Materi Tentang Struktur Bumi

Materi Tentang Struktur Bumi 
Materi Tentang Struktur Bumi

Selamat Datang di Blog Edukasi Lovers-Id

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers
semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Materi Tentang Struktur Bumi

 


Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya:
Struktur Bumi
    Bumi memiliki struktur mirip telur,yaitu kuning telur,putih telur,dan cangkang telur.Kuning telur menggambarkan inti,putih telur merupakan selubung,dan cangkangnya adalah kerak.
    Amatilah Gambar Struktur Bumi Berikut:
Materi Tentang Struktur Bumi
Gambar Struktur/Lapisan Bumi

Materi Tentang Struktur Bumi

    Berdasarkan gambar tersebut,struktur bumi terdiri atas inti bumi,mantel atau selubung,dan kerak.
a.Inti Bumi.
    Sebagian besar inti bumi terdiri atas nikel dan besi.Oleh karena itu,inti bumi sering disebut lapisan nife yang berarti niccolum (nikel) dan ferrum (besi).Inti bumi terdiri atas  dua lapisan,yaitu lapisan inti dalam yang padat  dan lapisan inti luar yang cair.Jari-jari inti bumi kira-kira 3.470 km dan batas terluarnya kira-kira 2.900 km di bawah permukaan bumi.
b.Mantel atau Selubung
       Di atas inti bumi terdapat  selubung yang bersifat plastis,memiliki ketebalan 2.900 km.Selubung itu terbagi dalam dua lapisan,yaitu selubung bawah yang lebih padat karena besarnya tekanan pada kedalaman itu dan selubung atas/luar yang agak lunak,seperti aspal jalan  pada siang hari.
      Selubung atas  (upper mantle) dicirikan  oleh sebaran gelombang gempa rendah.Mantel bagian atas terdiri atas eklogit atau peridolit yang kaya akan Fe,Mg,Ca,Na,dan Silikat aluminium dengan viskositas rata-rata 8×10 pangkat 21 piose.Selubung atas (upper mantle) ini sering disebut sebagai asthenosfera.
C.Kerak
    Kerak bumi memiliki ketebalan 5 km di lantai samudra hingga 70 km di bawah barisan pegunungan.Kerak bumi terdiri atas dua lapisan,yaitu kerak benua dan kerak samudra.
1).Kerak Benua.
      Kerak  Benua mempunyai lapisan yang lebih tebal dibandingkan dengan kerak samudra.Lapisan atas pada kerak ini adalah berupa batuan granit,sedangkan lapisan di bawahnya berupa batuan basal yang lebih rapat.Lapisan-lapisan ini menurut peristiwa geologi terbentuk pada berbagai zaman melalui berbagai macam proses.Batuan yang paling tua ditemukan pada perisai-perisai Prokambium.Batuan yang lebih muda terbentuk selama zaman-zaman pembentukan gunung.
2).Kerak Samudra
            Kerak Samudra merupakan sedimen yang mempunyai ketebalan 5 km.Kerak Samudra yang terus dibentuk oleh letusan gunung api sepanjang celah-celah  bawah laut disebut pematang tengah samudra.Umurnya kurang dari 200 juta tahun.Secara geologis lebih muda jika dibandingkan dengan kerak benua yang berumur 3,8 miliar tahun.
Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Materi Tentang Struktur Bumi. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,komentar,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…

Salam Edukasi…


0 Response to "Materi Tentang Struktur Bumi "

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru