12 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

12 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

 

Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pengertian sistem politik menurut para ahli:

1) Pengertian Sistem Politik Menurut Jack C. Plano

Sistem politik ialah pola hubungan masyarakat yang terbentuk berdasarkan keputusan-keputusan yang sah dalam lingkungan masyarakat tersebut.


2) Pengertian Sistem Politik Menurut Robert A. Dahl

Sistem politik mencakup 2 hal yakni pola hubungan yang tetap antarmanusia dan melibatkan sesuatu yang luas tentang kekuasaan, aturan, serta kewenangan.


3) Pengertian Sistem Politik Menurut Rusadi Kantaprawira

Sistem politik ialah berbagai macam kegiatan dan fungsi yang bekerja dalam suatu unit dan kesatuan yang berupa negara atau masyarakat.


4) Pengertian Sistem Politik Menurut David Easton

Sistem politik ialah sistem interaksi dalam masyarakat yang diambil dari seluruh perilaku sosial dan dialokasikan secara otoritatif kepada seluruh lapisan masyarakat.


5) Pengertian Sistem Politik Menurut Gabriel Almond

Sistem politik adalah sistem interaksi yang terdapat pada semua masyarakat merdeka yang menjalankan fungsi-fungsi integrasi dan adaptasi (baik di dalam masyarakatnya sendiri maupun menghadapi masyarakat lain) melalui penerapan atau ancaman penerapan daya paksa yang bersifat sah.


6) Pengertian Politik Menurut Miriam Budiardjo

Sistem politik pada dasarnya konsep sistem politik dipakai dalam keperluan analisis. Karena sistem bersifat abstrak dan terdiri dari beberapa variabel yang juga diterapkan dalam situasi yang konkret, seperti negara atau kesatuan yang lebih besar dan terdiri dari berbagai negara. Pada dasarnya sistem politik ialah serangkaian struktur dan proses yang saling berkaitan yang menjalankan alokasi nilai-nilai kekuasaan secara sah (otoritatif).


7) Pengertian Sistem Politik Menurut Sukarna

Sistem politik adalah sistem yang mengatur atau mengelola kekuasaan dalam negara dan mempertahankan kedudukan dari sebuah kekuasaan dalam negara. Selain itu sistem tersebut juga mengatur hubungan pemerintah dengan warga negaranya, negara dengan negara atau rakyat dengan rakyatnya.


8) Pengertian Sistem Politik Menurut Rusadi Sumintapura

Sistem politik adalah sistem yang mekanisme dari seperangkat fungsi atau tatanan dalam struktur politik.


9) Pengertian Sistem Politik Menurut David Easton

Sistem politik adalah sistem yang terdiri dari seperangkat nilai-nilai yang bersifat paksaan. Serta mengikat sebuah masyarakat di suatu negara secara keseluruhan. David Easton juga mengemukakan bahwa sistem politik dapat pula dikenal sebagai suatu interaksi yang dapat diabstraksikan dari keseluruhan tingkat sosial melalui makna yang dialokasikan secara otoritatif.


10) Pengertian Sistem Politik Menurut Samuel P. Huntington

Sistem politik terbagi atas 5 pengertian yang disesuaikan dengan komponen yang dimilikinya yakni:

a. Sistem politik yang dinilai sebagai sebuah kultur yaitu yang terdiri dari seperangkat values atau nilai-nilai attitudes atau sikap-sikap, orientation-orientation atau orientasi, myths atau mitos dan beliefs atau kepercayaan yang dipandang relevan terhadap politik dan bisa membawa pengaruh dalam masyarakat.

b. Sistem politik yang dinilai sebagai sebuah struktur masyarakat yaitu merupakan organisasi yang berbasis formal yang ada di dalam tatanan masyarakat dimana struktur tersebut digunakan untuk menjalankan suatu putusan yang berwenang misalnya seperti partai politik, badan perwakilan rakyat, badan eksekutif, dan badan birokrasi.

c. Sistem politik yang dinilai sebagai sebuah kelompok atau the political system as a group yang membentuk kelompok sosial dan ekonomi baik kelompok yang formal ataupun kelompok nonformal.

d. Sistem politik yang dinilai sebagai sebuah kepemimpinan di dalam lembaga-lembaga politik.

e. Sistem politik yang dinilai sebagai sebuah kebijakan pola kegiatan pemerintahan.


11) Pengertian Sistem Politik Menurut Sukarno

Sistem politik adalah sekumpulan pendapat, prinsip yang membentuk satu kesatuan yang berhubungan satu sama lain untuk mengatur pemerintahan serta melaksanakan dan mempertahankan kekuasaan dengan cara mengatur individu atau kelompok individu satu sama lain atau dengan negara dan hubungan negara dengan negara.


12) Pengertian Sistem Politik Menurut Gabriel A. Almond dan G. Bingham Powell Jr

Sistem politik dikategorikan sebagai usaha untuk mengadakan pencarian ke arah (1) lingkup yang lebih luas, (2) realisme, (3) persisi/ketepatan, (4) ketertiban dalam teori politik agar hubungan yang terputus antara comparative government dengan political theory dapat ditata kembali. Hal itu cenderung dipengaruhi oleh konsep hukum, ideologi, dan lembaga pemerintah.