Sejarah: Dampak Atau Akibat-Akibat Perang Dunia Pertama

Sejarah: Dampak Atau Akibat-Akibat Perang Dunia Pertama

     
Sejarah: Dampak Atau Akibat-Akibat Perang Dunia Pertama
Gambar:Ilustrasi Akibat Perang Dunia 1

  Selamat Datang di Blog Edukasi Lovers-Id

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul  Sejarah: Dampak Atau Akibat-Akibat Perang Dunia Pertama

      Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya:
      Perang Dunia pertama merupakan Perang Total dan membawa akibat-akibat yang sangat banyak,beragam dan luas sekali bagi para bangsa-bangsa Eropa dan sekitarnya.
Berikut pembahasan selengkapnya:
*Bidang Politik
Dalam bidang politik terjadi perubahan wilayah,perubahan bentuk negara dan sistem pemerintahan, dan timbulnya paham-paham baru.Kerajaan besar Rusia,Turki,Austria-Hongaria dan Jerman berubah menjadi negara yang berbentuk Republik dan wilayahnya di persempit.Dan Sebaliknya timbul negara-negara baru seperti Polandia,Finlandia,Chekoslawakia,Yugoslavia,Hongaria,Mesir,Irak,Arabia,Syria,Libanon dan Trans-Jordania.
Namun demikian Negara-negara yang menang dalam perang mendapat tambahan wilayah seperti Inggris mendapat Israel dan Kamerun,sedangkan Perancis mendapat Syria dan Libanon (kemudian dimerdekakan),dan Jepang yang mendapat kepulauan Carolina dan Mariana.
     Sistem demokrasi liberal ternyata tidak berhasil mengatasi kekacauan di beberapa negara Eropa akibat dari Perang Dunia pertama,sehingga menimbulkan adanya paham-paham baru yang berkembang seperti Facisme di Italia,Naziisme di Jerman,Nasionalisme di Turki,Sosialis-Komunis di Rusia.Tetapi setelah dengan paham-paham baru tersebut kekacauan dapat berhasil diatasi,dan para penguasanya menjalankan Imperialisme dengan bermacam-macam alasan (dalih).

*Bidang Ekonomi
Sejalan dengan semakin berkembangnya Diktatorisme dan usaha mengatasi kesulitan ekonomi,maka dijalankanlah sistem ekonomi terpimpin oleh negara-negara Diktatur-Totaliter.
Contohnya Italia dengan Korporasi,Jerman dengan rencana empat tahun,Rusia dengan rencana lima tahun,Turki dengan Etatisme,dan Amerika Serikat dengan New-Deal.
Sistem kapitalisme dengan ciri persaingan bebas telah menyebabkan Amerika Serikat mengalami krisis ekonomi yang membawa pengaruh luas di dunia.

*Bidang Sosial
Pada Perang Dunia yang pertama,yang memerlukan perlengkapan perang yang lengkap dalam jumlah besar telah menempatkan kaum buruh menjadi ambil bagian dalam menjadi golongan penting karena merekalah yang memproduksi barang.Sehingga mereka pun ikut berperan dalam memenangkan perang.Posisi mereka yang lebih baik menyebabkan gerakan mereka lebih kuat,sehingga memperoleh jaminan hidup yang makin layak.Kaum wanita yang sebelumnya kurang berperanan dalam peperangan mulai ikut aktif dengan kegiatan dalam bidang kesehatan.Sehingga gerakan emansipasi mereka makin kuat juga.

*Bidang Rohani
Kesengsaraan dan penderitaan penduduk pada masa perang terasa juga dalam bidang rohani.Timbul perasaan muak,bosan,ngeri,dan takut terhadap peperangan dan menginginkan adanya perdamaian yang abadi.
Salah satu tokoh yang mengusulkan keinginan untuk adanya perdamaian adalah  Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson yang mengajukan empat pasal,diantaranya adalah:
1).Diplomasi rahasia tidak diperbolehkan.
2).Diadakannya pengurangan persenjataan.
3)Diakuinya adanya hak menentukan nasib sendiri
4).Pembentukan suatu badan “Gabungan bangsa-bangsa”
Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Sejarah: Dampak Atau Akibat-Akibat Perang Dunia Pertama.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,komentar,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…

Salam Edukasi…






0 Response to "Sejarah: Dampak Atau Akibat-Akibat Perang Dunia Pertama"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru