21 Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli, Unsur-unsur, Ciri-ciri, dan Faktor Pembentukan Bangsa

21 Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli, Unsur-unsur Bangsa, Ciri-ciri Bangsa dan Faktor Pembentukan Bangsa Beserta Penjelasannya Terlengkap

 


21 Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli, Unsur-unsur Bangsa, Ciri-ciri Bangsa dan Faktor Pembentukan Bangsa Beserta Penjelasannya Terlengkap


Pengertian bangsa menurut para ahli I Secara umum bangsa dapat didefinisikan sebagai kesatuan orang-orang yang sama asal keturunan, adat, agama, dan historisnya. Bangsa merupakan sekelompok besar manusia yang memiliki cita-cita moral dan hukum yang terikat menjadi satu karena keinginan atau cita-cita bersama dan pengalaman sejarah di masa lampau serta mendiami wilayah dalam suatu negara. Selain definisi tersebut, berikut ini www.edukasinesia.com berikan 21 pengertian bangsa menurut para ahli.


Berikut ini merupakan beberapa pengertian bangsa menurut para ahli:


Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

1) Pengertian bangsa menurut ahli Hans Kohn: bangsa adalah hasil proses perjuangan sejarah, bangsa itu merupakan golongan yang majemuk dan tidak dapat dirumuskan dengan esakta. Hal tersebut terbukti dengan adanya faktor obyektif yang melatarbelakangi dan menjadi ciri khas suatu bangsa, seperti persamaan ras, bahasa, wilayah, adat istiadat, dan agama.


2) Pengertian bangsa menurut ahli Ernest Renan: bangsa adalah satu jiwa yang melekat pada sekelompok manusia yang merasa dirinya bersatu karena memiliki nasib dan penderitaan yang sama pada masa lampau dan memiliki cita-cita yang sama tentang masa depan.


3) Pengertian bangsa menurut ahli Otto Van Bauer: bangsa adalah suatu kelompok manusia yang memiliki karakter “watak” yang sama yang terbentuk karena adanya perasaan senasib yang sama.


4) Pengertian bangsa menurut ahli Jacobsen dan Lipman: bangsa adalah kelompok manusia yang terlahir karena adanya satu kesatuan budaya “cultural unity” dan satu kesatuan politik “Political Unity”.


5) Pengertian bangsa menurut ahli Joseph Stalin: bangsa adalah suatu bangsa terbentuk secara historis merupakan komunitas rakyat yang stabil yang terbentuk atas dasar kesamaan bahasa, wilayah, ekonomi serta perasaan psikologis yang terwujud dalam budaya bersama.


6) Pengertian bangsa menurut ahli Friederich Ratzel: bangsa adalah kelompok manusia yang terbentuk karena adanya hasrat “kemauan” untuk bersatu yang timbul dari adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya.


7) Pengertian bangsa menurut ahli Benedict Anderson: bangsa adalah suatu komunitas politik yang dibayangkan “imagined community” dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat.


8) Pengertian bangsa menurut ahli Anthony D Smith: bangsa adalah komunitas yang memiliki nama, menguasai suatu tanah air, memiliki mitos-mitos dan sejarah bersama, budaya politik bersama, perekonomian tunggal dan hal serta kewajiban bersama bagi semua anggotanya.


9) Pengertian bangsa menurut ahli Lothrop Stoddard: bangsa adalah suatu kepercayaan yang dimliki oleh orang yang cukup banyak bahwa mereka merupakan suatu bangsa.


10) Pengertian bangsa menurut ahli Ki Bagoes Hadikoesoemo: bangsa adalah bersatunya orang dengan tempat ia berada, persatuan antar orang dengan wilayah.


11) Pengertian bangsa menurut Wikipedia: bangsa adalah suatu kelompok manusia yang dianggap nasional memiliki identitas bersama dan mempunyai kesamaan bahasa, agama, ideologi, budaya dan sejarah. Mereka umumnya dianggap memiliki asal-usul keturunan yang sama.


12) Pengertian bangsa menurut KBBI: bangsa adalah sekelompok individu yang tinggal di dalam sebuah ikatan batin dan dipersatukan karena sama-sama memiliki persamaan sumber sejarah serta cita-cita.


13) Pengertian bangsa menurut Guibernau: bangsa adalah sebuah negara kebangsaan memiliki unsur-unsur yang penting sebagai pengikat diantaranya psikolog, kebudayaan, teritorial, sejarah, politik serta masa depan yang sama.


14) Pengertian bangsa menurut Rawink: bangsa adalah sekumpulan dari manusia yang bersatu padu atas sebuah wilayah dan juga memiliki keterikatan terhadap wilayah tersebut, bagi kumpulan manusia tersebut, batas teritorial tertentu adalah hal yang paling dapat dilihat dari letaknya dalam geografis atas wilayah tertentu.


15) Pengertian bangsa menurut Rudolf Kjellen: bangsa adalah sebuah analisis atau analogi yang membandingkan antara bangsa dan suatu organisme biotik dengan cara menyamakan dari jiwa bangsa berdasarkan nafsu hidup organisme tersebut. Maka hasilnya akan terciptalah satu bangsa memiliki dorongan terhadap kehendaknya untuk hidup, bertahan, serta untuk bertindak sesuka hati mereka “berkuasa”.


16) Pengertian bangsa menurut Kranenburg: bangsa adalah suatu organisasi kekuasaan yang diciptakan oleh sekelompok manusia pada negara.


17) Pengertian bangsa menurut Muhammad Hata: bangsa adalah suatu persatuan yang ditentukan oleh keinsyafan, sebagai suatu persekutuan yang tersusun menjadi satu yaitu terbit karena percaya atas persamaan nasib dan tujuan.


18) Pengertian bangsa menurut Soekarno: suatu  bangsa disamping memiliki ciri-ciri tertentu juga harus ditandai oleh adanya kesamaan rasa cinta tanah air.


19) Pengertian bangsa menurut ahli ilmu sosiologis dan antropologis: bangsa adalah persekutuan kehidupan yang berdiri sendiri, dimana setiap anggota dari persekutuan kehidupan tersebut akan merasa satu agama, bahasa, ras, serta istiadat. Namun di lain pihak ada anggapan persekutuan kehidupan ialah suatu wadah perkumpulan dari semua orang yang saling memerlukan dan bekerja sama guna memperoleh tujuan yang sama di wilayah tertentu.


20) Pengertian bangsa menurut Budiardjo: bangsa merupakan instrumen (agensi) dari orang-orang yang memiliki kekuatan untuk mengatur hubungan manusia dalam masyarakat dan untuk mengekang gejala-gejala kekuasaan dalam masyarakat.


21) Pengertian bangsa menurut Jutmini dkk: bangsa merupakan suatu bentuk organisasi kelompok atau masyarakat orang yang memiliki kekuatan untuk mengatur hubungan, menjaga ketertiban, dan menetapkan tujuan untuk kehidupan bersama.


Unsur-unsur Bangsa

Suatu bangsa dapat terbentuk apabila memiliki unsur-unsur sebagai berikut:

a. Memiliki keinginan untuk bersatu

b. Memiliki persamaan nasib di masa lampau

c. Memiliki kehendak untuk membentuk pemerintahannya sendiri

d. Memiliki kesamaan karakter, budaya, bahasa, dan karakteristik lainnya sehingga bisa dibedakan dengan bangsa yang lain.

e. Tinggal bersama-sama di dalam suatu wilayah tertentu


Ciri-ciri Bangsa

Selain unsur-unsur tersebut, suatu bangsa juga memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

a. Memiliki nama

b. Memiliki wilayah tertentu

c. Adanya kenangan bersama

d. Adanya satu atau beberapa budaya yang sama dan solidaritas tertentu

e. Adanya mitor leluhur bersama


Faktor-faktor Pembentukan Bangsa

Di samping ciri-ciri tersebut, suatu bangsa juga memiliki faktor-faktor pembentuk. Adapun faktor-faktor pembentukan bangsa antara lain terdiri atas:

a. Primordial, yang termasuk dalam faktor ini yakni ikatan kekerabatan, kesamaan suku bangsa, daerah, bahasa, dan adat istiadat.


b. Tokoh, menjadi salah satu faktor pembentuk bangsa karena bagi masyarakat, tokoh dijadikan sebagai panutan untuk mewujudkan misi-misi bangsa.


c. Sejarah, menjadi salah satu faktor pembentukan bangsa karena sejarah atau pengalaman masa lampau seperti penderitaan akan melahirkan solidaritas sehingga memungkinkan untuk membentuk satu tekad dan satu tujuan antar kelompok masyarakat.


d. Perkembangan ekonomi, menjadi salah satu faktor pembentukan bangsa karena semakin meningkatnya perkembangan ekonomi maka semakin beragam pula kebutuhan masyarakat, sehingga membuat masyarakat semakin ketergantungan satu sama lain dan secara tidak langsung akan membuat masyarakat ingin membentuk satu kesatuan yakni bangsa sebagai jalan untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain.


e. Sakral, menjadi salah satu faktor pembentukan bangsa karena dalam faktor ini yaitu adanya kesamaan agama yang dianut oleh masyarakat dan dalam hal ini agama dapat membentuk suatu ideologi doktrin yang kuat dalam masyarakat, sehingga keterkaitannya dapat menimbulkan bangsa.