Materi Tentang Permintaan Dan Penawaran Terlengkap (Materi Ekonomi)

Materi Tentang Permintaan Dan Penawaran Terlengkap (Materi Ekonomi)

Materi Tentang Permintaan Dan Penawaran Terlengkap (Materi Ekonomi)


Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Materi Tentang Permintaan Dan Penawaran Terlengkap (Materi Ekonomi)

 Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya:
A.Permintaan Barang Dan Jasa
1.Pengertian Permintaan
Pengertian permintaan l Apa itu permintaan?... adalah mungkin sederet pertanyaan yang akan muncul di benak hati seseorang yang belum mengerti akan artinya.Permintaan adalah suatu keinginan akan barang dan jasa pada harga yang dinginkan dalam suatu waktu/periode tertentu.Sehingga calon pembeli(konsumen) bersedia untuk membayar(membeli) pada suatu tingkat harga tertentu dan pada waktu tertentu.Permintaaan merupakan suatu kata yang akrab untuk di dengar di telinga kita dalam kehidupan sehari-hari.Suatu permintaan dapat timbul karena manusia menginginkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya yang disertai dengan kemampuan untuk membelinya.Dalam kata bahasa inggris permintaan disebut dengan istilah demand.

2. Faktor-faktor yang Memengaruhi Permintaan
a. Harga Barang itu Sendiri
Harga barang akan memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika harga naik jumlah permintaan barang tersebut akan meningkat,sedangkan jika harga turun maka jumlah permintaan barang akan menurun.
 
b . Harga Barang Subtitusi (Pengganti)
Harga barang dan jasa pengganti (substitusi) ikut memengaruhi jumlah barang dan jasa yang diminta. Apabila harga dari barang substitusi lebih murah maka orang akan beralih pada barang substitusi tersebut. Akan tetapi jika harga barang substitusi naik maka orang akan tetap menggunakan barang yang semula
c . Harga Barang Komplementer (Pelengkap)
Barang pelengkap juga dapat memengaruhi permintaan barang/jasa
d . Pendapatan
Besar kecilnya pendapatan yang diperoleh seseorang turut menentukan besarnya permintaan akan barang dan jasa. Apabila pendapatan yang diperoleh tinggi maka permintaan akan barang dan jasa juga semakin tinggi. Sebaliknya jika pendapatannya turun, maka kemampuan untuk membeli barang juga akan turun. Akibatnya jumlah barang akan semakin turun.
 
e . Selera Konsumen
Selera konsumen terhadap barang dan jasa dapat memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika selera konsumen terhadap barang tertentu meningkat maka permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat pula.
 
f . Intensitas Kebutuhan Konsumen
Intensitas kebutuhan konsumen berpengaruh terhadap jumlah barang yang diminta. Kebutuhan terhadap suatu barang atau jasa yang tidak mendesak, akan menyebabkan permintaan masyarakat terhadap barang atau jasa tersebut rendah. Sebaliknya jika kebutuhan terhadap barang atau jasa sangat mendesak maka permintaan masyarakat terhadap barang atau jasa tersebut menjadi meningkat
g . Perkiraan Harga di Masa Depan
Apabila konsumen memperkirakan bahwa harga akan naik maka konsumen cenderung menambah jumlah barang yang dibeli karena ada kekhawatiran harga akan semakin mahal. Sebaliknya apabila konsumen memperkirakan bahwa harga akan turun, maka konsumen cenderung mengurangi jumlah barang yang dibeli.
h. Jumlah Penduduk
Pertambahan penduduk akan memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika jumlah penduduk dalam suatu wilayah bertambah banyak, maka barang yang diminta akan meningkat.

3. Macam-Macam Permintaan

a. Permintaan Menurut Daya Beli
Berdasarkan daya belinya, permintaan dibagi menjadi tiga macam, yaitu permintaan efektif, permintaan potensial, dan permintaan absolut.
1) Permintaan efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar. Pada permintaan jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan ia mampu membayarnya.
2) Permintaan potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut.
3) Permintaan absolut adalah permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli. Pada permintaan absolut konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli barang yang diinginkan.
b . Permintaan Menurut Jumlah Subjek Pendukungnya
Berdasarkan jumlah subjek pendukungnya, permintaan terdiri atas permintaan individu dan permintaan kolektif.
1 ) Permintaan individu
Permintaan individu adalah permintaan yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
2 ) Permintaan kolektif
Permintaan kolektif atau permintaan pasar adalah kumpulan dari permintaan-permintaan perorangan/individu atau permintaan secara keseluruhan para konsumen di pasar.
 
4. Hukum Permintaan
Hukum permintaan l Hukum permintaan berbunyi:’’apabila harga barang naik,maka jumlah barang yang diminta akan  menurun.Sebaliknya apabila harga barang turun maka jumlah barang yang diminta akan meningkat/naik’’ ,ceteris paribus.Contohnya jika harga cabe di pasar mengalami kenaikan harga,maka para masyarakat akan mengurangi  jumlah barang yang diminta dari biasanya sebelum mengalami kenaikan harga. Namun sebaliknya jika harga cabe di pasar mengalami penurunan,maka masyarakat pun akan meningkatkan jumlah barang yang diminta dari biasanya.Begitu juga kita sering melihat fenomena sosial dimana di pasar ataupun di mal-mal dan supermarket lainnya.Jika di tempat-tempat tersebut ada suatu diskon pakaian besar-besaran ,maka akan meningkatkan tingkat/jumlah barang yang diminta dari biasanya sebelum di diskon.Namun lain halnya jika yang terjadi adalah sebaliknya yaitu tidak ada diskon dan malah pakaian-pakaian  di tempat tersebut mengalami kenaikan harga maka yang akan terjadi ialah minat masyarakat untuk membeli pakaian menurun dari biasanya.Hal ini menunjukkan bahwasanya permintaan akan barang yang diminta tergantung dengan tingkat harga atau naik-turunnya harga.Ceteris paribus memiliki arti keadaan dan faktor lainnya tetap,maksudnya ialah faktor lain yang mempengaruhi harga seperti harga barang lain tidak berubah,karena kalau berubah orang akan tetap membelinya.Artinya hukum permintaan tersebut berlaku jika keadaan atau faktor-faktor selain harga tidak berubah (dianggap tetap).
5. Kurva Permintaan
Menurut para ahli ekonomi, permintaan adalah keseluruhan dari kurva permintaan atau keseluruhan dari titik yang ada pada kurva (A + B + C + D + E + F + G). Dengan demikian permintaan menggambarkan keadaan keseluruhan daripada hubungan antara harga dan jumlah permintaan. Adapun jumlah barang yang bersedia diminta adalah banyaknya permintaan pada suatu tingkat harga tertentu. Misalnya titik A, menggambarkan bahwa pada harga Rp4.500,00 jumlah yang diminta adalah 140 kg. Dengan demikian, setiap titik yang ada pada kurva menggambarkan jumlah barang yang diminta.

Materi Tentang Permintaan Dan Penawaran Terlengkap (Materi Ekonomi)
Gambar Ilustrasi

6.Pengertian Kurva Permintaan
Kurva Permintaan l Kurva permintaan adalah kurva yang berupa membentuk garis dari titik-titik perpotongan antara tingkat harga barang dengan jumlah barang yang diminta.Dalam istilah bahasa inggris kurva permintaan sering disebut dengan demand curve.
7.Pergeseran Kurva Permintaan
Pergeseran Kurva Permintaan l Suatu tingkat permintaan memang tidak melulu atau tidak hanya dipengaruhi oleh harga saja namun juga ada faktor yang lain juga yang dapat mempengaruhi tingkat permintaan tersebut,yaitu seperti keberadaan akan barang pengganti(barang substitusi),tingkat pendapatan,selera,serta jumlah penduduk.Pergeseran kurva permintaan yang bergerak ke arah kanan memiliki arti bahwa jumlah barang yang diminta bertambah pada suatu tingkat harga yang sama.Begitu juga sebaliknya jika pergeseran kurva permintaan cenderung bergerak ke arah kiri maka memiliki arti jumlah barang yang diminta menurun.Pergeseran kurva permintaan menunjukkan adanya perubahan permintaan yang ditimbulkan oleh faktor-faktor selain harga. Pergeseran kurva permintaan ditunjukkan dengan bergeraknya kurva ke kanan atau ke kiri. Kembali pada contoh di depan mengenai permintaan Desi terhadap jeruk. Pada contoh di depan menunjukkan bahwa berubahnya jumlah jeruk yang diminta Desi akibat dari perubahan harga jeruk itu sendiri. Bagaimana jika faktor lainnya seperti pendapatan Desi memengaruhi jumlah jeruk yang diminta? Apabila pendapatan Desi mengalami peningkatan, maka jumlah jeruk yang diminta pun juga akan meningkat. Namun ketika pendapatan Desi mengalami penurunan maka jumlah jeruk yang diminta akan turun.


Materi Tentang Permintaan Dan Penawaran Terlengkap (Materi Ekonomi)
Gambar Ilustrasi
Ada beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kurva permintaan yaitu sebagai berikut:
*faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kurva permintaan:
a).Keberadaan dan Harga Barang Pengganti dan Pelengkap
Bila tejadi suatu harga barang yang sama,namun ada barang pengganti yang baru bermunculan yang menarik masyarakat,dan harga barang pengganti tersebut sama ataupun lebih murah dari harga barang yang biasa dipakai masyarakat sebelum ada barang pengganti,tentu saja masyarakat beralih dan akan memilih barang pengganti yang baru tersebut.Conntohnya saja pada kehidupan kita sehari-hari  yaitu pada mode pakaian.Jika ada pakaian dengan mode baru yang muncul yang menarik minat masyarakat untuk membelinya dengan tingkat harga yang sama atau bahkan lebih murah dari pakaian mode lama,maka masyarakat akan beralih ke mode pakaian yang baru dan meninggalkan mode pakaian yang lama.
b)Tingkat Pendapatan
Tingkat Pendapatan l Ketika tingkat pendapatan seseorang atau masyarakat mengalami peningkatan,maka juga akan diikuti dengan tingkat konsumsi orang tersebut akan meningkat dan tentunya akan meningkatkan jumlah permintaan,dan kurva permintaan akan bergerak ke arah kanan.Namun sebaliknya bisa terjadi, jika tingkat pendapatan seseorang atau masyarakat mengalami penurunan,maka akan berdampak dengan menurunnya tingkat konsumsi orang tersebut,dan juga akan berdampak dengan menurunnya tingkat/jumlah permintaan yang ada.Dan membuat kurva permintaan akan bergerak ke arah kiri,dikarenakan jumlah permintaan akan barang  yang mengalami penurunan.
c).Jumlah Penduduk
Jumlah Penduduk l jumlah penduduk adalah jumlah keseluruhan warga/masyarakat yang menempati wilayah-wilayah tertentu dalam suatu negara.Jadi bisa disimpulkan bahwa jumlah penduduk adalah juga jumlah seluruh warga negara.Jumlah penduduk juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pergeseran kurva permintaan.Hal ini dikarenakan semakin besar jumlah penduduk dalam suatu negara maka akan semakin besar pula jumlah permintaan akan barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan penduduk tersebut,dan akan membuat kurva permintaan akan bergerak ke arah kanan karena mengalami peningkatan.Namun jika semakin sedikit jumlah penduduk dalam suatu negara maka akan semakin sedikit pula jumlah permintaan barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan penduduk tersebut,dan akan membuat kurva permintaan bergerak ke arah kiri karena menurun.

Materi Tentang Permintaan Dan Penawaran Terlengkap (Materi Ekonomi)

B. Penawaran Barang dan Jasa
1. Pengertian Penawaran 
Apa Itu Penawaran?l Penawaran adalah Jumlah barang atau jasa yang ditawarkan atau dijual oleh para perusahaan/penjual pada saat harga tertentu dan periode tertentu.Namun ketika merumuskan penawaran, cukup dengan menghubungkan harga dan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan.
2. Faktor-faktor yang Memengaruhi Penawaran 
a. Harga Barang itu Sendiri
Apabila harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya jika barang yang ditawarkan turun jumlah barang yang ditawarkan penjual juga akan turun. Misalnya jika harga sabun mandi meningkat dari Rp1.500,00 menjadi Rp2.000,00, maka jumlah sabun mandi yang penjual tawarkan akan meningkat pula.
b . Harga Barang Pengganti
Apabila harga barang pengganti meningkat maka penjual akan meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan. Penjual berharap, konsumen akan beralih dari barang pengganti ke barang lain yang ditawarkan, karena harganya lebih rendah. Contohnya harga kopi meningkat menyebabkan harga barang penggantinya yaitu teh lebih rendah, sehingga penjual lebih banyak menjual teh.
c . Biaya Produksi
Biaya produksi berkaitan dengan biaya yang digunakan dalam proses produksi, seperti biaya untuk membeli bahan baku, biaya untuk gaji pegawai, biaya untuk bahan-bahan penolong, dan sebagainya. Apabila biaya-biaya produksi meningkat, maka harga barang-barang diproduksi akan tinggi. Akibatnya produsen akan menawarkan barang produksinya dalam jumlah yang sedikit. Hal ini disebabkan karena produsen tidak mau rugi. Sebaliknya jika biaya produksi turun, maka produsen akan meningkatkan produksinya. Dengan demikian penawaran juga akan meningkat.
d . Kemajuan Teknologi
 
Kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya barang yang ditawarkan. Adanya teknologi yang lebih modern akan memudahkan produsen dalam menghasilkan barang dan jasa. Selain itu dengan menggunakan mesin-mesin modern akan menurunkan biaya produksi dan akan memudahkan produsen untuk menjual barang dengan jumlah yang banyak. Misalnya untuk menghasilkan 1 kg gula pasir biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan Manis sebesar Rp4.000,00. Harga jualnya sebesar Rp7.500,00/kg. Namun dengan menggunakan mesin yang lebih modern, perusahaan Manis mampu menekan biaya produksi menjadi Rp3.000,00. Harga jual untuk setiap 1 kilogramnya tetap yaitu Rp7.500,00/kg. Dengan demikian perusahaan Manis dapat memproduksi gula pasir lebih banyak.
e . Pajak
Pajak yang merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga. Jika suatu barang tersebut menjadi tinggi, akibatnya permintaan akan berkurang, sehingga penawaran juga akan berkurang.
 
f . Perkiraan Harga di Masa Depan
Perkiraan harga di masa datang sangat memengaruhi besar kecilnya jumlah penawaran. Jika perusahaan memperkirakan harga barang dan jasa naik, sedangkan penghasilan masyarakat tetap, maka perusahaan akan menurunkan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Misalnya pada saat krisis ekonomi, harga-harga barang dan jasa naik, sementara penghasilan relatif tetap. Akibatnya perusahaan akan mengurangi jumlah produksi barang dan jasa, karena takut tidak laku.

3. Macam-Macam Penawaran

a. Penawaran Individu
Penawaran individu adalah jumlah barang yang akan dijual oleh seorang penjual.
 
b . Penawaran Kolektif
Penawaran kolektif disebut juga penawaran pasar. Penawaran kolektif adalah keseluruhan jumlah suatu barang yang ditawarkan oleh penjual di pasar. Penawaran pasar merupakan penjumlahan dari keseluruhan penawaran perorangan
4. Hukum Penawaran
Coba kalian perhatikan daftar penawaran jeruk Pak Heri. Pada tabel tersebut akan terlihat bahwa apabila harga Rp4.500,00, jumlah jeruk yang ditawarkan Pak Heri sebanyak 50 kg. Pada saat harga Rp4.750,00. Pak Heri menawarkan jeruknya sebanyak 60 kg. Hingga pada harga Rp6.000,00, jumlah jeruk yang ditawarkan sebanyak 110 kg. Apa yang dapat kalian simpulkan dari tabel di atas? Berdasarkan tabel di atas dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi harga, jumlah barang yang ditawarkan semakin banyak. Sebaliknya semakin rendah harga barang, jumlah barang yang ditawarkan semakin sedikit. Inilah yang disebut hukum penawaran. Hukum penawaran menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga.
 
5. Kurva Penawaran 
Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang ditawarkan.
 
Materi Tentang Permintaan Dan Penawaran Terlengkap (Materi Ekonomi)

6. Pergeseran Kurva Penawaran 
Sama halnya pada pergeseran kurva permintaan, kurva penawaran juga dapat mengalami pergeseran karena adanya perubahan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran selain faktor harga. Bergesernya kurva penawaran ditandai dengan bergeraknya kurva ke kanan atau ke kiri. Kurva penawaran bergeser ke kiri, artinya jumlah penawarannya mengalami kenaikan. Namun, ketika kurva penawaran barang bergeser ke kiri, berarti terjadi penurunan penawaran barang. Misalnya diperkirakan harga jeruk bulan depan akan naik karena harga pupuk naik. Kenaikan harga jeruk menyebabkan penurunan penawaran jeruk. Sehingga ketika diperkirakan harga di masa depan naik, maka penjual akan mengurangi jumlah barang yang dijualnya. Tabel berikut ini yang akan menunjukkan jumlah jeruk yang ditawarkan Pak Heri sebelum dan sesudah kenaikan harga.mengubah jumlah penawaran sekaligus menggeser kurva penawaran.

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Materi Tentang Permintaan Dan Penawaran Terlengkap (Materi Ekonomi).Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,komentar,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.

     Terima Kasih…


Salam Edukasi…