Sejarah Lengkap Berkobarnya Perang Dunia Kedua (1939-1945).

 Sejarah Lengkap Berkobarnya Perang Dunia Kedua (1939-1945).

      
 Sejarah Lengkap Berkobarnya Perang Dunia Kedua (1939-1945).

    Selamat Datang di Blog Edukasi Lovers-Id

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul  Sejarah Lengkap Berkobarnya Perang Dunia Kedua (1939-1945).
     Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya:
1.Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia Kedua.
Pada dasarnya,apa yang dahulu menyebabkan Perang Dunia pertama itulah yang kemudian menyebabkan lagi timbulnya perang dunia kedua.Keadaan politik internasional pada tahun 1938 dan 1939 menyerupai keadaan tahun-tahun 1900-1914 sebelum Perang Dunia pertama.Karena itu ada yang mengatakan bahwa Perang Dunia kedua itu merupakan kelanjutan dari Perang Dunia pertama.
Jadi dapat disimpulkan bahwa latar belakang terjadinya perang dunia kedua yaitu adalah faktor-faktor yang sama yang membuat timbulnya perang dunia pertama.
Berikut ini adalah pembahasan secara spesifik mengenai faktor/latar belakang yang menyebabkan terjadinya perang perang dunia kedua:

a.Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa
  Dalam usahanya yang bertujuan dalam menciptakan perdamaian dunia dan menjauhkan peperangan antar bangsa,tujuan tersebut ternyata gagal diwujudkan karena dalam kenyataannya,lembaga ini menjadi alat negara-negara besar serta kegiatannya lebih banyak dalam bidang politik.

b.Perlombaan Senjata.
   Negara-negara besar berusaha membatasi persenjataan seperti mengadakan Konferensi Washington,atau usaha Liga Bangsa-Bangsa tidak memberi hasil.Saling mencurigai kembali timbul,mula-mula terhadap Rusia,kemudian beralih ke Italia dan Jerman,sehingga demi kenyamanannya negara-negara mempersenjataidiri.

c.Persekutuan.
Ketakutan dan kecurigaan akan terjadinya perang menimbulkan kebutuhan akan adanya kawan seperjuangan.Negara-negara mencari kawan-kawanannya sendiri dan timbullah blok-blok di antara negara-negara.Hal ini mempertajam keadaan dan menjurus kepada arah peperangan.
Pada hakikatnya terdapat tiga blok besar yakni: Blok Perancis (Blok Demokrasi)-Blok Jerman (Blok Facis)-Blok Rusia (Blok Komunis).

d.Imperalisme.
Setelah terbentuknya negara-negara Ultra Nasinonal dan negara-negara itu kuat,timbul kembali keinginan imperalisme dengan dalih seperti Hakko Ichiu dari Jepang,Italia-Irredenta dari Italia,dan Lebensraum dari Jerman.

e.Pertentangan Paham
Demokrasi Barat,paham yang mengagungkan kebebasan individu bertentangan dengan paham Facis yang mengutamakan kepentingan negara,dan bertentangan dengan paham komunis yang bersifat Internasional.Ketiga paham itu yang tidak sejalan masing-masing berpendapat bahwa pahamnyalah yang baik dan paham yang lain itu dianggap salah sehingga harus disingkirkan,sehingga timbullah keinginan untuk perang.

f.Semangat Membalas (Revanche Idea)
Jerman yang kalah dalam Perang Dunia pertama dan dibebani kewajiban menurut “Diktat Versailles” merasa dihina,sehingga timbul keinginan untuk membalas dendam,khususnya terhadap Negara Perancis dan Inggris.

g.Sebab Khusus Terjadinya Penyerbuan
Menurut Perjanjian Versailles,Prusia Timur yaitu daerah Jerman Timur dipisahkan dari Jerman dengan diciptakannya Koridor Polandia (Negara penengah).Ditengah-tengah Koridor ini terletak kota Danzig yang diperintahkan oleh Liga Bangsa-Bangsa sebagai kota merdeka.
Hitler menuntut Kota Danzig untuk dikembalikan ke negara Jerman karena penduduknya merupakan mayoritas bangsa Jerman.Tetapi Polandia menolak dan mengadakan perjanjian dengan Inggris,Perancis,Rumania,dan Yunani untuk saling menjamin kemerdekaan masing-masing.
Hitler menjawab dengan perjanjian Jerman-Rusia yang berisi Rusia tidak akan menyerang Jerman dan sebagainya.
Pada tanggal 1 september 1939,Jerman menyerbu Polandia dan pada tanggal 3 september 1939,Inggris dan Perancis mengumumkan perang kepada Jerman.

*Bagi bangsa Asia,penyerbuan Jepang atas Cina merupakan sebab Perang Dunia kedua (1937),sedangkan Amerika Serikat berpendapat bahwa penyerbuan Jepang atas Pearl Harbour adalah sebab pecahnya Perang Dunia (7 Desember 1941).

2.Keadaan Perang.
Perang Dunia kedua lebih hebat dan dahsyat daripada perang dunia pertama,baik itu jika ditinjau dari mengenai luas wilayahnya,lama waktunya,maupun jumlah negara-negara yang berperang.Perang Dunia yang kedua memakan waktu antara 6-8 tahun dan waktu perang ini dibedakan menjadi dua tahap,yakni tahap awal dan tahap kedua.Tahap awal ini terjadi pada tahun 1939-1942 dimana pihak negara-negara Amerika Serikat menang dan sekutu kalah.Dan tahap kedua ini terjadi pada tahun 1942 dimana pihak Negara Amerika Serikat kalah dan sekutu memperoleh kemengan. Berikut pembahasan selengkapnya mengenai kronologis keadaan perang dunia kedua:
*Medan Eropa Barat.
-Dengan serangan kilat (Blitzkrieg) tentara Jerman menyerbu ke Denmark,Norwegia,Belanda,Belgia,dan Luxemburg.Meskipun dalam hal ini Belanda berusaha menghalangi majunya musuh dengan cara membuka pintu-pintu air sehingga negeri itu sebagian terendam air,tetapi pasukan Payung Jerman yang diturunkan dibelakangnya berhasil merebut Belanda dalam tempo 4 hari.Sehingga membuat Ratu Wilhelmina I dan pemerintahannya mengungsi ke negara Inggris pada tahun (1940-1945)

-Jerman menyerang terus ke selatan dibalik pertahanan Maginot yang sejak lama disiapkan Perancis.Setengah wilayah Perancis dapat dikuasainya,termasuk Kota Paris,Perancis.Perancis kemudian menyerah di Compiegne dan selanjutnya dibentuklah Peemerintahan boneka di bawah pimpinan jenderal Petain dengan kedudukan di Kota Vichy,sehingga disebut Perancis Vichy.
Sedangkan tentara Perancis yang masih merdeka terus mengadakan perlawanan terhadap Jerman dibawah pimpinan Jenderal De Gaulle.

Angkatan udara Jerman (Luftwaffe) kemudian terus menyerang Inggris yang berusaha mempertahankan pasukan tentara De Gaulle.Dan pada tanggal 6 Juni1944,kontingen pertama pasukan invasi Amerika dan Inggris yang dilindungi oleh angkatan udara yang sangat tangguh mendarat di Pantai-Pantai Normandia.Kontingen pertahanan Jerman terperangkap,kemudian pasukan sekutu mulai bergerak melintasi Perancis dan masuk ke masuk Jerman,dengan cara menerobos pertahanan yang sangat ulet dan tangguh.Pada tanggal 25 Agustus 1944,Paris berhasil direbut kembali.Dan pada tanggal 7 Mei 1945 Jerman menyerah kepada Sekutu.

*Medan Eropa Timur.
-Di wilayah Medan Eropa timur Polandia dapat dikalahkan oleh Jerman di bawah pimpinan Von Rundstedt dalam tempo kurang dari sebulan.Sementara itu Rusia telah lebih dahulu menduduki Polandia Timur,Esthonia,Latvia,dan Lithuania.Sedangkan Jerman telah menduduki wilayah Rumania,Hongaria,Bulgaria,dan Yugoslavia guna untuk mencukupi bahan-bahan mentah terkhusus adalah minyak.
Namun pendudukan Jerman tidaklah berjalan mulus Rakyat Yugoslavia di bawah pimpinan Josep Bros Tito mengadakan perlawanan gerilya yang menyulitkan kedudukan Jerman,namun belum berhasil mengusir Jerman.
Akan tetapi lain halnya dengan negara Yunani sebagai negara terjajah yang  berhasil mengusir tentara Italia berkat adanya alamnya yang bergunung-gunung sangat baik untuk bergerilya.

*Medan Afrika Utara.
-Di wilayah Medan Afrika Utara,pasukan Italia di Ethiopia yang terpencil diserbu oleh Inggris di bawah pimpinan Jenderal Cunningham dari Somali-Kenya dan jatuh ke tangan Inggris.Pertempuran sengit terjadi di daerah Gurun Pasir Libya.Jenderal Erwin Rommel yang telah berhasil mendobrak kekuatan sekutu di Medan Eropa Barat (1940) ditempatkan di Afrika Utara memimpin Korps Afrika untuk membantu tentara Italia di bawah Graziani.Usaha pihak Amerika Serikat menyerbu Mesir untuk terus ke Suez berhasil digagalkan dalam pertempuran di El Alamein oleh pasukan Inggris di bawah pimpinan Letjen Bernard L Montgomery (Oktober 1942).

-Sementara itu tentara Amerika Serikat di bawah pimpinan Dweight Eisenhower mendarat di Casablanca (Maroko),sedangkan bala bantuan Inggirs mendarat di Oran dan Aljazair.Tentara Amerika Serikat terjepit,sebagaian dari mereka diselamatkan ke Eropa,sedangkan sebagian lagi menyerah di Cape Bom (Mei 1943)

-Medan Eropa Selatan
Setelah Italia yang dibantu Jerman kalah dalam Medan Afrika Utara,negara itu bertahan di negerinya.Sedangkan negara-negara sekutu berusaha mematahkan perlawanan Italia untuk seterusnya menyerbu Jerman dari Arah Selatan.
Tentara Amerika Serikat mendarat di Italia akhir 1943 di bawah pimpinan Letjen Mark W.Clark,berhasil merebut garis pertahanan Italia-Jerman (Garis Gustav) dan menyusul Kota Roma.Akhirnya pertahanan Garis Gothic disebelah utara Apenina dapat direbut oleh sekutu.
Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Sejarah Lengkap Berkobarnya Perang Dunia Kedua (1939-1945). .Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,komentar,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…

Salam Edukasi…



0 Response to " Sejarah Lengkap Berkobarnya Perang Dunia Kedua (1939-1945). "

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru