9 Pengertian Sains Menurut Para Ahli

 Pengertian Sains Menurut Para Ahli

9 Pengertian Sains Menurut Para Ahli


Berikut ini merupakan beberapa pengertian sains menurut para ahli:

1) Pengertian sains menurut Romano Harre: sains adalah kumpulan teori-teori yang telah diuji kebenarannya, menjelaskan tentang pola-pola dan keteraturan maupun ketidakteraturan dari gejala yang diamati dengan seksama.


2) Pengertian sains menurut Sund: ilmu sains adalah sebagai produk dan proses hal-hal yang berkaitan dengan sikap ilmiah, metode ilmiah dan produk ilmiah.


3) Pengertian sains menurut Wigner: sains dapat diartikan sebagai gudang atau penyimpanan pengetahuan tentang gejala-gejala alam. Pengertian sains juga mencakup pengetahuan tentang dunia alamiah yang diperoleh dari interaksi indra dengan dunia tersebut.


4) Pengertian sains menurut Hardy dan Fleer: menurut Hardy dan Fleer, sains dapat dibedakan menjadi empat fungsi sains utama, yaitu sains sebagai kumpulan pengetahuan, sains sebagai suatu proses, sains sebagai kumpulan nilai serta sains sebagai suatu cara untuk mengenal dunia.


5) Pengertian sains menurut Webster’s New Collegiate Dictionary: sains adalah pengetahuan yang dicapai melalui studi atau praktek atau pengetahuan yang memiliki kebenaran dari pengoperasian ilmu misalnya yang diperoleh dan diuji melalui metode ilmiah.


6) Pengertian sains menurut Albert Einstein: sains adalah sebuah bentuk upaya atau kegiatan yang memungkinkan dari berbagai variasi atau pengalaman indrawi mampu membentuk sebuah sistem pemikiran atau pola pikir yang secara rasional seragam.


7) Pengertian sains menurut KBBI: sains adalah ilmu pengetahuan pada umumnya, pengetahuan sistematis tentang alam dan dunia fisik termasuk di dalamnya botani, fisika, kimia, geologi, zoologi, dan sebagainya serta pengetahuan sistematis yang diperoleh dari sesuatu observasi, penelitian dan uji coba yang mengarah pada penentuan sifat dasar atau prinsip sesuatu yang sedang diselidiki, dipelajari, dan sebagainya.


8) Pengertian sains menurut UU No. 2 Tahun 2003: sains adalah salah satu mata pelajaran yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan manusia, yang dalam Undang-Undang dijelaskan bahwa pembelajaran sains (ilmu pengetahuan alam) diberikan pada jenjang pendidikan yang terdapat di Indonesia (SD/MI, SMP/MTS, maupun SMK) baik negeri maupun swasta.


9) Pengertian sains menurut Doran R: sains adalah proses pembelajaran yang harus dilakukan oleh para siswa secara aktif.