Sejarah-Dampak Atau Akibat-Akibat Perang Dunia Kedua

Sejarah- Dampak Atau Akibat-Akibat Perang Dunia Kedua

Selamat Datang di Blog Edukasi Lovers-Id

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Sejarah-Dampak Atau Akibat-Akibat Perang Dunia Kedua
 Berikut Informasi Selengkapnya:

Sejarah-Dampak Atau Akibat-Akibat Perang Dunia Kedua
Gambar Ilustrasi : Dampak Atau Akibat Dari Perang Dunia Kedua



Sejarah- Dampak Atau Akibat-Akibat Perang Dunia Kedua
Perang Dunia yang kedua kali ini hampir dua kali lebih hebat dan dahsyat daripada Perang Dunia yang pertama,hal ini tentu membawa dampak ataupun akibat yang sangat luas dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat,baik itu dalam bidang politik,bidang ekonomi,bidang sosial,maupun bidang rohani.
Berikut pembahasan selengkapnya:
1.Bidang Politik.
a.Amerika Serikat dan Uni Soviet keluar sebagai pemenang,yang menyebabkan keduanya menjadi negara Adi Kuasa/Adi Daya.Kedua negara inilah yang mempunyai peranan yang sangat besar di Dunia ini.

b.Terjadi persaingan antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet.Amerika Serikat yang menganut paham Demokrasi –Kapitalis tidak dapat sejalan dengan Uni Soviet yang berpaham Sosialis-Komunis.Jika ditinjau secara material Amerika Serikat lebih kuat dari pada Uni Soviet,akan tetapi secara Ideal Uni Soviet lah yang menjadi lebih kuat khususnya di negara-negara yang baru merdeka.

c.Adanya Politik memecah belah.
Demi kepentingan kedua negara Adi Kuasa,Kedua negara Adi Kuasa yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet melakukan politik memecah belah tersebut supaya dapat membagi negara-negara yang mempunyai arti penting untuk dapat dikuasai oleh kedua negara Adi Kuasa tersebut seperti Korea,Vietnam,Jerman,dan masing-masing mendukung salah satu negara yang dipecah belah tersebut.Contohnya ialah Korea Utara yang dikuasai oleh Uni Soviet dan Korea Selatan yang dikuasai oleh Amerika Serikat.

d.Timbulnya Negara-Negara Nasional.
Dengan semangat perjuangan bangsa-bangsa terjajah untuk memperoleh kemerdekaannya,akhirnya diakui dan diberikan oleh negara-negara yang menjajah.

e.Timbulnya persekutuan-persekutuan lagi.
Untuk mengimbangi kekuatan,negara-negara raksasa berusaha mengadakan suatu persekutuan baru demi keamanan bersama.Sehingga timbul fakta-fakta yang bersifat pert
Tahanan.Misalnya Amerika Serikat mengadakan NATO yang selanjutnya diimbangi oleh Uni Soviet dengan Fakta Warsawa.

2.Bidang Ekonomi.
a.Ekonomi Dunia Sangat Kacau Dan Lemah.
Akibat adanya perang dunia yang kedua yang banyak menuntut tenaga kerja,modal,dan biaya perang menyebabkan perekonomian dunia sangat kacau dan lemah.

b.Negara Jepang dan Jerman muncul sebagai negara industri.
Sebagai negara yang kalah perang dengan kesulitan ekonomi yang parah dan akan memudahkan rakyatnya berpaling kepada Uni Soviet yang berpaham Sosialis-Komunis,maka Amerika Serikat,memberi bantuan modal kepada pihak Jepang dan Jerman untuk mengembangkan perindustriannya kembali,sehingga muncullah negara Jepang dan Jerman menjadi negara Industri.

3.Bidang Sosial.
a.Munsulnya kaum Golongan cerdik pandai dan mereka kuat kedudukannya.
Perang Dunia kedua menunjukkan dan membuktikan  bahwa peperangan tidak dapat  dimenangkan tanpa bantuan kaum cerdik pandai yang merupakan prajurit tanpa senjata dan berjuang di laboratorium.
Misalnya penemuan alat-alat perang modern seperti  Sonar,Radar,Dan peluru kendali.Juga kegiatan penyelidikan ditingkatkan demi keperluan manusia.

b.Banyaknya muncul badan-badan sosial.
Unutk menolong umat manusia yang banyak menderita karena peperangan.didirikanlah banyak badan-badan sosial untuk meringankan penderitaan umat manusia korban perang.
4.Bidang Rohani
a.Didirikannya United Nation Organization (UNO) atau Perserikatan Bangsa-Bangsa yang disingkat PBB sebagai penyempurnaan Liga Bangsa-Bangsa sebagai lembaga untuk menciptakan perdamaian dunia.

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Sejarah-Dampak Atau Akibat-Akibat Perang Dunia Kedua.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,komentar,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…

Salam Edukasi…



0 Response to "Sejarah-Dampak Atau Akibat-Akibat Perang Dunia Kedua"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru