5 Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nasional

Ini Dia 5 Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Terlengkap



Ini Dia 5 Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Terlengkap



Selamat Datang di Web Pendidikan www.edukasinesia.com
Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul  Ini Dia 5 Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Terlengkap.

Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya

1.    Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

   Kualitas sumber daya manusia (SDM) ikut menentukan pergerakan pembangunan suatu negara. Sumber daya manusia yang baik akan menghasilkan pembangunan yang berkualitas. Hasil kegiatan yang berkualitas akan meningkatkan pendapatan nasional. Sebagai contoh, Cina dengan predikat sebagai negara dengan penduduk terbesar di dunia mampu menjadi kekuatan ekonomi di Asia bersama dengan Jepang dan Korea Selatan. Lambat laun produk-produk Cina pun mulai dikenal oleh masyarakat. 

Hal ini tentunya tak lepas dari mutu (kualitas) sumber daya manusia di Cina yang tinggi, yang mendorong kegiatan ekonomi yang tinggi di Cina, sehingga berdampak positif pada meningkatnya pendapatan nasional negara Cina.

2.    Keadaan Alam

    Keadaan alam yang meliputi kekayaan sumber daya alam, iklim, kesuburan tanah, dan keadaan geografis dapat mempengaruhi pendapatan nasional sebuah negara. Negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, jika digunakan untuk proses produksi tentu akan menghasilkan keuntungan yang melimpah pula. 

Iklim dan kesuburan tanah yang baik serta keadaan geografis yang strategis, dan keadaan geologis yang stabil (jarang terjadi bencana alam) tentu akan memberikan peluang yang lebih baik untuk melakukan kegiatan ekonomi yang tinggi. Dengan demikian maka akan berdampak positif pada meningkatnya pendapatan nasional suatu negara.

3.    Ketersediaan Modal


Ini Dia 5 Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Terlengkap



   Modal sebagai salah satu faktor produksi yang cukup vital memiliki andil yang cukup besar bagi pendapatan nasional suatu negara. Negara yang memiliki modal yang cukup dan memadai untuk melakukan proses produksi dan mengelola sumber daya yang dimiliki maka dapat dipastikan pendapatan nasionalnya juga akan tinggi. Sedangkan negara yang kekurangan akan modal, tidak bisa mengembangkan kegiatan ekonomi negaranya dengan cepat. 

Bila meminjam modal dari luar, tentu hasilnya (bunga modal) akan menjadi hak negara pemilik modal. Secara kodrat, banyak sekali negara berkembang yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah, akan tetapi mengalami kekurangan modal untuk melakukan proses produksi, dan banyak pula negara-negara maju yang secara alami  kekayaan alamnya yang dimiliki tidak begitu banyak, namun memiliki modal yang besar dan teknologi yang maju sehingga kerja sama di antara negara maju dan berkembang untuk investasi modal sangat mungkin untuk dilakukan.

Adapun negara-negara maju biasanya menginvestasikan modalnya tidak kepada sembarang negara berkembang, namun negara maju memiliki beberapa kriteria khusus, sehingga mereka berani untuk menginvestasikan modal mereka ke negara berkembang, beberapa kriteria tersebut antara lain sebagai berikut:

1)    Kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia
2)    Keamanan dan stabilitas negara tinggi
3)    Birokrasi investasinya mudah dan efisien
4)    Memiliki hukum yang tegas
5)    Tenaga kerja yang dimiliki negara tersebut dengan tingkat upah yang relatif rendah.

4.    Stabilitas dan Kebijakan yang Mantap

      Stabilitas dan keamanan nasional yang tidak stabil dapat mengganggu jalannya kegiatan ekonomi. Investor dan pelaku ekonomi yang lain juga tidak akan berani untuk melakukan usaha produksi apabila dalam wilayah negara tersebut tidak aman. Selain itu, kebijakan pemerintah juga harus jelas, adil dan tegas. 

Ketika kebijakan syarat dengan ketidakjelasan, ketidakadilan, dan ketidaktegasan, akan dapat menghambat jalannya roda perekonomian. Kebijakan yang baik juga haruslah didukung oleh perangkat aparatur negara yang berkualitas agar pelaksanaan kebijakan dapat dilakukan oleh semua pihak dengan penuh tanggung jawab dan konsekuen.


5.    Kesejahteraan Masyarakat

   Masyarakat yang sejahtera atau masyarakat yang memiliki pendapatan yang cukup tinggi (kalangan menengah ke atas) dapat menggulirkan roda perekonomian menjadi semakin baik dan mendorong meningkatnya pendapatan nasional, dengan tingkat konsumsi, tabungan, dan investasi yang tinggi yang mereka lakukan. 

Masyarakat yang sejahtera memiliki daya beli yang tinggi terhadap barang dan jasa. Karena daya beli yang tinggi tersebut, peluang usaha dapat ditimbulkan. Masyarakat yang sejahtera juga memiliki tingkat tabungan yang relatif tinggi, sehingga investasi pun tinggi. Tabungan yang ada di bank-bank kemudian akan diinvestasikan untuk memutar uang dan menjalankan usaha-usaha para pelaku ekonomi yang meminjam, sehingga kegiatan ekonomi dapat berjalan lancar dan pendapatan nasional pun akan bertambah pula.

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Ini Dia 5 Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com  ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…
         Salam Edukasi…