64 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

64 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli


  64 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli


Terdapat beberapa pengertian kebudayaan menurut para ahli.

Berikut ini merupakan beberapa pengertian kebudayaan menurut para ahli:


1) Pengertian kebudayaan menurut Parsudi Suparlan: kebudayaan didefinisikan sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterpretasikan lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi landasan bagi tingkah-lakunya.


2) Pengertian kebudayaan menurut Wallace: kebudayaan adalah perilaku yang memiliki kemungkinan tertinggi dalam suatu masyarakat.


3) Pengertian kebudayaan menurut Lorenz K: kebudayaan adalah jenis tradisi dimana simbol diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya dengan pembelajaran sosial.


4) Pengertian kebudayaan menurut Kamus Ilmu Sosial: kebudayaan adalah totalitas perilaku yang dipelajari diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.


5) Pengertian kebudayaan menurut J. Lewis: kebudayaan adalah semua yang diturunkan  secara sosial dalam suatu masyarakat.


6) Pengertian kebudayaan menurut M. Harris: kebudayaan adalah sebuah cara hidup.


7) Pengertian kebudayaan menurut ensiklopedi Indonesia (1982): kebudayaan merupakan istilah untuk menunjukkan segala hasil karya manusia yang berkaitan erat dengan pengungkapan bentuk.


8) Pengertian kebudayaan menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia (1990): kebudayaan adalah himpunan keseluruhan dari semua cara manusia berpikir, berperasaan, dan berbuat, serta segala sesuatu yang dimiliki manusia sebagai anggota masyarakat yang dapat dipelajari dan dialihkan dari suatu generasi ke generasi berikutnya.


9) Pengertian kebudayaan menurut Geza Roheim: kebudayaan itu senantiasa berkaitan dengan latar belakang masa kanak-kanak seseorang yang terlambat dan berfungsi sebagai keamanan diri. Mekanisme kebudayaan manusia serupa jaringan-jaringan yang maha besar dari percobaan-percobaan yang kurang lebih berhasil untuk melindungi kemanusiaan dari kehilangan sesuatu.


10) Pengertian kebudayaan menurut White: kebudayaan sebagai tingkah laku yang dipelajari.


11) Pengertian kebudayaan menurut Ibnu Khaldun: kebudayaan adalah kondisi-kondisi kehidupan yang melebihi dari apa yang diperlukan.


12) Pengertian kebudayaan menurut Fizee: memberi batasan pengertian dan cakupan kebudayaan sebagai berikut: kebudayaan dapat berarti (1) tingkat kecerdasan akal yang setinggi-tingginya yang dihasilkan dalam suatu tempo sejarah bangsa di puncak perkembangannya. (2) Hasil yang dicapai sesuatu bangsa dalam lapangan kesusastraan, falsafah, ilmu pengetahuan dan kesenian; (3) Dalam pembicaraan politik, kebudayaan diberi arti sebagai way of life sesuatu bangsa, terutama dalam hubungannya dengan adat istiadat, upacara keagamaan, penggunaan bahasa dan kebiasaan hidup masyarakat.


13) Pengertian kebudayaan menurut Effat al-Syarqawi: mengartikan kebudayaan sebagai khazanah sejarah suatu bangsa/masyarakat yang tercermin dalam pengakuan/kesaksiannya dan nilai-nilainya, yaitu kesaksian dan nilai-nilai yang menggariskan bagi kehidupan suatu tujuan ideal dan makna rohaniah yang dalam, bebas dari kontradiksi ruang dan waktu.


14) Pengertian kebudayaan menurut Richard Brisling: kebudayaan sebagai mengacu pada cita-cita bersama secara luas, nilai, pembentukan dan penggunaan kategori, asumsi tentang kehidupan, dan kegiatan goal directed yang menjadi sadar tidak sadar diterima sebagai “benar” dan “benar” oleh orang yang mengidentifikasi diri mereka sebagai anggota masyarakat.


15) Pengertian kebudayaan menurut Nostrand: mengartikan budaya sebagai sikap dan kepercayaan, cara berpikir, berperilaku, dan mengingat bersama oleh anggota komunitas tersebut.


16) Pengertian kebudayaan menurut Larson dan Smalley: mengartikan kebudayaan sebagai “blue print” yang memandu perilaku orang dalam suatu komunitas dan diinkubasi dalam kehidupan keluarga. Ini mengatur perilaku kita dalam kelompok, membuat kita peka terhadap masalah status, dan membantu kita mengetahui apa tanggung jawab kita adalah untuk grup. Budaya yang berbeda struktur yang mendasari yang membuat bulat-bulat masyarakat dan komunitas persegi-persegi.


17) Pengertian kebudayaan menurut Raymond Williams: budaya adalah seluruh kehidupan, materi, intelektual, dan spiritual.


18) Pengertian kebudayaan menurut Edward Spranger: kebudayaan sebagai segala bentuk atau ekspresi dari kehidupan batin masyarakat. Sedangkan peradaban ialah perwujudan kemajuan teknologi dan pola material kehidupannya.


19) Pengertian kebudayaan menurut Elwood: mendefisinikan bahwa kebudayaan itu mencakup benda-benda material dan spiritual yang pada kedua-duanya diperoleh dalam interaksi kelompok atau dipelajari dalam kelompok, kebudayaan mencakup kekuatan untuk menguasai alam dan dirinya sendiri.


20) Pengertian kebudayaan menurut Haji Agus Salim: kebudayaan adalah merupakan persatuan istilah budi dan daya menjadi makna sejiwa dan tidak dapat dipisah-pisahkan.


21) Pengertian kebudayaan menurut Bekker: mendefinisikan kebudayaan sebagai penciptaan, penerbitan, dan pengolahan nilai-nilai insani/manusiawi, tercakup di dalamnya usaha membudayakan bahan alam mentah serta hasilnya dimana hal ini dapat dilihat dari hasil kerajinan.


22) Pengertian kebudayaan menurut Sukidin, Basrowi & Agus Wijaka: mengartikan kebudayaan sebagai keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia untuk memenuhi kehidupannya dengan cara belajar.


23) Pengertian kebudayaan menurut Abdul Syani: mengemukakan tiga hal yang terkandung dalam kebudayaan yakni: kebudayaan hanya dimiliki oleh masyarakat manusia, kebudayaan itu diturunkan melalui proses belajar dari tiap individu, kebudayaan merupakan pernyataan perasaan dan pikiran manusia.


24) Pengertian kebudayaan menurut Roucek & Warren: kebudayaan itu terwujud bukan hanya seni tetapi juga terwujud dalam benda-benda yang terdapat di sekeliling maupun yang dibuat oleh manusia, jadi menurut Roucek dan Warren kebudayaan adalah cara hidup yang dikembangkan oleh sebuah masyarakat guna memenuhi keperluan dasarnya untuk dapat bertahan hidup, meneruskan keturunannya dan mengatur pengalaman sosialnya.


25) Pengertian kebudayaan menurut Harjoso: mengemukakan inti kebudayaan adalah 1). Kebudayaan yang terdapat di dalam masyarakat berbeda antara satu dengan yang lain, 2). Kebudayaan itu dapat diteruskan dan diajarkan, 3). Kebudayaan itu terjabarkan dari komponen-komponen biologis, psikologis, dan sosiologis dari eksistensi atau keberadaan manusia, 4). Kebudayaan itu berstruktur atau mempunyai cara atau aturan tertentu, 5) kebudayaan terbagi atas berbagai aspek-aspek baik itu sosial, psikologis, 6). Kebudayaan itu bersifat dinamis atau selalu berubah, 7). Nilai-nilai dalam kebudayaan itu bersifat relative atau antara masyarakat yang satu berbeda dengan masyarakat yang lain.


26) Pengertian kebudayaan menurut C. Wisser, A. Davis & A. Hoebel: kebudayaan adalah perbuatan yang pada dasarnya merupakan insting selanjutnya dimodifikasi/diperbaharui dan dikembangkan melalui suatu proses belajar.


27) Pengertian kebudayaan menurut Herskovits: memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic.


28) Pengertian kebudayaan menurut Fuan Hassan: kebudayaan adalah suatu kerangka acuan bagi perikehidupan suatu masyarakat yang sekaligus untuk mengukuhkan jati diri sebagai kebersamaan yang berciri khas.


29) Pengertian kebudayaan menurut Edward Said: kebudayaan adalah satu cara perjuangan melawan pemusnahan dan pelenyapan. Kebudayaan adalah suatu bentuk ingatan melawan penghapusan.


30) Pengertian kebudayaan menurut Kroeber dan Kluckhohn: budaya terdiri dari pola, eksplisit dan implisit, dan untuk perilaku yang diperoleh dan ditularkan oleh simbol yang merupakan prestasi khas dari kelompok manusia, termasuk perwujudan mereka di artefak, inti penting dari budaya terdiri dari tradisional (yaitu historis berasal dan dipilih) ide-ide dan terutama nilai-nilai yang melekat mereka, sistem kultur dapat, di satu sisi dianggap sebagai produk dari tindakan, di sisi lain sebagai elemen pengkondisian tindakan lebih lanjut.


31) Pengertian kebudayaan menurut Hofstede: kebudayaan adalah pemrograman kolektif terhadap pikiran yang membedakan antara kelompok satu dengan lainnya.


32) Pengertian kebudayaan menurut W.H. Kelly: kebudayaan adalah sebuah pedoman yang potensial bagi tingkah laku manusia.


33) Pengertian kebudayaan menurut J.P.H. Dryvendaf: memberikan pendapat mengenai definisi kebudayaan bahwa kebudayaan itu adalah kumpulan dari letusan jiwa manusia sebagai yang beraneka ragam berlaku dalam suatu masyrakat tertentu.


34) Pengertian kebudayaan menurut Ralph Linton: kebudayaan yaitu “Man’s social heredi” yang artinya sifat sosial yang dimiliki oleh manusia secara turun temurun.


35) Pengertian kebudayaan menurut Djojodigono: memberikan definisi kebudayaan dengan mengatakan kebudayaan itu adalah daya dari budi, yang berupa cipta, karsa, dan rasa.


36) Pengertian kebudayaan menurut Lucy Mair: menyatakan bahwa kebudayaan adalah milik bersama sesuatu masyarakat yang mempunyai tradisi yang sama.


37) Pengertian kebudayaan menurut Ralph L. Beals dan Harry Hoijer: menyatakan konsep kebudayaan adalah mengenal pasti kelakukan yang biasa dipraktikkan, diperoleh melalui pembelajaran oleh sesuatu kumpulan masyarakat.


38) Pengertian kebudayaan menurut Clifford geertz: mengartikan kebudayaan sebagai sebuah sistem berupa konsepsi-konsepsi yang diwariskan dalam bentuk simbolik sehingga dengan cara ini manusia mampu berkomunikasi, melestarikan, mengembangkan pengetahuan serta sikapnya terhadap kehidupan.


39) Pengertian kebudayaan menurut Malinowski: mengatakan bahwa kebudayaan merupakan kesatuan dari dua aspek fundamental, kesatuan pengorganisasian yaitu tubuh artifak dan sistem adat istiadat.


40) Pengertian kebudayaan menurut Arkeolog R. Soekmono: kebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.


41) Pengertian kebudayaan menurut Robert H. Lowie: kebudayaan adalah segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistik, kebiasaan makan, keahlian yang diperoleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau yang didapat melalui pendidikan formal atau informal.


42) Pengertian kebudayaan menurut Mitchell (Dictionary of Soriblogy): kebudayaan adalah sebagian perulangan keseluruhan tindakan atau aktivitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia yang telah memasyarakat secara sosial dan bukan sekedar dialihkan secara genetikal.


43) Pengertian kebudayaan menurut Bounded et.al: kebudayaan adalah sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu, misalnya simbol bahasa sebagai rangkaian simbol yang digunakan untuk mengalihkan keyakinan budaya di antara para anggota suatu masyarakat. Pesan-pesan tentang kebudayaan yang diharapkan dapat ditemukan di dalam media, pemerintahan, institusi agama, sistem pendidikan, dan semacam itu.


44) Pengertian kebudayaan menurut Francis Merill: mengartikan kebudayaan sebagai pola-pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seorang sebagai anggota suatu masyarakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis.


45) Pengertian kebudayaan menurut M. Jacobs dan B.J. Stern: mengartikan kebudayaan mencakup keseluruhan yang meliputi bentuk teknologi sosial, ideologi, religi, dan kesenian serta benda yang kesemuanya merupakan warisan sosial.


46) Pengertian kebudayaan menurut William H. Haviland: kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat diterima oleh semua masyarakat.


47) Pengertian kebudayaan menurut Dr. K. Kupper: kebudayaan merupakan sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.


48) Pengertian kebudayaan menurut C. A. Van Peursen: kebudayaan merupakan gejala manusia dari kegiatan berpikir (mitos, ideologi, dan ilmu), komunikasi (sistem masyarakat), kerja (ilmu alam dan teknologi), dan kegiatan-kegiatan lain yang lebih sederhana.


49) Pengertian kebudayaan menurut Rene Char: kebudayaan adalah warisan kita yang diturunkan tanpa surat wasiat.


50) Pengertian kebudayaan menurut Levo Henriksson: mengartikan kebudayaan meliputi semua aspek kehidupan kita setiap hari, terutama pandangan hidup apapun bentuk baik itu mitos maupun sistem nilai dalam masyarakat.


51) Pengertian kebudayaan menurut Larry A. Samovar & Richard E. Porter: kebudayaan dapat berarti simpanan akumulatif dari pengetahuan, pengalaman, kepercayaan, nilai, sikap, makna, hirarki, agama, pilihan waktu, peranan, relasi ruang, konsep yang luas, dan objek material atau kepemilikan yang dimiliki dan dipertahankan oleh sekelompok orang atau suatu generasi.


52) Pengertian kebudayaan menurut Drs. Sidi Gazalba: kebudayaan adalah cara berpikir dan merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan suatu waktu.


53) Pengertian kebudayaan menurut Mangunsarkoro: kebudayaan adalah segala yang bersifat hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya.


54) Pengertian kebudayaan menurut Dr. Moh. Hatta: kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa.


55) Pengertian kebudayaan menurut Sultan Takdir Alisyahbana: kebudayaan adalah manifestasi dari cara berpikir.


56) Pengertian kebudayaan menurut V.H. Deryvendak: kebudayaan adalah kumpulan dari cetusan jiwa manusia sebagai yang beraneka ragam berlaku dalam suatu masyarakat tertentu.


57) Pengertian kebudayaan menurut Dawson: kebudayaan adalah cara hidup bersama.


58) Pengertian kebudayaan menurut Melville J. Herskovits: kebudayaan adalah bagian dari lingkungan manusia.


59) Pengertian kebudayaan menurut R. Linton: kebudayaan adalah konfigurasi dari tingkah laku dan hasil laku yang unsur-unsur pembentukannya didukung serta diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu.


60) Pengertian kebudayaan menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi: kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.


61) Pengertian kebudayaan menurut Edward Burnett Tylor: kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.


62) Pengertian kebudayaan menurut Andreas Eppink: kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.


63) Pengertian kebudayaan menurut Koentjaraningrat: kebudayaan adalah keseluruhan sistem, gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan cara belajar.


64) Pengertian kebudayaan menurut Ki Hajar Dewantara: kebudayaan adalah buah budi manusia dalam hidup bermasyarakat.