19 Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

19 Pengertian Analisis Menurut Para Ahli


19 Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pengertian analisis menurut para ahli

1) Pengertian analisis menurut Wiradi

Analisis ialah aktivitas yang memuat kegiatan memilah, mengurai, membedakan sesuatu yang kemudian digolongkan dan dikelompokkan menurut kriteria tertentu lalu dicari makna dan kaitannya masing-masing.


2) Pengertian analisis menurut Komarudin

Analisis ialah aktivitas berpikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen-komponen kecil sehingga dapat mengenal tanda-tanda komponen, dan fungsi setiap komponen dalam satu keseluruhan yang terpadu.


3) Pengertian analisis menurut Husein Umar

Analisis ialah suatu proses kerja dari rangkaian tahapan pekerjaan sebelum riset, didokumentasikan dengan tahapan pembuatan laporan.


4) Pengertian analisis menurut Robert J. Schreiter

Analisis ialah “membaca” teks yang melokalisasikan berbagai tanda dan menempatkan tanda-tanda tersebut dalam interaksi yang dinamis, dan pesan-pesan yang disampaikan.


5) Pengertian analisis menurut Dwi Prastowo Darminto 

Analisis ialah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.


6) Pengertian analisis menurut Harahap 

Analisis ialah suatu upaya untuk memecahkan atau menguraikan sesuatu unit menjadi berbagai unit terkecil.


7) Pengertian analisis menurut Gorys Keraf 

Analisis diartikan sebagai sebuah proses untuk memecahkan sesuatu ke dalam bagian-bagian yang saling berkaitan satu sama lainnya.


8) Pengertian analisis menurut Syahrul 

Analisis ialah kegiatan melakukan evaluasi terhadap kondisi dari pos-pos atau ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul.


9) Pengertian analisis menurut Anne Gregry:

Analisis ialah sebuah langkah pertama dari proses perencanaan.


10) Pengertian analisis menurut Rifka Julianty : 

Analisis ialah aktivitas penguraian pada pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antara bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.


11) Pengertian analisis menurut Mohammad Afdi Nizar : 

Analisis dalam bidang akuntansi ialah evaluasi mengenai kondisi dari ayat-ayat yang berhubungan dengan akuntansi dan alasan yang memungkinkan sebuah perbedaan akan muncul.


12) Pengertian analisis menurut Robert J. Schreiter : 

Analisis ialah kegiatan membaca teks, dengan menempatkan tanda-tanda dalam interaksi yang dinamis dan pesan yang disampaikan.


13) Pengertian analisis menurut Minto Rahayu : 

Analisis ialah sebuah cara dalam membagi suatu subyek ke dalam komponen-komponen, meliputi melepaskan, menanggalkan, menguraikan sesuatu yang terikat padu.


14) Pengertian analisis menurut Efrey Liker : 

Analisis ialah aktivitas dalam mengumpulkan bukti, untuk menemukan sumber suatu masalah, yaitu akarnya.


15) Pengertian analisis menurut Hanif Al-Fatta : 

Analisis ialah tahap awal dalam pengembangan sistem yang tahap fundamental yang sangat menentukan kualitas sistem informasi yang dikembangkan.


16) Pengertian analisis menurut Peter Salim dan Yenni Salim : 

Menurut Peter Salim dan Yenni Salim pengertian analisis antara lain yakni sebagai berikut:

Analisis ialah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (perbuatan, karangan dan sebagainya) untuk mendapatkan fakta yang tepat (asal usul, sebab, penyebab sebenarnya, dan sebagainya).


Analisis ialah penguraian pokok persoalan atas bagian-bagian, penelaahan bagian-bagian tersebut dan hubungan antar bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat dengan pemahaman secara keseluruhan.


Analisis ialah penjabaran (pembentangan) sesuatu hal, dan sebagainya setelah ditelaah secara seksama.


Analisis ialah proses pemecahan masalah yang dimulai dengan hipotesis (dugaan, dan sebagainya) sampai terbukti kebenarannya melalui beberapa kepastian (pengamatan, percobaan, dan sebagainya).


Analisis ialah proses pemecahan masalah (melalui akal) ke dalam bagian-bagiannya berdasarkan metode yang konsisten untuk mencapai pengertian tentang prinsip-prinsip dasarnya.


17) Pengertian analisis menurut Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (1996) : 

Analisis ialah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan atau perbuatan) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab musabab, duduk perkaranya).


18) Pengertian analisis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) : 

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, ada beberapa pengertian analisis, antara lain yakni sebagai berikut:

Penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya.


Penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan (bidang manajemen).



Penyelidikan kimia dengan menguraikan sesuatu untuk mengetahui zat bagiannya dan sebagainya (bidang kimia).


Penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya.


Pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.


19) Pengertian Analisis Menurut Spradley : 

Analisis ialah sebuah kegiatan untuk mencari suatu pola selain itu analisis merupakan cara berpikir yang berkaitan dengan pengujian secara sistematis terhadap sesuatu untuk menentukan bagian, hubungan antar bagian dan hubungannya dengan keseluruhan.