7 Konsep-Konsep Dalam Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Terlengkap

7 Konsep-Konsep Dalam Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Terlengkap

7 Konsep-Konsep Dalam Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Terlengkap





Selamat Datang di Web Pendidikan www.edukasinesia.com
Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul  7 Konsep-Konsep Dalam Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Terlengkap


Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya


Pendapatan nasional terdiri dari beberapa konsep, antara lain adalah sebagai berikut:




Konsep Pendapatan Nasional


7 Konsep-Konsep Dalam Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Terlengkap




1.    Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product)

   Produk Domestik Bruto atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Gross Domestic Bruto merupakan jumlah produk yang dihasilkan penduduk di suatu Negara selama periode satu tahun, dari seluruh warganya. Jadi Produk Domestik Bruto (PDB) merupakan nilai produksi penduduk. Produk warga suatu Negara yang tinggal dan melakukan produksi di suatu negeri lain tidak termasuk dalam hitungan PDB, tetapi masuk ke dalam PDB Negara yang ditempati untuk melakukan produksi tersebut. 

Produk Domestik Bruto (PDB) dapat dihitung secara sektoral, yakni dengan menghitung produksi semua sektor, baik itu pertanian, industri, pertambangan, perdagangan dan lain sebagainya.

2.    Produk Nasional Bruto (Gross National Product)

Produk Nasional Bruto atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah Gross National Product merupakan jumlah produk yang dihasilkan warga negara, baik yang berada di dalam maupun luar negeri selama satu tahun. Barang yang dihasilkan oleh warga negara asing yang melakukan produksi di dalam negeri tidak termasuk di dalamnya. Sejalan dengan waktu, orang luar negeri banyak sekali yang tinggal dan melakukan usaha produksi di Indonesia, begitu pula orang Indonesia yang tidak sedikit juga yang tinggal dan bekerja di luar negeri. 

Dalam Produk Nasional Bruto (PNB) produk yang dilakukan oleh warga negara asing di Indonesia adalah milik asing, dan hasil keuntungan orang Indonesia yang bekerja dan berinvestasi di luar negeri adalah milik warga negara Indonesia. Selisih antara penghasilan warga negara Indonesia yang berada di luar negeri dengan penghasilan asing yang ada di Indonesia disebut dengan pendapatan netto terhadap luar negeri. Sehingga untuk mencari angka Produk Nasional Bruto (PNB)  atau Gross National Product (GNP) diperoleh rumus sebagai berikut

GNP  = GDP + Pendapatan netto terhadap luar negeri
                            
                                    atau

PNB  = PDB + Pendapatan netto terhadap luar negeri


3.    Net National Product (NNP)

   Net National Product (NNP) dapat didefinisikan sebagai produk bersih yang dihasilkan oleh warga negara suatu negara selama satu tahun. Pada uraian tentang GNP, ada penjelasan produksi bruto karena masih terdapat penyusutan yang belum diperhitungkan, maka diperoleh rumus Net National Product (NNP) sebagai berikut:

NNP = GNP – Penyusutan


4.    Net National Income (NNI)

   Net National Income (NNI) merupakan pendapatan bersih yang diterima masyarakat selama satu tahun. Pendapatan yang diterima sebagai balas jasa atas faktor produksi yang digunakan untuk proses produksi. Pendapatan bersih nasional (NNI) ini diperoleh dari produk bersih nasional (NNP) dikurangi pajak tidak langsung. Pajak tidak langsung dijadikan pengurang produk, karena pajak tidak langsung  yang berupa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang pada akhirnya dibayar oleh pembeli atau ditambahkan ke harga jual.

Rumus Menghitung NNI adalah :

NNI = NNP – Pajak tidak langsung

5.    Personal Income (PI)

   Personal Income (PI) atau pendapatan perseorangan adalah pendapatan yang diterima oleh setiap orang dalam satu tahun. Tidak seluruh pendapatan bersih diterima langsung oleh seseorang. Di dalam kenyataannya, karyawan atau buruh menerima gaji dan juga tunjangan yang berbentuk fasilitas seperti Jamsostek, pajak penghasilan, dan lain sebagainya. Maka diperoleh rumus Personal Income, yakni sebagai berikut:

PI = NNI – (iuran jaminan sosial + iuran asuransi+laba ditahan+pajak perorangan)+transfer payment

    Transfer payment merupakan pendapatan nasional yang berasal dari hasil produksi, namun digunakan untuk membayar utang kepada pihak luar negeri dan untuk alokasi yang dikembalikan langsung kepada masyarakat dalam bentuk subsidi, hibah (bantuan) ataupun dana pensiun. 

Sebenarnya itu merupakan pendapatan, hanya saja digunakan untuk membayar utang  ke pihak luar negeri, sehingga menambah pendapatan bersih nasional sebagai pendapatan personal. Subsidi dan dana pensiun dari pemerintah juga termasuk transfer payment  yang secara tidak langsung akan menambah pendapatan perseorangan.

6.    Disposible Income (DI)

    Disposible Income (DI) adalah pendapatan bersih. Pendapatan bersih adalah pendapatan yang sudah mutlak menjadi hak perorangan dan tidak lagi ada kewajiban baginya untuk membayar pajak, sehingga rumus Disposible Income adalah sebagai berikut:

DI = PI – pajak langsung

7.    Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB)

   Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan PDB yang lingkupnya lebih kecil. Kalau PDB atau GDP skalanya nasional, sedangkan PDRB lingkupnya hanya regional, yaitu sebuah provinsi atau daerah. Jadi produk domestik dihitung hanya pada daerah yang ditentukan, misalnya PDRB Provinsi Sumatera Utara, PDRB Kabupaten Langkat, PDRB Provinsi Sumatera Selatan, PDRB Provinsi Jawa Timur dan lain sebagainya. Produk di luar daerah tidak dihitung dalam PDRB daerah atau provinsi tersebut. 

Artinya, hanya produk di daerah atau di provinsi tersebut yang dihitung. Tujuan PDRB yaitu merupakan turunan dari PDB, untuk dibandingkan dengan negara lain, sedangkan PDRB untuk membandingkan produksi antardaerah maupun antarprovinsi.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 7 Konsep-Konsep Dalam Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih...
         Salam Edukasi…