8 Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

 8 Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

8 Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli


Berikut ini merupakan beberapa pengertian inovasi menurut para ahli:

1) Pengertian inovasi menurut Stephen Robbins: 

Inovasi adalah sebagai sebuah gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbarui suatu produk atau proses dan jasa.


2) Pengertian inovasi menurut Everet M. Rogers: 

Inovasi adalah sebuah ide, gagasan, objek, dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang ataupun kelompok tertentu untuk diaplikasikan ataupun diadopsi.


3) Pengertian inovasi menurut Nurdin: 

Inovasi adalah sesuatu yang baru yakni dengan memperkenalkan dan melakukan praktik atau proses baru (barang atau layanan) atau bisa juga dengan mengadopsi pola baru yang berasal dari organisasi lain.


4) Pengertian inovasi menurut Sa’ud: 

Inovasi adalah pilihan kreatif, pengaturan dan seperangkat manusia dan sumber-sumber material baru atau menggunakan cara unik yang akan menghasilkan peningkatan pencapaian tujuan-tujuan yang diharapkan.


5) Pengertian inovasi menurut Van de Ven Andrew H: 

Inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktivitas transaksi di dalam tatanan organisasi tertentu.


6) Pengertian inovasi menurut Kuniyoshi Urabe: 

Inovasi bukan merupakan suatu kegiatan satu kali pukul, melainkan sebuah proses yang panjang dan kumulatif yang meliputi banyak proses pengambilan dalam keputusan di dan oleh organisasi dari mulai pada penemuan gagasan sampai implementasinya di pasar.


7) Pengertian inovasi menurut UU No. 19 Tahun 2002: 

Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan ataupun perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, ataupun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke dalam produk ataupun proses produksinya.


8) Pengertian inovasi menurut West & Far: 

Inovasi ialah pengenalan dan penerapan dengan sengaja gagasan, proses, produk, dan prosedur yang baru pada unit yang menerapkannya, yang dirancang untuk memberikan keuntungan bagi individu, kelompok, organisasi dan masyarakat luas.