50 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

50 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli


50 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
50 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli



Selamat Datang di Web Pendidikan www.edukasinesia.com
Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul 50 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli


1. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Henry Fayol: Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu, merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan. Sedangkan fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.
2. Pengertian Manajemen Menurut Ahli James A.F. Stoner (2006:Organisasi.org) : Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
3. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Mulayu S.P. Hasibuan (2000:2): Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.
4. Pengertian Manajemen Menurut Ahli T. Hani Handoko (2000:10): Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.
5. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Marry Parker Follet: Manajemen adalah & seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain
6. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Prof. Oie Liang Lee: Manajemen adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
7. Pengertian Manajemen Menurut Ahli The Liang Gie, 1982: Manajemen adalah unsur yang merupakan rangkaian perbuatan menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapai.
8. Pengertian Manajemen Menurut Ahli George R. Terry, 1994: Manajemen dalam bukunya Principles of Management yaitu “Suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni demmi mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya”.
9. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Dr. Sp. Siagian dalam buku & FILSAFAT ADMINISTRASI: Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain
10. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Ordway Tead yang disadur oleh Drs. He. Rosyidi dalam buku ORGANISASI DAN MANAGEMENT: Manajemen adalah Proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukkan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.
11. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Renville Siagian: Manajemen adalah suatu bidang usaha yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh para tenaga ahli terlatih serta berpengalaman.
12. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Richard L.Daft (2002:8): Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya organisasi.
13. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Oxford: Manajemen ialah the process of dealing with or controlling people or things (proses berurusan dengan atau mengendalikan orang atau benda).
14. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Horold Koontz: Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
15. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Lawrence A. Appley: Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
16. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Hilman: Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.
17. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Ricky W. Griffin: Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
18. Pengertian Manajemen Menurut Ahli William H. Newman: Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.
19. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Drs. Oey: Manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan.
20. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Prof. Eiji Ogawa: Manajemen adalah Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk sistem pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.
21. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Federick Winslow Taylor: Manajemen adalah Suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain)atau setiap sistem kerjasama manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan alat-alat perumusan.
22. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Lyndak F. Urwick: Manajemen adalah Forecasting (meramalkan), Planning Orga-nizing (perencanaan Pengorganisiran), Commandin (memerintahkan), Coordinating (pengkoordinasian) dan Controlling (pengontrolan).
23. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Cyril O’donnel: Dalam bukunya yang berjudul Principles of Management mengemukakan, manajemen adalah berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain.
24. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Ensiclopedia of The Social Sciences: Manajemen diartikan sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diarvasi.
25. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Gordon (1976) dalam Bafadal (2004:39): Menyatakan bahwa manajemen merupakan metode yang digunakan administrator untuk melakukan tugas-tugas tertentu atau mencapai tujuan tertentu.
26. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Millet (1954): Manajemen adalah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorganisir secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan.
27. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Davis (1951): Manajemen adalah fungsi dari setiap kepemimpinan eksekutif dimanapun.
28. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Kimball and Kimball (1951): Manajemen terdiri dari semua tugas dan fungsi yang meliputi penyusunan sebuah perusahaan, pembiayaan, penetapan garis-garis besar kebijaksanaan, penyediaan semua peralatan yang diperlukan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan para pejabat terasnya.
29. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Peter Drucker: Dalam buku The Principles of Management yang ditulis oleh pencetus teori bisnis Amerika yang meraih penghargaan Presidential Medal of Freedom di tahun 2002 ini, manajemen adalah organ yang memiliki banyak tujuan untuk mengelola bisnis serta mengelola manajer dan juga mengelola pekerja dan bekerja.
30. Pengertian Manajemen Menurut Ahli Chaster I Bernard : Manajemen adalah seni dan ilmu
31. Pengertian Manajemen menurut Koontz dan Cyril O’donnel, : Manajemen adalah usaha untuk mencapai/menggapai tujuan tertentu melalui kegiatan/usaha orang lain.
32. Pengertian Manajemen menurut R.Terry: Manajemen adalah suatu proses unik dan khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, serta penggerakan dan pengendalian yang dilakukan guna menentukan arah serta mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui pemanfaatan SDM serta sumber daya lain.
33. Pengertian Manajemen menurut Lawrence A. Appley : Manajemen adalah seni untuk mencapai tujuan tertentu yang dilakukan oleh orang lain/usaha orang lain.
34. Pengertian Manajemen menurut Drs/ Oey Liang Lee : Manajemen adalah ilmu dan seni perencaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengawasan terhadap SDM guna mencapai tujuan tertentu yang telah ditentukan.

35. Pengertian Manajemen menurut James A.F.Stoner : Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, leadership, serta pengendalian upaya dari anggota organisasi tersebut serta penggunaan Sumber daya yang tersedia di organisasi tersebut guna mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan organisasi sebelumnya.

36. Pengertian Manajemen menurut Mary Parker Follet : Manajemen adalah seni, karena untuk melakukan/menyelesaikan pekerjaan tertentu yang dilakukan oleh orang lain membutuhkan keterampilan tertentu.

37. Pengertian Manajemen menurut Hilman : Manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama.

38. Pengertian Manajemen menurut Encyclopeia of The Social Science :Manajemen adalah suatu proses pelaksanaan untuk mencapai tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diawasi.

39. Pengertian Manajemen menurut G.R. Terry : Manajemen adalah suatu kerangka kerja/proses yang membutuhkan pengarahan dan bimbingan suatu kelompok orang-orang untuk mencapai tujuan organisasi yang nyata.

40. Pengertian Manajemen menurut Ricky W. Griffin : Manajemen adalah proses perencanaan / planning, pengorganisasian, pengkoordinasisasian, serta pengontrolan setiap sumber daya yang ada guna mencapai tujuan ataupun goals yang telah ditentukan dengan efektif dan efisien. Efektif berarti tujuan dapat dicapai sesuai dengan rencana yang ada, dan efisien berarti dilaksanakan dengan benar dan terorganisir yang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
41. Pengertian Manajemen menurut Henry Fayol : Manajemen adalah ilmu yang mengandung gagasan/ide 5 fungsi utama yaitu merancang, memerintah, mengorganisasi, mengendalikan dan mengoordinasi.
42. Pengertian Manajemen  menurut Chaster I Bernard : Manajemen adalah seni dan ilmu.
43. Pengertian Manajemen menurut  Federick Winslow Taylor : Manajemen adalah sebuah percobaan yang dilakukan secara sungguh-sungguh guna menghadapi setiap persoalan yang muncul dalam setiap kepemimpinan perusahaan/organisasi lain/ setiap sistem kerjasama yang dilakukan setiap manusia dengan sikap serta jiwa seorang sarjana serta penggunaan alat-alat perumusan.
44. Pengertian Manajemen menurut Lyndak F.Urwick : Manajemen adalah meramalkan/forecasting, perencanaan pengorganisiran / planning orga-nizing, memerintahkan / commanding, pengkoordinasian / coordinating serta pengontrollan / controlling.
45. Pengertian Manajemen menurut Prof. Eiji Ogawa : Manajemen adalah perencanaan, pengimplementasian serta pengendalian dari setiap kegiatan termasuk di dalamnya pembuatan barang yang dilakukan oleh setiap organisasi usaha dengan sebelumnya sudah menetapkan setiap sasaran/tujuan untuk kerja yang disempurnakan sesuai dengan kondisi (fleksibel).
46. Pengertian Manajemen menurut Dr. Ahuja : Manajemen adalah pihak-pihak yang menawarkan/menyediakan jasa untuk bidang yang berhubungan dengan manajemen.
47. Pengertian Manajemen menurut Renville Siagian : Manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.
48. Pengertian Manajemen menurut Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A : Manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dai tanggung jawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.
49. Pengertian Manajemen menurut William H. Newman : Manajemen adalah fungsi yang saling berhubungan untuk mencapai hasil tertentu melalui orang lain.
50. Pengertian Manajemen menurut Drs. Oey : Manajemen adalah perencanaan / planning, pengorganisasian / organizing,  pengarahan, pengkoordinasian serta pengontrollan.

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 50 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.


Terima Kasih…
Salam Edukasi…