10 Pengertian Mekanisme Menurut Para Ahli

10 Pengertian Mekanisme Menurut Para Ahli

 

10 Pengertian Mekanisme Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pengertian mekanisme menurut para ahli

1) Pengertian mekanisme menurut Poerwadarmita : mekanisme ialah cara kerja dan seluk beluk dari suatu alat, perkakas, dan juga sebagainya.


2) Pengertian mekanisme menurut Bagus : mekanisme ialah suatu interaksi bagian satu dengan bagian lainnya sehingga sistem secara keseluruhan serta menghasilkan fungsi atau kegiatan dengan tujuannya.


3) Pengertian mekanisme menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) : mekanisme ialah dunia teknik yang berarti pemakaian mesin; alat-alat dari mesin; hal kerja mesin. Secara lengkapnya, mekanisme dalam dunia teknik digunakan sebagai media untuk menerangkan teori yang sesuai dengan gejala dan prinsip yang digunakan guna menjelaskan suatu sistem kerja mesin tanpa bantuan intelegensi suatu sebab maupun juga prinsip kerja. Berdasarkan KBBI, definisi mekanisme dapat dimaknai cara kerja, yang artinya cara kerja yang mengarah terhadap suatu mesin yang saling menjalankan pekerjaan yang melalui sistem yang sudah ada. Mekanisme akan melihat masing-masing fungsi dari bagian sistem keseluruhan.


4) Pengertian mekanisme menurut Moenir : mekanisme ialah rangkaian kerja alat yang digunakan dengan tujuan guna penyelesaian suatu masalah yang berhubungan dengan proses kerja, tujuannya agar mendapatkan hasil yang maksimal.


5) Pengertian mekanisme menurut Wikipedia : pengertian mekanisme berawal dari kata mechane yang mana kata tersebut merupakan dari bahasa Yunani yang artinya instrumen, mesin perangkat beban, perangkat, peralatan untuk membuat sesuatu serta terdapat juga dari kata mechos yang artinya sarana dan cara untuk menjalankan sesuatu.


6) Pengertian mekanisme dalam ekonomi : dalam bidang ekonomi pengertian mekanisme adalah suatu cara kerja pasar yang didasarkan oleh suatu sistem pasar yang telah ada. Sekarang ini, sistem pasar menurut prinsip Lassez Faire et Laissesz le monde va de lui meme yang artinya biarkan dia berbuat dan berjalan, dunia akan mengurus dirinya sendiri. Secara umum, definisi dari mekanisme pasar ialah suatu proses dalam penentuan harga berdasarkan dengan tingkat permintaan dan penawaran.


7) Pengertian mekanisme dalam psikologi : dalam bidang psikologi pengertian mekanisme yang berdasarkan KBBI yaitu pertahanan. Pertahanan berkaitan dengan bagaimana seseorang bisa melakukan kontrol kualitas pribadi serta dorongan yang merendahkan diri sehingga hal ini dapat mempengaruhi rasa cemas yang semakin bertambah.


8) Pengertian mekanisme dalam transaksi : dalam bidang transaksi, pengertian mekanisme adalah suatu cara kerja atau proses yang digunakan dalam melakukan suatu transaksi jual beli. Contohnya yaitu dalam transaksi jual beli online.


9) Pengertian mekanisme dalam Biologi : dalam bidang biologi mekanisme ialah suatu keadaan yang mana makhluk hidup dapat melakukan sesuatu hal dengan benar secara otomatis atau sesuatu hal yang sudah menjadi kebiasaan.


10) Pengertian mekanisme dalam Persalinan : dalam bidang persalinan, pengertian mekanisme ialah suatu bentuk adaptasi janin dengan jalan lahir selama dari proses penurunan, proses putaran dan juga suatu penyelesaian lainnya yang terjadi selama proses kelahiran manusia.