33 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

 
33 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

33 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pengertian kurikulum menurut para ahli:


1) Pengertian kurikulum menurut Dr. H. Nana Sudjana: kurikulum yakni semua niat atau harapan yang dituangkan ke dalam bentuk rencana atau program pendidikan yang diselenggarakan oleh para pendidik di sekolah.


2) Pengertian kurikulum menurut Prof. Drs. H. Darkir: kurikulum adalah salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Selain itu kurikulum merupakan program pendidikan dan bukan hanya program pengajaran, sehingga program tersebut direncanakan dan dirancang sebagai bahan ajar serta pengalaman belajar.


3) Pengertian kurikulum menurut Harsono: kurikulum adalah suatu gagasan pendidikan yang dinyatakan melalui praktik. Selain itu, kurikulum itu tidak hanya sebagai gagasan pendidikan, akan tetapi seluruh program pembelajaran yang terencana dari institusi pendidikan nasional.


4) Pengertian kurikulum menurut Prof. Dr. Henry Guntur Tarigan: kurikulum adalah suatu formulasi pedagogis yang paling utama dan juga menjadi yang terpenting dalam konteks proses belajar mengajar.


5) Pengertian kurikulum menurut Kerr, J.F: kurikulum ialah segala bentuk pembelajaran yang dirancang dan dilakukan  secara individu maupun kelompok, baik itu di sekolah maupun di luar sekolah.


6) Pengertian kurikulum menurut Neagley & Evans: kurikulum adalah sebuah pengalaman yang dirancang dari pihak sekolah guna membantu para anak didik dalam mencapai hasil belajar yang memuaskan.


7) Pengertian kurikulum menurut H. Hasan: kurikulum itu bersifat fleksibilitas. Yaitu menjadi pemikiran kependidikan oleh diklat. Dalam posisi teoritik, perlu ditingkatkan dalam kurikulum sebagai sesuatu yang terencana serta dianggap sebagai kaidah pengembang kurikulum.


8) Pengertian kurikulum menurut Drs. Cece Wijaya, dkk: kurikulum adalah keseluruhan program serta kehidupan di dalam sekolah.


9) Pengertian kurikulum menurut William B. Ragam & Roberts S. Flaming: kurikulum adalah pengalaman peserta didik yang menjadi tanggung jawab pihak sekolah atau lembaga pendidikan.


10) Pengertian kurikulum menurut David Praff: kurikulum adalah seperangkat organisasi dari pendidikan formal atau pusat-pusat pelatihan pembelajaran.


11) Pengertian kurikulum menurut Inlow: kurikulum ialah berbagai usaha menyeluruh yang dibuat dan dirancang secara khusus untuk membimbing peserta didik dalam mendapatkan hasil belajar dari pembelajaran yang telah ditetapkan.


12) Pengertian kurikulum menurut Donald E. Orlasky, Peter F. Olivva & Othanel Smith: kurikulum adalah berbagai bentuk perencanaan atau program dari pengalaman peserta didik yang diarahkan dan juga dikembangkan di sekolah.


13) Pengertian kurikulum menurut Saylor: kurikulum adalah satu dari keseluruhan usaha dari pihak sekolah untuk proses belajar mengajar baik itu dilaksanakan secara langsung di dalam kelas  maupun di luar sekolah.


14) Pengertian kurikulum menurut Crow and Crow: kurikulum ialah segala rancangan dalam pengajaran yang tersusun secara sistematis untuk menyelesaikan program dalam mendapatkan ijazah.


15) Pengertian kurikulum menurut Beauchamp: kurikulum adalah salah satu dokumen tertulis yang berisikan mata pelajaran yang akan diajarkan kepada anak didik melalui berbagai mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, dan juga rumusan masalah dalam kehidupan anak didik tersebut.


16) Pengertian kurikulum menurut Grayson: kurikulum adalah suatu perencanaan dalam memperoleh pengeluaran yang diinginkan dari suatu pembelajaran yang sudah diajarkan.


17) Pengertian kurikulum menurut Smith: kurikulum merupakan sebuah rangkaian pengalaman yang secara potensial dapat diberikan kepada anak, jadi dapat disebutkan potential curriculum.


18) Pengertian kurikulum menurut Murray Print: kurikulum adalah sesuatu yang menjadi seluruh ruang pembelajaran yang telah direncanakan dan diberikan kepada pelajar oleh lembaga pendidikan dan juga pengalaman yang akan dinikmati oleh siswa pada saat kurikulum tersebut diterapkan.


19) Pengertian kurikulum menurut Daniel Tanner dan Laurel Tanner: kurikulum ialah suatu pengalaman dari pembelajaran yang sudah terarah dan juga terencana yang mana sebelumnya telah disusun melewati proses dari rekonstruksi pengalaman dan pengetahuan yang sistematis dan berada pada bawah pengawasan lembaga pendidikan.


20) Pengertian kurikulum menurut Hilda Taba: kurikulum adalah salah satu rancangan pembelajaran, yang mana telah disusun dengan mempertimbangkan beberapa hal tentang proses dari pembelajaran dan juga perkembangan individunya.


21) Pengertian kurikulum menurut Romine: kurikulum adalah segala sesuatu yang didalamnya sudah terdapat seluruh temu pembelajaran, kegiatan dan juga pengalaman yang nantinya akan diikuti oleh para pelajar dengan petunjuk dari sekolah, hal tersebut dapat dilakukan di dalam maupun di luar kelas.


22) Pengertian kurikulum menurut Soedijarto: kurikulum adalah serangkaian pengalaman dan kegiatan belajar yang direncanakan untuk diatasi oleh siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh suatu lembaga pendidikan yang berwenang.


23) Pengertian kurikulum menurut Webster’s: kurikulum adalah sebuah rancangan sejumlah mata pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa untuk naik kelas atau mendapatkan ijazah (menyelesaikan studinya).


24) Pengertian kurikulum menurut Hassibuan: kata curriculum sendiri berasal dari kata “currere yang berarti berlari cepat, tergesa-gesa, menjelajahi, menjalani, dan berusaha.


25) Pengertian kurikulum menurut Wikipedia: kurikulum berasal dari bahasa inggris yakni kata curriculum yang berarti rencana pelajaran.


26) Pengertian kurikulum menurut Harold B. Albertsycs: kurikulum adalah suatu kegiatan yang disediakan oleh sekolah untuk siswa. Dalam hal ini, kurikulum tidak terbatas pada mata pelajaran saja, tetapi termasuk berbagai kegiatan lain di dalam dan di luar kelas yang diselenggarakan oleh sekolah.


27) Pengertian kurikulum menurut John Foxton Kerr: kurikulum ialah salah satu pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan secara individu ataupun berkelompok, baik di sekolah maupun di luar sekolah.


28) Pengertian kurikulum menurut J. Galen Saylor dan William M. Alexander: kurikulum adalah semua upaya sekolah untuk mempengaruhi pembelajaran, baik di ruang kelas, di taman bermain, atau di luar sekolah.


29) Pengertian kurikulum adalah J. Lloyd Trump dan Delmas F. Miller: kurikulum adalah segala hal yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran, termasuk metode mengajar, cara mengevaluasi murid, program studi, bimbingan dan penyuluhan, supervisi dan administrasi, serta hal-hal struktural terkait dengan waktu, jumlah ruangan serta kemungkinan memilih mata pelajaran.


30) Pengertian kurikulum menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS: kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.


31) Pengertian kurikulum menurut Prof. Dr. S. Nasution, M.A: kurikulum adalah suatu rencana yang disusun untuk memperlancar proses kegiatan belajar mengajar di bawah naungan, binaan & tanggung jawab sekolah/lembaga pendidikan.



32) Pengertian kurikulum menurut Good V. Carter: kurikulum adalah seperangkat mata pelajaran atau rangkaian pembelajaran yang sistematis.


33) Pengertian kurikulum menurut Valiga T & Magel C: kurikulum adalah rangkaian pengalaman yang telah ditentukan oleh sekolah untuk mendisiplinkan cara berpikir dan bertindak siswa.


34) Pengertian kurikulum menurut Bara, Ch: ia mengkonsepkan kurikulum menjadi 4 definisi yaitu:

a) Kurikulum sebagai suatu produk

b) Kurikulum sebagai program,

c) Kurikulum sebagai hasil yang diinginkan atau dicapai

d) Kurikulum sebagai pengalaman belajar