Kesempatan Lulus CPNS 2023 Terbuka Lebar, Jika Kamu Berasal dari Jurusan Ini

Kesempatan Lulus CPNS 2023 Terbuka Lebar, Jika Kamu Berasal dari Jurusan Ini

 
Kesempatan Lulus CPNS 2023 Terbuka Lebar, Jika Kamu Berasal dari Jurusan Ini

Berikut ini merupakan beberapa jurusan dengan peluang besar untuk lolos CPNS 2023.

Ada beberapa jurusan yang akan diuntungkan dengan penerimaan CPNS 2023. Pasalnya, jurusan tersebut membuka formasi yang cukup besar dibandingkan dengan formasi lainnya.

Baca terus untuk mengetahui apakah jurusan Anda adalah termasuk jurusan yang diuntungkan dalam penerimaan CPNS 2023. CPNS 2023 akan segera dibuka. Pelamar harus memanfaatkan kesempatan ini. Kesempatan langka menjadi PNS di tahun 2023.

Oleh karena itu, berikut adalah daftar lulusan dengan lowongan terbanyak pada Pendaftaran CPNS 2023. Tentu saja, itu juga meningkatkan peluang Anda untuk lulus CPNS.

Pejabat pemerintah MENPAN RB Azwar Annas sendiri membocorkan bahwa pemerintah akan akan membuka seleksi CPNS 2023 dengan jurusan tertentu saja.

Nah, Jurusan Apa Saja?

Berikut adalah beberapa jurusan S1 yang paling berpotensi lulus yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Pendidikan

Sektor pendidikan tentunya akan menjadi primadona dalam rekrutmen CPNS 2023 nanti.

Banyaknya kelebihan guru honorer yang ada sekarang mendesak pemerintah untuk mengangkat guru honorer sebagai PNS atau setidaknya sebagai PPPK.

Selain itu, banyak sekolah membutuhkan guru dalam jumlah besar. Apalagi anggaran pendidikan saat ini memang besar, dan tentunya sebagian dikhususkan untuk guru PNS atau PPPK.

 

2. Sastra Inggris

Pengakuan aspek ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia di mata dunia membuat dibutuhkannya lulusan sastra inggris untuk penempatan di Kedutaan Besar Indonesia dari berbagai negara.

 

3. Politik dan Pemerintahan

Salah satu instansi pemerintah yang sangat membutuhkan jurusan politik dan pemerintahan dalam formasi CPNS 2023 adalah Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia.

 

4.Kesehatan

Sektor kesehatan saat ini adalah salah satu jurusan yang saat ini paling banyak peminat dan paling banyak dibutuhkan. Hal ini sejalan dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang membutuhkan pelayanan kesehatan, terutama di daerah terpencil.

Ini karena banyak Puskesmas di pelosok negeri kekurangan tenaga kesehatan. Sehingga bisa dipastikan Kemenpan RB akan membuka peluang besar untuk tenaga kesehatan PNS.

Alasan tersebut menyebabkan CPNS 2023 membuka formasi untuk jurusan Kesehatan.

 

5.Kemenkumham

Kementerian Hukum dan HAM merupakan salah satu lembaga yang paling banyak merekrut PNS sepanjangan tahunnya. Jumlah PNS yang direkrut bukan main-main. Banyaknya peminat di lembaga ini tak lepas dari tingginya gaji dan tunjangan yang ditawarkan di sini sebagai PNS.

 

6.Hukum

Jurusan hukum kini jadi salah satu jurusan yang akan dibuka tahun depan.

Hal ini sudah ditegaskan langsung oleh Kemenpan RB bahwa pemerintah kini membutuhkan hakim, jaksa dan aparat penegak hukum lainnya sebagai pegawai negeri.

 

7. Bidang Teknologi informasi dan programer 

Hampir setiap kementerian membutuhkan layanan dari jurusan ini. Pesatnya perkembangan  internet dan dunia digital  memaksa masyarakat untuk menyediakan data dan kelengkapan yang akurat dan cepat. Nah, disinilah peran  lulusan IT dan programmer yang paling dibutuhkan.