5 Contoh Prilaku Yang Mencerminkan Prinsip Demokrasi Pancasila

5 Contoh Prilaku Yang Mencerminkan Prinsip Demokrasi Pancasila

5 Contoh Prilaku Yang Mencerminkan Prinsip Demokrasi Pancasila

       Budaya Demokrasi Pancasila merupakan paham demokrasi yang berpedoman pada asas kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, yang berketuhanan yang Maha Esa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, berpersatuan Indonesia, dan bersama-sama menjiwai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Budaya demokrasi Pancasila mengakui adanya sifat kodrat manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Rumusan yang terkandung dalam sila keempat Pancasila sebagai dasar filsafat negara dan dasar politik negara yang di dalamnya terkandung unsur kerakyatan, permusyawaratan, dan kedaulatan rakyat merupakan cita-cita kefilsafatan dari demokrasi Pancasila. Oleh sebab itu, perilaku budaya demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-sehari adalah sebagai berikut ini:

1.     Menjunjung Tinggi Persamaan



5 Contoh Prilaku Yang Mencerminkan Prinsip Demokrasi Pancasila


     Budaya demokrasi Pancasila mengajarkan bahwa setiap manusia memiliki persamaan harkat dan derajat dari sumber yang sama sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Oleh sebab itu, dalam kehidupan sehari-hari hendaknya kita mampu membuat dan bertindak untuk menghargai orang lain sebagai wujud kesadaran diri kita untuk menerima keberagaman dalam masyarakat. Menjunjung tinggi persamaan mengandung makna bahwa kita mau berbagi dan terbuka menerima segala perbedaan pendapat, kritik, dan saran dari orang lain. Menjunjung tinggi persamaan merupakan suatu suatu bentuk kesadaran diri bahwa kita semua memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Dan di dalam menjunjung tinggi persamaan tersebut, kita sebagai warga negara tidak boleh untuk mengedepankan ego atau kepentingan suatu kelompok atau golongan saja, melainkan lebih mengedepankan kepentingan umum di dalam berdemokrasi.

2.     Mengambil Keputusan Dengan Jalan Musyawarah Mufakat.



5 Contoh Prilaku Yang Mencerminkan Prinsip Demokrasi Pancasila

     Mengambil keputusan dengan cara melalui musyawarah mufakat merupakan salah satu nilai dasar budaya bangsa Indonesia yang sejak lama telah dipraktikkan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Dalam musyawarah mufakat terkandung makna bahwa pada setiap kesempatan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan diperlukan kesadaran dan kearifan (kebijaksanaan) untuk memutuskan suatu persoalan. Untuk itu, sebelum suatu keputusan diterapkan selalu didahului dengan dialog dan mau mendengar pendapat dari berbagai pihak, juga selalu diupayakan untuk memahami terlebih dahulu persoalan-persoalan yang ada. Sehingga Keputusan dengan jalan musyawarah mufakat akan menghasilkan keputusan yang mampu memuaskan banyak pihak sehingga dapat terhindar dari konflik-konflik vertikal dan horizontal. Serta keputusan yang terbaik atas suatu persoalan dapat muncul dan diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

3.     Mengutamakan Persatuan Dan Kesatuan Nasional

5 Contoh Prilaku Yang Mencerminkan Prinsip Demokrasi Pancasila

         Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, sikap untuk lebih mengutamakan kepentingan orang lain (umum) daripada kepentingan pribadi (golongan) sangat penting untuk ditumbuhkan. Kesadaran setiap warga Negara untuk mengutamakan persatuan dan kesatuan merupakan wujud cinta terhadap bangsa dan Negara. Kita sebagai warga Negara yang baik, harus mampu berpikir cerdas dan bekerja keras untuk kepentingan dan kemajuan bangsa dan Negara melalui berbagai bidang kehidupan yang dapat kita lakukan. Makna penting dalam memahami sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan adalah bagaimana kita mampu berbuat tanpa pamrih untuk kepentingan bangsa dan Negara, betapapun itu yang kita lakukan merupakan hal-hal kecil dalam status dan profesi yang kita miliki.

4.     Menjaga Keseimbangan Antara Hak Dan Kewajiban



5 Contoh Prilaku Yang Mencerminkan Prinsip Demokrasi Pancasila


      Setiap manusia sejak kelahirannya, menerima anugerah (fitrah) hak asasi dari Tuhan Yang Maha Esa, yaitu berupa hak hidup, hak kebebasan, dan hak memiliki sesuatu. Penerapan akan hak-hak tersebut bukanlah sesuatu yang mutlak dan tanpa batas. Dalam kehidupan bermasyarakat, ada batas-batas yang harus dihormati bersama berupa hak-hak yang dimiliki oleh orang lain, sehingga batasan norma yang berlaku dapat dipatuhi. Untuk itu, dalam upaya mewujudkan tatanan kehidupan sehari-hari yang berdemokrasi baik perlu diterapkan bagi setiap warga Negara untuk menerima hak asasinya dengan semestinya dan juga melakukan dan mempertanggungjawabkan kewajibannya dengan sebaik-baiknya.

5.     Membudayakan Sikap Yang Adil



5 Contoh Prilaku Yang Mencerminkan Prinsip Demokrasi Pancasila


        Salah satu perbuatan mulia yang dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah mampu bersikap bijak dan adil. Bijak dan adil dalam makna yang sederhana adalah perbuatan yang benar-benar dilakukan dengan perhitungan yang matang, mawas diri, mau memahami yang dilakukan oleh orang lain, dan proporsional. Masyarakat kita perlu mengembangkan budaya bijak dan adil dalam rangka mewujudkan kehidupan yang saling menghormati harkat dan martabat orang lain, tidak melakukan tindakan yang diskriminatif, terbuka, jujur, dan menjaga persatuan dan kesatuan di dalam lingkungan masyarakat sekitar.