Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi

Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi

Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi


Selamat Datang di Blog Edukasi Lovers-Id

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi
Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya:
Berbagai Bentuk Muka Bumi
  Tinggi rendahnya muka bumi disebut relief  muka bumi.Relief muka bumi dapat dibedakan menjadi dua,yaitu relief daratan dan relief dasar laut.
a.Relief  Daratan
Secara garis besar,relief daratan adalah sebagai berikut.
1).Pegunungan dan Gunung
Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi

        Pada umumnya,pegunungan merupakan suatu jalur memanjang yang menghubungkan antara puncak yang satu dengan puncak lainnya,Kepulauan Indonesia termasuk dalam sistem Pegunungan Sirkum Mediteran dan Pegunungan Sirkum Pasifik.Pegunungan merupakan salah satu bentuk muka bumi (relief) dengan ketinggian lebih dari 500 meter.

Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi
       
 Gunung yang berbentuk kerucut atau kubah pada umumnya berdiri sendiri atau bersambungan dengan gunung lain.Hal ini menunjukkan bagian yang jelas terpisah dari bagian yang lain.Sebagian besar gunung di Indonesia termasuk jenis gunung api,contohnya adalah gunung merapi dan gunung sinabung.Gunung Muria,Gunung Ciremai,dan Gunung Lompobatang merupakan termasuk gunung yang berdiri sendiri.
2).Dataran Rendah dan Dataran Tinggi

Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi


           Dataran rendah adalah hamparan permukaan tanah yang luas,umumnya memiliki kemiringan yang landai hingga mendekati datar,dengan elevasi 0-200 meter di atas permukaan laut.Dataran rendah umumnya merupakan hasil sedimentasi sungai,dan tanahnya umumnya subur.Sehingga cocok untuk dijadikan daerah pertanian.Dataran rendah yang luas di Pantai Timur Sumatra,Pantai Utara Jawa Barat,Pantai Selatan Kalimantan,dan Pantai Barat Papua adalah dataran rendah luas sebagai hasil sedimentasi dalam waktu yang lama.Sampai sekarang,proses sedimentasi dan pembentukan daratan baru di daerah tersebut masih terus berlangsung.Di dataran rendah,mengalir sungai berliku-liku dan membentuk meander sehingga di sana-sini terdapat sungai yang mati (oxbow) sebagai akibat pemenggalan aliran sungai.
     Di Indonesia,sebagian besar dataran rendah  terdapat di daerah Pantai.Di Eropa,dataran rendah meliputi dua pertiga total wilayahnya,dan merupakan daerah pertanian yang subur.Di Asia dataran rendah yang luas berada di Asia Selatan,Asia Tenggara,Asia Timur,dan Siberia.Di Amerika,dataran rendah yang luas berada di pantai timur,baik di Amerika Utara maupun Amerika Latin.Sedangkan di Afrika,dataran rendah yang luas terdapat di Lembah Sungai Nil dan Lembah Sungai Zaire.Di Australia,dataran rendah membentang di sisi bagian timur dan sisi bagian barat.
Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi

    Dataran tinggi,disebut juga plateau atau plato,adalah dataran yang terletak pada ketinggian >700 meter di atas permukaan laut.Dataran tinggi terbentuk dari dataran rendah kemudian terangkat oleh tenaga endogen,hasil erosi dan sedimentasi,bekas kaldera yang terisi oleh material endapan dari dari daerah sekelilingnya.Dataran tinggi dicirikan oleh sekumpulan puncak yang sama tinggi dipisahkan oleh lembah-lembah hasil erosi.Plateau terbesar di dunia adalah Plateau Tibet,kemudian disusul oleh Plateau Antartika,Plateau Andes (Amerika Latin),Plateau Colorado (Arizona,USA),dan Plateau Dekan (India).
     Dataran tinggi Dieng,terletak di Propinsi Jawa Tengah ,berada pada ketinggian lebih kurang 2000 meter di atas permukaan laut (dpl).Dataran tinggi ini adalah kaldera yang terisi oleh material endapan (hasil erosi dari gunung-gunung di sekitarnya).Pada dataran tinggi ini terdapat beberapa Candi Hindu yang dibangun pada abad ke-7,kawah aktif,danau vulkanik,dan lapangan geothermal.
3).Peneplain.
Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi

        Peneplain adalah  hasil akhir dari tenaga eksogen yang berupa erosi fluvial.Peneplain adalah dataran rendah yang hampir-hampir datar atau miring menurun sangat landai ke arah laut,dan di sana sini terdapat sisa erosi berbentuk tonjolan batu pejal yang dinamakan monadrock dan bukit sisa terpisah (residual hills). Di daerah Peneplain banyak terdapat sungai berbentuk meander.Contoh Peneplain adalah Canisteo River Valley dari Pinnacle State Park,New York.
4).Pantai
Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi

        Pantai adalah bagian daratan yang berbatasan dengan laut.Bentuk daratan di Pantai mengalami perubahan akibat sedimentasi dari darat ataupun karena abrasi atau pengikisan oleh air laut.Berdasarkan kondisi reliefnya,dikenal adanya dua jenis Pantai,yaitu Pantai Landai dan Pantai Curam atau terjal.
Pantai Landai berkaitan dengan lahan buritannya (hinterland) berupa dataran rendah,sedang pantai terjal bila biasanya lahan buritannya berbatasan dengan gunung atau pegunungan.
b.Relief Dasar Laut
Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi

      Relief dasar laut adalah perbedaan tinggi dan rendah permukaan bumi dasar laut.Relief dasar laut yang penting di antaranya adalah sebagai berikut:
1).Teras Benua.
Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi

     Teras benua (continental terrace) adalah bagian dasar laut di tepi benua,berelief lemah,dan lebarnya bermacam-macam.Teras kontinen tersebut terdiri atas dua bagian,yaitu dangkalan benua (continental shelf) dan lereng benua (continental slope).Kedalaman dangkalan benua ialah 0-200 meter.Lebarnya ialah 0-1.200 km terhitung dari garis pantai.Dangkalan yang luas terdapat di bagian barat Indonesia (Dangkalan Sunda),bagian timur Indonesia (Dangkalan Sahul),Dangkalan Laut Utara (antara Inggris dan daratan Eropa),Dangkalan Korea (Laut Kuning),dan Dangkalan Laut Barents (Pantai Arktik (Eropa).
2).Lereng Kontinen
Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi

          Lereng Kontinen adalah bidang miring yang membatasi dangkalan benua.Kemiringannya ialah 1°-35°.Mulai dari tepi dangkalan benua ke arah laut lepas,kedalamannya 200 meter sampai dengan 1.800 meter.Di lihat dari bukti yang mendukung,proses terjadinya lereng benua itu sebagai hasil sedimentasi dan sesar.
3).Palung Laut.
Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi

       Palung Laut merupakan relief dasar laut berupa jurang yang sangat dalam,curam,dan bentuknya menyerupai huruf V.Proses terbentuknya palung berkaitan dengan proses pergeseran kerak bumi (tektonik lempeng).
4).Gunung Api Bawah Laut
Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi

      Gunung api bawah laut adalah gunung api yang terdapat di dasar laut,dan puncak gunung tersebut masih berada di bawah permukaan air laut.
5).Guyot
Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi

      Guyot adalah gunung di dasar laut yang bentuknya serupa dengan seamount tetapi bagian puncaknya datar.Guyot banyak terdapat di Lautan Pasifik.
Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,komentar,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…

Salam Edukasi…



0 Response to "Materi Berbagai Bentuk Muka Bumi"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru