27 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli

27 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli

 

Pengertian Assessment Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pengertian assessment menurut para ahli:

1) Pengertian assessment menurut Nana Sudjana: assessment ialah proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu.


2) Pengertian assessment menurut Gronlund (1984) dalam Asep Jihad dan Abdul Haris: menyatakan assessment sebagai proses sistematik pengumpulan, penganalisaan, dan penafsiran informasi untuk menentukan sejauh mana siswa mencapai tujuan.


3) Pengertian assessment menurut The Task Group on Assessment and Testing (TGAT) dalam Griffin & Nix (1991:3) : assessment sebagai semua cara yang digunakan untuk menilai unjuk kerja individu atau kelompok.


4) Pengertian assessment menurut Boyer & Ewel : mendefinisikan assessment sebagai proses yang menyediakan informasi tentang individu siswa, tentang kurikulum atau program, tentang institusi atau segala sesuatu yang berkaitan dengan sistem institusi.


5) Pengertian assessment menurut Eko Putro Widoyoko: assessment atau penilaian dapat diartikan sebagai kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran berdasarkan kriteria maupun aturan-aturan tertentu.


6) Pengertian assessment menurut Robert M. Smith (2002) : assessment adalah suatu penilaian yang komprehensif dan melibatkan anggota tim untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan yang mana hasil keputusannya dapat digunakan untuk layanan pendidikan yang dibutuhkan anak sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.



7) Pengertian assessment menurut James A. Mc. Lounghlin & Rena B Lewis: assessment adalah proses sistematika dalam mengumpulkan data seseorang anak yang berfungsi untuk melihat kemampuan dan kesulitan yang dihadapi seseorang saat itu, sebagai bahan untuk menentukan apa yang sesungguhnya dibutuhkan. Berdasarkan informasi tersebut, guru akan dapat menyusun program pembelajaran yang bersifat realitas sesuai dengan kenyataan objektif.


8) Pengertian assessment menurut Lidz (2003) : assessment adalah proses pengumpulan informasi untuk mendapatkan profil psikologis anak yang meliputi gejala dan intensitasnya, kendala-kendala yang dialami kelebihan dan kelemahannya serta peran penting yang dibutuhkan anak.


9) Pengertian assessment menurut Worthen dan Sanders (1973) :  assessment adalah kegiatan mencari sesuatu yang berharga tentang sesuatu; dalam mencari sesuatu tersebut, juga termasuk mencari informasi yang bermanfaat dalam menilai keberadaan suatu program, produksi, prosedur, serta alternatif strategi yang diajukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.


10) Pengertian assessment menurut Suchman (1961) : assessment ialah sebuah proses menentukan hasil yang telah dicapai beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan.



11) Pengertian assessment menurut AS Hornby (1986) : assessment ialah suatu upaya untuk menentukan nilai atau jumlah.


12) Pengertian assessment menurut Djadja Rahadja: assessment ialah proses pengumpulan informasi dengan mempergunakan alat dan teknik yang sesuai, untuk membuat keputusan pendidikan berkenaan dengan penempatan dan program pendidikan bagi siswa tertentu.


13) Pengertian assessment menurut Richard I. Arends (2008:217) : assessment ialah proses pengumpulan informasi tentang siswa dan kelas untuk maksud-maksud pengambilan keputusan instruksional.


14) Pengertian assessment menurut Palomba dan Banta (1999) : assessment adalah pengumpulan, review, dan penggunaan informasi secara sistematik tentang program pendidikan dengan tujuan meningkatkan belajar dan perkembangan siswa.


15) Pengertian assessment menurut Terry Overtun (2008) : assessment ialah suatu proses pengumpulan informasi untuk memonitor kemajuan, suatu penilaian bisa saja terdiri dari tes, atau bisa juga terdiri dari berbagai metode seperti observasi, wawancara, monitoring tingkah laku, dan sebagainya.


16) Pengertian assessment menurut Bob Kizlik (2009) : assessment ialah suatu proses dimana informasi diperoleh berkaitan dengan tujuan pembelajaran. Penilaian adalah istilah yang luas yang mencakup tes (pengujian). Tes adalah bentuk khusus dari penilaian. Tes adalah salah satu bentuk penilaian. Dengan kata lain, semua tes merupakan penilaian, namun tidak semua penilaian berupa tes.



17) Pengertian assessment menurut Angelo T.A (1991) : assessment kelas ialah suatu metode yang sederhana dapat digunakan untuk mengumpulkan umpan balik, baik di awal maupun setelah pembelajaran tentang seberapa baik siswa mempelajari apa yang telah diajarkan kepada mereka.


18) Pengertian assessment menurut James A. Poteet dan Ronald C Eaves (1985) : assessment ialah proses pengumpulan informasi. Untuk guru, penilaian dilakukan sebagai tujuan memutuskan keterampilan mengajar.


19) Pengertian assessment menurut Hargrove dan Poteet (1984) : assessment ialah proses mengumpulkan informasi dengan menggunakan alat dan teknik yang layak.


20) Pengertian assessment menurut NSW Departemen of Education (Arthur 1996:324) : assessment ialah proses mengumpulkan fakta-fakta dan membuat keputusan tentang kebutuhan siswa, kekuatan, kemampuan, dan kemajuannya.


21) Pengertian assessment menurut NAEYC dan NAESC/SDE (1991) : assessment ialah proses mengamati, merekam dan mengumpulkan berbagai dokumentasi dari hasil karya yang telah dikerjakan oleh anak dan bagaimana cara mereka mengerjakannya.


22) Pengertian assessment menurut PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bab 1 Pasal 1 ayat 17 : assessment ialah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.



23) Pengertian assessment menurut Suharsimi Arikunto (2009) : assessment ialah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk. Penilaian bersifat kualitatif.


24) Pengertian assessment menurut Cangelosi (1995:21) : assessment ialah keputusan tentang nilai. Oleh sebab itu, langkah selanjutnya setelah melaksanakan pengukuran adalah penilaian. Penilaian dilaksanakan setelah siswa menjawab soal-soal yang terdapat pada tes. Hasil jawaban siswa tersebut ditafsirkan dalam bentuk nilai.


25) Pengertian assessment menurut Mardapi (1999:8) : assessment ialah kegiatan menafsirkan atau mendeskripsikan hasil pengukuran.


26) Pengertian assessment menurut Bonnie Campbell Hill dan Cynthia Ruptic (1994) : assessment ialah proses mengumpulkan peristiwa dan mendokumentasikan pertumbuhan dan pembelajaran anak.


27) Pengertian assessment menurut Bomstein dan Kazdin : assessment ialah kegiatan

a) Mengidentifikasi masalah dan menyeleksi target intervensi

b) Memilih dan mendesain program treatment

c) Mengukur dampak treatment yang diberikan secara terus menerus

d) Mengevaluasi hasil-hasil umum dan ketepatan dari terapi.