25 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

 

25 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli


Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli


Terdapat beberapa pengertian pendidikan menurut para ahli.

Berikut ini merupakan beberapa pengertian pendidikan menurut para ahli:


1) Pengertian pendidikan menurut Plato: pendidikan adalah sesuatu yang dapat membantu perkembangan individu dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang dapat memungkinkan tercapainya sebuah kesempurnaan. Menurut Plato sendiri pendidikan direncanakan dan diprogram menjadi tiga tahap dengan tingkat usia, yakni tahap pertama adalah pendidikan yang diberikan kepada murid hingga sampai usia dua puluh tahun; tahap kedua yakni dari usia dua puluh tahun sampai tiga puluh tahun; dan tahap ketiga dari usia tiga puluh tahun sampai usia empat puluh tahun.


2) Pengertian pendidikan menurut Socrates: pendidikan adalah suatu sarana yang digunakan untuk mencari kebenaran. Sedangkan metodenya adalah dialektika.


3) Pengertian pendidikan menurut H. Horne: pendidikan adalah proses yang dilakukan secara terus menerus dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi manusia yang telah berkembang secara fisik dan mentalnya.


4) Pengertian pendidikan menurut Edgar Dalle: pendidikan ialah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.


5) Pengertian pendidikan menurut John Stuart Mill: pendidikan ialah meliputi segala sesuatu yang dikerjakan oleh seseorang untuk dirinya atau yang dikerjakan oleh orang lain untuk dia, dengan tujuan mendekatkan dia kepada tingkat kesempurnaan.


6) Pengertian pendidikan menurut Prof. Richey: pendidikan ialah yang berkenaan dengan fungsi yang luas dari pemeliharaan dan perbaikan kehidupan suatu masyarakat terutama membawa warga masyarakat yang baru (generasi baru) bagi penuaian kewajiban dan tanggung jawabnya di dalam masyarakat.


7) Pengertian pendidikan menurut KBBI: pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, dan pembuatan mendidik.


8) Pengertian pendidikan menurut John Dewey: pendidikan adalah suatu proses pengalaman. Karena kehidupan merupakan pertumbuhan, maka pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin manusia tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan adalah proses penyesuaian pada setiap fase dan menambah kecakapan dalam perkembangan seseorang melalui pendidikan.



9) Pengertian pendidikan menurut M.J. Langeveld: pendidikan adalah upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa kearah kedewasaan. Pendidikan adalah suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya, agar mandiri dan bertanggung jawab secara susila. Pendidikan juga diartikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan diri dan tanggung jawab.


10) Pengertian pendidikan menurut Driyarkara: pendidikan adalah suatu upaya dalam memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke taraf yang insani.


11) Pengertian pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara: pendidikan ialah suatu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Maksudnya adalah bahwa pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada peserta didik agar sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya.


12) Pengertian pendidikan menurut Stella van Petten Henderson: pendidikan adalah suatu kombinasi dari pertumbuhan dan perkembangan insani dengan warisan sosial.


13) Pengertian pendidikan menurut Kohnstamm dan Gunning: pendidikan adalah suatu pembentukan hati nurani manusia, yakni pendidikan adalah suatu proses pembentukan dan penentuan diri secara etis yang sesuai dengan hati nurani.


14) Pengertian pendidikan menurut Frederick J. Mc Donald: pendidikan adalah suatu proses yang arah tujuannya adalah merubah tabiat manusia atau peserta didik.


15) Pengertian pendidikan menurut Ahmad D. Marimba: pendidikan adalah suatu proses bimbingan yang dilaksanakan secara sadar oleh pendidik terhadap suatu proses perkembangan jasmani dan rohani peserta didik, yang tujuannya agar kepribadian peserta didik terbentuk dengan sangat unggul. Kepribadian yang dimaksud ini bermakna cukup dalam yakni pribadi yang tidak hanya pintar, pandai secara akademis saja, akan tetapi baik juga secara karakter.


16) Pengertian pendidikan menurut Carter V Good: pendidikan adalah suatu proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlaku dalam masyarakat. Proses dimana seseorang dipengaruhi oleh lingkungan yang terpimpin khususnya didalam lingkungan sekolah sehingga dapat mencapai kecakapan sosial dan dapat mengembangkan kepribadiannya.


17) Pengertian pendidikan menurut Prof. Dr. Imam Barnadib: pendidikan ialah usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup atau kemajuan yang lebih baik.


18) Pengertian pendidikan menurut Aristoteles: pendidikan ialah salah satu fungsi dari suatu negara dan dilakukan terutama setidaknya untuk tujuan negara itu sendiri. Negara ialah institusi sosial tertinggi yang mengamankan tujuan tertinggi atau kebahagiaan manusia. Pendidikan ialah persiapan atau bekal untuk beberapa aktivitas atau pekerjaan yang layak. Pendidikan semestinya dipandu oleh undang-undang untuk membuatnya sesuai (koresponden) dengan hasil analisis psikologis dan mengikuti perkembangan secara bertahap baik secara fisik (lahiriah) maupun mental (batiniah/jiwa).


19) Pengertian pendidikan menurut Confucius: pendidikan melahirkan keyakinan diri, keyakinan diri melahirkan harapan dan harapan melahirkan perdamaian.


20) Pengertian pendidikan menurut Paulo Freire: pendidikan adalah usaha untuk mengembalikan fungsi pendidikan sebagai alat yang membebaskan manusia dari berbagai bentuk penindasan dan ketertindasan. Pendidikan haruslah berorientasi kepada pengenalan realitas diri manusia dan dirinya sendiri.


21) Pengertian pendidikan menurut Albert Einstein: pendidikan adalah sesuatu yang tersisa setelah seseorang melupakan apa yang ia pelajari di sekolah.


22) Pengertian pendidikan menurut Ibnu Sina: pendidikan ialah proses untuk membentuk perkembangan anak dan membiasakan kebiasaan yang baik dan sifat-sifat yang baik menjadi faktor utama guna mencapai kebahagiaan anak, oleh karena itu orang yang ditiru hendaklah menjadi pemimpin yang baik, contoh yang bagus dan berakhlak hingga tidak meninggalkan kesan buruk dalam jiwa anak yang menirunya.


23) Pengertian pendidikan menurut Imam Al Ghazali: pendidikan ialah proses memanusiakan manusia sejak masa kejadiannya sampai akhir hayatnya melalui berbagai ilmu pengetahuan yang disampaikan dalam bentuk pengajaran secara bertahap, dimana proses pengajaran itu menjadi tanggung jawab orangtua dan  masyarakat menuju pendekatan diri kepada Allah sehingga menjadi manusia sempurna.


24) Pengertian pendidikan menurut UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003: pendidikan ialah suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian yang baik, pengendalian diri, berakhlak mulia, kecerdasan, dan keterampilan yang diperlukan oleh dirinya dan masyarakat.


25) Pengertian pendidikan menurut Ensiklopedi Pendidikan Indonesia: pendidikan adalah proses membimbing manusia atau anak didik dari kegelapan, ketidaktahuan, kebodohan, dan kecerdasan pengetahuan.