34 Pengertian Moral Menurut Para Ahli

 
34 Pengertian Moral Menurut Para Ahli

34 Pengertian Moral Menurut Para Ahli 


Terdapat beberapa pengertian moral menurut para ahli.

Berikut ini merupakan beberapa pengertian moral menurut para ahli

1) Pengertian moral menurut Wantah: moral adalah sesuatu yang berkaitan atau ada hubungannya dengan kemampuan menentukan benar salah dan baik buruknya tingkah laku.


2) Pengertian moral menurut Chaplin: moral adalah segala akhlak yang cocok dengan ketentuan sosial, atau mencantol hukum atau adat kelaziman yang menata tingkah laku.


3) Pengertian moral menurut W.J.S. Poerdarminta: moral adalah segala sesuatu mengenai doktrin moral dari tindakan baik dan buruk dan perilaku.


4) Pengertian moral menurut Dian Ibung: moral adalah segala nilai (value) yang berlaku dalam sebuah lingkungan sosial dan menata tingkah laku seseorang.


5) Pengertian moral menurut Zainnuddin Saifullah Nainggolan: moral adalah salah satu tendensi rohani untuk mengerjakan seperangkat standar dan norma yang menata perilaku seseorang dan masyarakat.


6) Pengertian moral menurut Magnis Susino: moral tidak jarang kali mengacu pada baik orang kurang mampu sebagai manusia, sampai-sampai aspek moral kehidupan insan dalam hal kebajikan sebagai manusia.


7) Pengertian moral menurut W. Poespoprojo: moral adalah sesuatu dengan kualitas yang dalam perbuatan insan yang mengindikasikan bahwa perbuatan tersebut benar atau salah, baik atau buruk. Moralitas merangkum tentang baik-buruknya tindakan manusia.


8) Pengertian Moral menurut Baron dkk: moral yang berhubungan dengan pelarangan dan mendiskusikan perbuatan yang benar atau salah.


9) Pengertian moral menurut Shaffer: moral adalah sebuah kaidah norma yang dapat menata perilaku suatu pribadi dalam menjalankan hubungan dan kerjasama di lingkungan masyarakat menurut aturan yang berlaku.


10) Pengertian moral menurut Russel Swanburg: moral adalah sesuatu pengakuan dari pemikiran yang bersangkutan dengan keantusiasan seseorang dalam bekerja dimana urusan tersebut dapat memicu perilaku seseorang tersebut.


11) Pengertian moral menurut A. Mustafa: moral adalah sebagai penentuan dasar perilaku mana yang baik dan yang buruk melewati pengamatan pada perbuatan insan sejauh akal benak mereka.


12) Pengertian moral menurut Dewey: moral ini sebagai sekian banyak masalah moral yang sehubungan dengan nilai-nilai moral.


13) Pengertian moral menurut Wiwit Wahyuning: moral adalah saat seseorang berkata tentang nilai moral pada lazimnya akan tersiar sebagai sikap dan tindakan setiap individu terhadap kehidupan orang lain.


14) Pengertian moral menurut Gunarsa: moral adalah seperangkat dari nilai-nilai sekian banyak perilaku yang mesti dipatuhi.


15) Pengertian moral menurut Imam Sukardi: moral adalah suatu karakter yang dicirikan sebagai sesuatu yang baik dalam masyarakat melewati nilai-nilai yang diterapkan bersama.


16) Pengertian moral menurut Al-Ghazali: moral atau akhlak merupakan suatu perangai, watak, atau tabiat yang menetap powerfull dalam jiwa insan dan adalah sumber timbulnya perbuatan tertentu secara gampang dan ringan.


17) Pengertian moral menurut Wijaya: moral adalah sebuah doktrin baik dan buruk tentang tindakan atau kelakukan (akhlak).


18) Pengertian moral menurut James  J. Spillane SJ: moral seseorang diperoleh dari tingkah laku manusia saat mengambil keputusan yang terdapat hubungannya dengan moral dimana dengan kata lain lebih mengarah pada pemakaian akal pada insan melalui sesuatu yang mempunyai sifat objektif dalam mendefinisikan salah atau benarnya serta bisa menilai tingkah laku seseorang pada orang lain.


19) Pengertian moral menurut Immanuel Kant: moral adalah sesuatu urusan keyakinan serta sikap batin dan tidak saja hal sebatas penyesuaian dengan sejumlah aturan dari luar, entah tersebut aturan berupa hukum negara, hukum agama, atau hukum adat-istiadat.


20) Pengertian moral menurut Wikipedia: moral adalah salah satu pesan yang diucapkan atau latihan yang dapat dipetik dari cerita atau peristiwa.


21) Pengertian moral menurut Kamus Psikologi: moral adalah sesuatu urusan yang mengacu untuk akhlak yang cocok dengan ketentuan sosial, atau mencantol hukum atau adat kelaziman yang menata tingkah laku.


22) Pengertian moral menurut Merriam Webster: moral ini tentang atau sehubungan erat dengan apa yang benar dan salah dalam perilaku manusia, dirasakan benar dan baik oleh banyak sekali orang cocok dengan standar perilaku yang tepat pada kumpulan atau masyarakat tersebut.


23) Pengertian moral menurut Hurlock: moral adalah suatu tata cara, kebiasaan, dan adat. Perilaku moral dikendalikan konsep-konsep moral atau ketentuan perilaku yang sudah menjadi kebiasaan untuk anggota sebuah budaya.


24) Pengertian moral menurut Maria Asssumpta: moral yakni sejumlah aturan-aturan (rule) tentang sikap (attitude) dan perilaku insan (human behavior) sebagai manusia.


25) Pengertian moral menurut Elizabeth B. Hurlock: moral yaitu suatu kebiasaan, tata cara, dan adat dari suatu ketentuan perilaku yang sudah menjadi kebiasaan untuk anggota suatu kebiasaan dalam masyarakat.


26) Pengertian moral menurut Russel Swanburg: moral adalah semua pengakuan dari pemikiran yang bersangkutan dengan keantusiasan seseorang dalam bekerja dimana urusan tersebut dapat memicu perilaku seseorang tersebut.


27) Pengertian moral menurut Maria J. Wantah: moral adalah sesuatu yang bersangkutan dengan keterampilan dalam menentukan benar atau salah serta baik atau buruknya sebuah perilaku pada diri seseorang.


28) Pengertian moral menurut Sonny Keraf: moral adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai dasar guna menilai perbuatan seseorang yang dirasakan baik atau buruk di dalam sebuah masyarakat.


29) Pengertian moral menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): moral ialah

a) Ajaran mengenai baik buruk yang diterima umum tentang perbuatan, sikap, dan keharusan serta akhlak, budi pekerti, dan susila

b) Suatu situasi mental yang menciptakan orang tetap berani, bersemangat, bergairah, berdisiplin, isi hati atau suasana perasaan sebagaimana terungkap dalam perbuatan.

c) Segala doktrin kesusilaan yang bisa ditarik dari sebuah cerita.


30) Pengertian moral menurut Hanani Silfia: moral sebagai proses civilization yang berlangsung secara terencana dan gradualistik. Dengan kata lain proses pendidikan tidak berlangsung begitu saja, tetapi terdapat penetasan sistem atau perangkat untuk mengoperasionalkan secara holistik dan integral karena pendidikan terkait dengan perubahan mental dan moral manusia.


31) Pengertian moral menurut Drs. Eb. Subakti, MA: perkembangan moral sangat penting diperhatikan karena sisi moral akan menuntun dan mengendalikan semua tindak tanduk anak agar tetap berjalan dalam koridor yang patut.


32) Pengertian moral menurut Komaruddin Hidayat dan Puput Widjanarko: pengetahuan tentang moral yang harus ditanamkan kepada anak-anak menurut pengetahuan dan pemahaman moral adalah prasarat bagi tindakan moral. Tidak ada seorang pun yang bertindak atas dasar prinsip moral atau aturan tanpa terlebih dahulu memiliki kesadaran tentang hal itu.


33) Pengertian moral menurut J. Douma: moral adalah segala kesusilaan yang berlaku.


34) Pengertian moral menurut Suseno: kata moral selalu mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia.