Biografi dan Profil Lengkap Cerdas Barus Grandmaster Catur Indonesia

Biografi dan Profil Lengkap Cerdas Barus Grandmaster Catur Indonesia

Selamat Datang di Blog Edukasi Lovers-Id

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Biografi Dan Profil Lengkap Cerdas Barus,Grandmaster Catur  Indonesia


Berikut Informasi Selengkapnya
Biografi dan Profil Lengkap Cerdas Barus Grandmaster Catur Indonesia
Gambar:Ilustrasi pada saat GM Cerdas Barus bertanding catur
Sumber Gambar:Tribunsport.com



Pendahuluan
Cerdas Barus (Lahir di Karo,Sumatera Utara,1 Januari 1961; umur 55 tahun) adalah seorang Grandmaster (GM) Catur berprestasi asal Indonesia. Ia terkenal karena ia adalah seorang pecatur tuna rungu yang mampu menjadi seorang GM yang kerap kali menjadi juara di masanya. Karier internasionalnya dimulai pada tahun 1983 sebagai anggota regu kota Medan yang ikut serta dalam Kejuaraan Kota Asia di Hongkong kemudian diikuti oleh Olimpiade Catur di Yunani setahun kemudian. Setelah Olimpiade 1984 ini ia hampir tidak pernah absen dari event-event catur penting Indonesia sampai tahun 2002.




Isi:
Cerdas Barus adalah seorang putra asli Karo yang lahir di Kabanjahe, Sumatera Utara, pada tahun 1961. Cerdas Barus bisa menggapai GM (Grand Master) walaupun dia seorang tunarunggu, kekurangannya tidak menghalanginya untuk berprestasi di kancah percaturan nasional dan internasional.
Baru mengenal catur pada usia 14 tahun itu pun Satur Karo (Catur Karo) yang memiliki aturan yang berbeda dengan permainan catur pada umumnya, permainan catur sesungguhnya baru dia kenal pada tahun 1978 sewaktu pindah ke kota Medan. Di kota ini ia mengasah ketrampilannya dengan pemain-pemain catur kelas nasional seperti David Purba dan Thomas Ginting. Cerdas benar-benar berbakat. Ia mampu mengejar ketertinggalannya dengan cepat. Tahun 1981 ia keluar sebagai juara kedua dalam Kejuaraan Propinsi Sumatera Utara. Dalam keikutsertaannya yang pertama di ajang Kejurnas, di Bandung 1982, Cerdas memperoleh gelar Master Nasional.
Karir internasional dimulai pada tahun 1983 sebagai anggota regu kota Medan yang ikut serta dalam Kejuaraan Kota Asia di Hongkong kemudian diikuti oleh Olimpiade Catur di Yunani setahun kemudian. Setelah Olimpiade 1984 ini ia hampir tidak pernah absen dari event-event catur penting Indonesia sampai tahunn 2002.
Tahun 2002 adalah tahun emas bagi Cerdas. Selain menjadi Juara Nasional, ia juga memenangkan Hamzah Haz Terbuka di Jakarta dan juara kedua di Turnamen Wismilak. Pada bulan Nopember ia mencapai puncak prestasinya dalam Olimpiade Catur yang diselenggarakan di Bled, Slovenia. Cerdas memenangkan medali emas untuk papan ketiga setelah mengumpulkan 8,5 angka dari 10 partai. Pencapaian ini juga memberi Cerdas norma GM ketiga. Norma GM pertamanya dieroleh di Bali Jeff-RCA Jakarta 1997 dan kedua di Wismilak Surabaya 2002.
Berdasarkan ranking Fide saat ini Cerdas Barus berada di urutan 5 dari pecatur top Indonesia.
Sekilas mengenai GM Cerdas Barus
ID Fide : 
7100094
Ranking Indonesia : 
5.
                                                                                                                                                             
Berikut ini adalah Informasi Menarik Mengenai Cerdas Barus yang dilansir oleh Tempo.co.
Cacat Fisik Bukan Penghadang Bagi Cerdas Barus  

Telin Turnamen Catur Internasional 2011. ANTARA/Puspa Perwitasari
TEMPO Interaktif, Jakarta - Tidak ada yang tidak mungkin dilakukan di saat kita percaya. Salah satu Grand Master asal Indonesia, Cerdas Barus, memang memiliki kekurangan fisik. Dia dilahirkan sebagai tuna rungu dan tuna wicara. namun, hal itu seperti bukan penghalang baginya untuk bisa menorehkan prestasi di cabang olahraga catur.
Kemenangan di Telin Chess International Tournament 2011 menjadikan Cerdas sebagai salah satu andalan Indonesia untuk perhelatan SEA Games XXVI. Cerdas pun menjadi pecatur terbaik pada turnamen yang berakhir pada Kamis (6/4) lalu dengan meraih 7,5 poin dari total sembilan babak yang dilaluinya.
Atlet Jawa Timur itu mengalahkan para pecatur ternama seperti GM Eugene Torre (Filipina), GM Merab Gagunashvili (Georgia), dan para pecatur Indonesia seperti IM Irwanto Sadikin dan GM Susanto Megaranto.
Ketua Bidang Pembinaan Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB PERCASI) Kristianus Liem menyatakan bahwa Cerdas, yang memiliki rating 2.443 itu, sebelumnya memang bukan menjadi atlet utama dalam pesta multicabang tingkat Asia Tenggara itu.
"Awalnya dia (Cerdas) memang diarahkan untuk menjadi pelapis, tetapi dengan hasil yang didapatkan saat ini dia akan diarahkan untuk menjadi atlet utama," katanya. 

Kecemerlangan Cerdas memang sebelumnya sudah teruji saat dirinya sukses menjuarai Olimpiade Catur Bled 2002. Saat itu pria kelahiran 1 Januari 1961 itu langsung mendapatkan gelar Grand Master.
"Saya menjadi juara, mendapatkan medali emas," kata Cerdas terbata-bata sambil dibantu dengan isyarat dari tangannya. 
Sejak menunjukkan prestasi di tahun 1987 pada kejuaraan nasional, Cerdas terus bersinar. Sayangnya, sebuah insiden traumatis yang mendera di tahun 2003, membuatnya harus beristirahat panjang memulihkan diri.

Saat itu, Cerdas mendapatkan perlakuan kasar saat dirinya baru saja kembali dari sebuah kejuaraan catur di luar Jakarta. Kedatangannya kembali ke Bandara Internasional Soekarno Hatta justru membuat pihak keamanan curiga dengan detak jam yang biasa menemaninya saat bermain catur.
"Mungkin saat itu bunyinya seperti sebuah bom, sehingga dia dicurigai. Mendapatkan perlakuan yang aneh, Pak Cerdas justru mencoba lari tetapi malah dipukul," kata manager tim Jawa Timur Yusuf Santriyono, yang setia mendampingi Cerdas di sepanjang Telin Chess International Tournament.

Sejak insiden itu, Cerdas tidak dapat kembali bertarung di kejuaraan mana pun selama lima tahun. "Saya tidak bisa makan, selalu muntah. Kepala sakit," kata Cerdas. Namun, sejak tahun 2008 Cerdas kembali bangkit dan menunjukkan prestasi yang semakin menanjak.
Tahun lalu, Cerdas menjadi yang terbaik di Kejuaraan Nasional 201o yang digelar di Manado, Sulawesi Utara. "Dan prestasinya terus menanjak sampai dengan saat ini, diharapkan nantinya Cerdas bisa membantu cabang catur untuk menyumbangkan emas pada SEA Games nanti," kata Yusuf.



Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Biografi Dan Profil Lengkap Cerdas Barus,Grandmaster Catur  Indonesia .Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,komentar,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…


Salam Edukasi…


0 Response to "Biografi dan Profil Lengkap Cerdas Barus Grandmaster Catur Indonesia"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru