23 Pengertian Kesenian Menurut Para Ahli

 
23 Pengertian Kesenian Menurut Para Ahli

23 Pengertian Kesenian Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian kesenian menurut para ahli

Berikut ini merupakan beberapa pengertian kesenian menurut para ahli

1) Pengertian seni menurut Aristoteles: Aristoteles menjelaskan dan memaparkan bahwa seni sejatinya adalah sebuah peniruan terhadap alam yang memiliki sifat tepat guna atau ideal, sesuai dengan proporsi alam. Akan tetapi pendapat ini bisa menampik kekuatan seni yang sejatinya bisa diekspresikan bahkan jika sebuah karya tersebut adalah hanya dimiliki oleh imajinasi seseorang dan bersifat tidak mungkin.


2) Pengertian seni menurut J.J Hogman: menurut J.J Hogman seni memiliki tiga poin atau tiga pilar utama, yaitu ideas, activities, dan artifact. Ideas bisa diartikan dengan wujud seni sebagai suatu yang kompleks dari ide-ide, gagasan-gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan dan sebagainya. Sedangkan activites dapat diartikan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam berkesenian. Dan terakhir artifact dapat diterjemahkan sebagai wujud seni melalui hasil karya yang dihasilkan oleh manusia.


3) Pengertian seni menurut Drs. Popo Iskandar: seni menurut Drs. Popo Iskandar digambarkan dengan sebagai sarana komunikasi yang diungkapkan dalam sebuah karya sehingga dapat memberikan suatu bentuk pengalaman berupa kesadaran sosial bagi manusia dalam menjalani kehidupannya baik di skala kelompok maupun masyarakat luas.


4) Pengertian seni menurut Ahdian Karta Miharja: menurut Ahdian seni merupakan kegiatan jiwa yang merefleksikan realitas dalam suatu karya yang bentuk & isinya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam jiwa penerimanya.


5) Pengertian seni menurut Drs. Sudarmaji: menurut Drs. Sudarmaji seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa seni bukan hanya sebuah karya akan tetapi tumbuh menjadi sebuah manifestasi batin yang di dalamnya akan menggugah suatu pengalaman yang memiliki keindahan dengan menggunakan berbagai media dalam berkesenian seperti media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan juga gelap serta terang.


6) Pengertian seni menurut Ki Hajar Dewantara: seni adalah suatu tindakan atau aktivitas dari perbuatan yang dilakukan oleh manusia yang bermula dari perasaan yang diidentikkan dengan perasaan yang indah-indah yang akhirnya dapat dan sampai ke jiwa dan memiliki pengaruh emosional terhadap perasaan yang ditimbulkan dari melihat atau mendengar sebuah seni.


7) Pengertian seni menurut Plato & Rousseau: seni merupakan sebuah tiruan alam yang mencakup keseluruhan segi dari alam semesta ini.


8) Pengertian seni menurut Schopenhaur: seni merupakan kegiatan yang menyenangkan melalui penciptaan sesuatu bentuk (hasil karya). Sebagai contoh Schopenhaur menyatakan bahwa semisal seni musik akan sangat dicintai oleh semua orang dari berbagai kalangan walaupun seni musik dianggap sebagai sebuah seni yang paling abstrak akan tetapi selalu menjadi seni yang dapat dinikmati.


9) Pengertian seni menurut Drs. Suwaji Bastomi: seni adalah sebuah kegiatan atau aktivitas batin bagi seseorang yang nantinya akan menghasilkan pengalaman estetika berupa karya yang agung dan memiliki daya tarik yang membuat orang lain merasa takjub dan haru.


10) Pengertian seni menurut Kutjaraningrat: seni pada dasarnya adalah suatu ide atau gagasan yang timbul dari manusia yang kemudian diwujudkan atau direalisasikan dalam bentuk sebuah benda yang akhirnya disebut sebagai karya seni. Benda-benda tersebut akan memiliki sebuah ide, gagasan, nilai, norma, dan aturan sesuai tindakan berpola dari manusia dalam menjalani kehidupannya di masyarakat.


11) Pengertian seni menurut Eric Ariyanto: seni adalah suatu kegiatan rohani atau aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.


12) Pengertian seni menurut Irving Stone: seni adalah sesuatu yang sangat fundamental dalam kehidupan manusia. Stone bahkan menganggap bahwa seni adalah sebagai suatu kebutuhan dasar bagi manusia seperti halnya roti atau anggur. Stone menjelaskan dengan sangat tajam bahwa seni memang adalah salah satu bagian dalam kehidupan manusia yang bersifat pokok, seni tidak dianggap sebagai sesuatu yang mewah, dan mengecap bahwa orang yang tidak menganggap seni adalah sebagian dari dasar hidup mereka adalah orang-orang yang tidak utuh secara lahir rohani.


13) Pengertian seni menurut William A. Haviland: seni adalah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan suatu imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.


14) Pengertian seni menurut Ira Andriati, M.Sn: seni adalah proses dan produk dari memilih medium dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, dan untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.


15) Pengertian seni menurut Nuning Y Damayanti: Nuning Y Damayanti menjelaskan kesenian sebagai yang dahulu hanya sebuah proses dalam kehidupan manusia yang memiliki kesamaan kedudukan dengan ilmu. Saat ini kemudian menganggap seni sebagai bahan dari ekspresi dari kreativitas yang dihasilkan oleh manusia.


16) Pengertian seni menurut Emmanuel Kant: seni adalah impian yang tiada batasnya, artinya sebuah kesenian adalah penghancur tembok ketidakmampuan atas keterbatasan kenyataan yang ada dalam kehidupan. Seni dapat mengandalkan imajinasi sekalipun itu tidak mungkin, akan tetapi tetap menjadi sebuah karya yang dapat dinikmati.


17) Pengertian seni menurut Alexander Baum Garton: seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan. Alexander menyatakan bahwa seni adalah sebuah keindahan yang akan menghubungkan seorang penikmat seni menuju perasaan bahagia atas dasar keterikatan emosional dari penciptaan sebuah karya seni.


18) Pengertian seni menurut KBBI: menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kesenian adalah perihal seni; keindahan.


19) Pengertian seni secara umum: kesenian adalah bagian dari budaya dan merupakan sarana yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Selain mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia, kesenian juga mempunyai fungsi lainnya.


20) Pengertian seni menurut Ensiklopedi Indonesia: seni merupakan ciptaan dari segala hal, karena keindahannya orang senang untuk melihat ataupun mendengarkannya.


21) Pengertian seni menurut Herbert Read: seni adalah ekspresi dari penuangan hasil pengamatan dan pengalaman yang dihubungkan dengan perasaan, aktivitas fisik dan psikologis ke dalam bentuk karya.


22) Pengertian seni menurut I Made Bandem: seni adalah dunia ide dan juga rasa berselimut estetika yang manifestasinya disebut karya seni. Sedangkan mengenai bentuk dan isinya tergantung dari jenis seninya, apakah itu seni tari, karawitan, pedalangan, seni rupa, seni sastra, dan lain sebagainya.


23) Pengertian seni menurut R.M Wisnoe Wardana: kesenian adalah buah budi manusia dalam menyatakan nilai-nilai, keindahan dan keluhuran lewat berbagai media sebagai berikut

a. Seni gerak lewat media gerak dan sikap, contohnya: seni tari, seni beladiri, senam irama modern, akrobatik, pantomime dsb.

b. Seni suara, lewat nada dan suara.

c. Seni bangunan, lewat ruang dan susbtansinya.

d. Seni rupa, lewat garis dan warna.

e. Seni sastra, lewat pengertian kata.