Materi Lengkap Rotasi Bumi

Materi Lengkap Rotasi Bumi

Materi Lengkap Rotasi Bumi
Gambar:Ilustrasi Mengenai Rotasi Bumi


Selamat Datang di Blog Edukasi Lovers-Id

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Materi Lengkap Rotasi Bumi
Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya:
Pengertian Rotasi Bumi
Apa Itu Rotasi Bumi? Rotasi Bumi adalah perputaran bumi pada porosnya.Waktu yang dibutuhkan untuk satu kali periode rotasi adalah 23 jam,56 menit,48 detik atau dibulatkan menjadi 24 jam.Arah rotasi dari barat ke timur.Akibat dari rotasi bumi,benda-benda angkasa seolah-olah bergerak dari timur ke barat (terbit di ufuk timur dan terbenam di ufuk barat).Perputaran bumi pada poros atau sumbunya  ternyata secara perlahan-lahan terus  melambat karena pengaruh gravitasi bulan.Hal ini dapat diketahui dari melambatnya satu hari pada masa kini sebesar 1.7 milidetik dibanding seabad yang lalu.
     Berikut ini adalah percobaan-percobaan yang diadakan untuk membuktikan bahwa bumi memang benar-benar berputar pada porosnya (rotasi):
Materi Lengkap Rotasi Bumi

a.Percobaan yang membuktikan bahwa bumi berotasi.
Untuk membuktikan bahwa bumi memang benar berotasi,para ahli melakukan percobaan sebagai berikut:
1).Percobaan Benzenberg dan Reich (1802)
Pada tahun 1802,Benzenberg mengadakan percobaan dengan jalan menjatuhkan sebuah peluru logam dari puncak menara.Ternyata peluru tersebut tidak jatuh persis di bawahnya,tetapi agak melenceng ke arah timur.Hal ini terjadi karena kecepatan rotasi makin jauh dari pusat bumi makin cepat.Ketika peluru logam dipantulkan dari puncak menara akan lebih dahulu ke timur dari pada ke permukaan bumi.Hal itulah yag menyebabkan peluru logam tidak jatuh persis di bawahnya,tetapi agak melenceng ke arah timur.
     Pada tahun 1831,Reich melakukan percobaan yang sama pada sebuah lubang pertambangan.Hasilnya hampir sama dengan Benzenberg.Oleh karena itu,percobaan mereka disebut dengan percobaan Benzenberg dan Reich.
2).Ayunan Foucault
Materi Lengkap Rotasi Bumi

Pada tahun 1851,Foucault mengadakan percobaan dengan bandul (pandulum) yang diikat dengan sebuah kawat yang panjang dan digantungkan pada kubah pantheon (bangunan tinggi).Agar arah gerakan dapat dikontrol,bandul itu diayunkan dengan arah yang tetap,yaitu ke bintang Spica (bintang tetap).Setelah 6 jam,arah bandul sudah berubah,walaupun mengayunkannya masih tetap ke arah bintang Spica.Enam jam setelah itu,arah ayunan sudah berubah lagi.
Materi Lengkap Rotasi Bumi

Demikian berkali-kali setiap 6 jam diamati,ternyata arahnya berubah,dan kembali pada arah ayunan pertama setelah 24 jam.
b.Akibat Rotasi Bumi.
1).Adanya siang dan malam
Materi Lengkap Rotasi Bumi

     Rotasi Bumi mengakibatkan terjadinya pergantian siang dan malam.Seandainya bumi tidak berotasi,muka bumi akan mengalami siang (kena sinar matahari) akan selau siang dan muka bumi yang mengalami malam akan selalu malam.Oleh karena itu,kita wajib bersyukur sobat,kepada Tuhan Yang Maha Esa,karena dapat merasakan adanya siang dan malam hari secara bergantian.

2).Bumi Pepat Pada Kedua Kutubnya
Materi Lengkap Rotasi Bumi

      Rotasi bumi menyebabkan bumi pepat pada kedua kutubnya sehingga mengakibatkan penyimpangan gaya berat di ekuator.Hal ini disebabkan gaya berat di ekuator lebih kecil,sedangkan di kutub lebih besar.Hal ini jari-jari bumi dari pusat bumi ke kutub=6356 km,dan dari titik pusat bumi ke ekuator adalah=6377 km.

3).Perubahan Arah Angin
    Rotasi bumi juga menyebabkan perubahan arah angin.baik di belahan bumi selatan maupun di belahan bumi utara.Di belahan bumi utara angin berbelok ke kanan,sedangkan di belahan bumi selatan angin berbelok ke kiri.

4).Adanya Perbedaan Waktu Antar Wilayah Di Bumi.
Materi Lengkap Rotasi Bumi

     Bumi berotasi dari barat ke timur.Akibatnya,belahan bumi bagian timur (BT) mengalami siang lebih dahulu daripada belahan bumi bagian barat (BB).Di samping itu,karena bumi berbentuk bulat (360°) dan periode rotasinya 24 jam,maka tiap selisih 1° dibutuhkan waktu 1/360 × 24 jam = 4 menit.
        Untuk menyeragamkan perhitungan waktu di seluruh dunia,bumi dibagi menjadi 24 daerah waktu.Masing-masing daerah waktu memiliki selisih waktu satu jam,dengan lebar 15° bujur (15 × 4 menit = 60 menit = 1 jam).
     Indonesia terletak pada 95° BT-141° BT,jadi memiliki wilayah selebar 46°.Oleh karena itu,di Indonesia dibagi menjadi tiga daerah waktu,yang masing-masing berbeda 15° bujur dengan selisih waktu 60 menit atau 1 jam.Pembagian daerah waktu tersebut,antara lain sebagai berikut:
1).Waktu Indonesia Timur (WIT) meliputi Provinsi Maluku dan Propinsi Papua,dengan bjur standar 135° BT.
2).Waktu Indonesia Tengah (WITA) meliputi Propinsi Nusa Tenggara Barat,Nusa Tenggara Timur,Bali,Sulawesi,Kalimantan Timur,dan Kalimantan Selatan.Bujur standar yang digunakan adalah 120° BT.
3).Waktu Indonesia Barat (WIB) meliputi  Propinsi Kalimantan Tengah,Kalimantan Barat,Jawa,dan Sumatra.Bujur yang digunakan standar adalah 105° BT.
Dengan adanya pembagian daerah waktu tersebut,kita mudah menghitung perbedaan waktu antara Jayapura (Papua) dengan Bandung (Jawa Barat).Jika di Jayapura pukul 09.00,maka di Bandung adalah Pukul 07.00.Selisih waktu antara WIB dengan London (Grenwich = 0°) adalah 105/15 = 7 jam
Materi Lengkap Rotasi Bumi

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Materi Lengkap Rotasi Bumi.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,komentar,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…

Salam Edukasi…



0 Response to "Materi Lengkap Rotasi Bumi"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru