adalah usaha untuk menahan serangan lawan pada saat bola akan melewati atas jaring, dengan menggunakan tangan yang dilakukan oleh seorang pemain baik sendiri maupun bersamaan.
  Sedangkan menurut  USA Voleyball yang diterjemahkan  Novi Lestari (2008: 106) Blocking atau membendung bola adalah suatu keterampilan bertahan yang digunakan untuk menghentikan atau memperlambat serangan lawan di daerah jaring net.
  Block merupakan benteng utama untuk menangkis serangan bola yang datang dari arah lawan, keberhasilan block ini ditentukan oleh ketinggian saat melompat dan jangkauan tangan pada bola yang dipukul oleh lawan .
Beberapa teknik block menurut Soedarwo, Soeyati, Soenardi (2007: 30) pada dasarnya block dapat dibedakan menjadi 3 bagian:
1.    Block seorang.
2.    Block oleh 2 orang.
3.    Block oleh 3 orang.
  Untuk melakukan block yang ke 2 dan 3 harus diadakan interaksi dan kerja sama yang baik agar menghasilkan apa-apa yang diharapkan.

  Pengertian block dalam permainan bola voli adalah sebuah usaha membendung serangan lawan yang berupa smash agar tidak menghasilkan poin. Dengan daya upaya di dekat jaring untuk mencoba menahan/menghalangi bola yang datang dari daerah lawan.
Sikap memblok yang benar adalah
·         Jongkok, bersiap untuk melompat.
·         Lompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas.
·         Saat mendarat hendaknya langsung menyingkir dan memberi kesempatan pada kawan satu regu untuk bergantian melakukan blok.

Blok ada dua macam
·         Blok tunggal adalah membendung bola yang dilakukan oleh satu orang pemain.
·         Blok ganda adalah membendung bola yang dilakukan oleh dua orang pemain atau lebih. Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan block ganda antara lain adalah memadukan langkah kaki dan kerjasama antar bloker dalam menentukan waktu lompatan dan arah pergerakan bola.


6.Kedudukan pemain (posisi pemain)


4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap


4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap





  Pada waktu servis, kedua regu harus berada dalam lapangan/di daerahnya masing-masing dalam 2 deret ke samping. Tiga deret ada di depan dan tiga deret ada di belakang. Pemain nomor satu dinamakan server, pemain kedua dinamakan spiker, pemain ketiga dinamakan set upper atau tosser, pemain nomor empat dinamakan blocker, pemain nomor lima dan enam dinamakan libero.

1)    Set-Upper atau Tosser

Siapakah set-upper atau tosser ini? Set-upper atau tosser adalah nama posisi pemain bola voli yang di dalam timnya dia bertugas sebagai orang yang mengatur serangan dari tim.
Jadi, setiap kali tim ingin melakukan serangan maka yang berhak menentukan dan memberi komando adalah set-upper atau tosser ini.

Mengapa bisa begitu?
Nah, perlu sobat tahu juga, bahwa untuk menjadi seorang set-upper atau tosser yang baik, dia mesti punya kualitas umpan, dan kecerdasan dalam memberikan berbagai variasi umpan.
Jadi, kalau kamu tidak bisa memberi umpan yang baik kepada teman kamu untuk melakukan serangan, jangan pernah menduduki posisi ini, kalau tidak mau tim kamu kebobolan terus.
Kamu harus pandai-pandai memberikan umpan cantik dan tepat agar tim kamu bisa melakukan serangan dengan baik.
Itulah sebabnya seorang tosser atau set-upper merupakan penentu dan pengatur serangan dalam permainan bola voli.
Tapi tidak hanya sampai situ saja. Selain sebagai orang yang mengatur serangan, seorang tosser atau set-upper juga dituntut untuk bisa menguasai teknik smash dan blocking yang baik.
Hal ini juga karena posisinya yang tepat berada di depan net dan di tengah-tengah.
2)    Spiker atau Smasher
Posisi spiker atau smasher ini di samping tosser dan  di depan net juga seperti tosser atau set-upper.
Dengan posisinya yang di depan seperti tosser ini, tugasnya pun ada sedikit kesamaan dengan tosser. Yaitu sebagai blocker atau memblock bola untuk membendung serangan dari tim lawan.
Tapi, sesuai namanya yaitu smasher atau spiker, tugas utamanya adalah untuk melakukan serangan atau smash sehingga mendapatkan poin untuk memenangkan permainan.
Jadi, sebenarnya di posisi spiker ini, pemain yang mendudukinya mempunyai tugas ganda. Yaitu sebagai penyerangan, sekaligus pertahanan.
Di satu sisi sebagai pengeksekusi serangan atau smash untuk mendapatkan kemenangan, dan di sisi lain melakukan blocking untuk menghindari kekalahan.
3)    Libero atau Defender

Libero atau defender ini sebenarnya adalah pemain-pemain yang posisinya di belakang para pemain depan.
Tugasnya adalah menerima dan menahan berbagai serangan dari pemain atau ti lawan dengan melakukan passing. Baik memakai tenik passing bawah, maupun dengan memakai teknik passing atas.
Tapi, dalam penggunaan teknik passing, ya gunakanlah sesuai dengan kondisinya. Kalau bolanya melambung tinggi di atas melewati kepala, ya pakai passing atas. Kalo bolanya ke bawah, ya pakai passing bawah.
Nah, makanya di posisi ini, pemain harus punya skill passing yang baik, biar bola tidak lewat dan mengakibatkan kekalahan.
Di posisi ini juga, yang namanya pemain bertahan ya tidak boleh melakukan blocking atau smash.
4)    Server
Server adalah posisi di mana pemainnya melakukan servis. Setelah melakukan servis, pemain di posisi ini juga menjadi defender atau libero.
Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
Salam Edukasi…


0 Response to "4 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli Beserta Penjelasannya Terlengkap"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru