69 Pengertian atau Definisi Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

69 Pengertian atau Definisi Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

69 Pengertian atau Definisi Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Selamat Datang di Web Pendidikan www.edukasinesia.com
Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul 69 Pengertian atau Definis Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya:

69 Pengertian atau Definisi Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

69 Pengertian atau Definisi Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

1.Charles A. Mc Clelland:

Hubungan Internasional adalah studi tentang keadaan- keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.

2.Warsito Sunaryo

Hubungan Internasional merupakan studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi. Adapun yang dimaksud dengan kesatuan-kesatuan sosial tertentu bisa diartikan sebagai negara, bangsa, maupun organisasi negara sepanjang bersifat internasional.

3.Daniel S.Papp :

Hubungan Internasional adalah ilmu yang mempelajari masalah- masalah Internasional dan sistem yang membentuk hubungan internasional serta para aktor yang terlibat di dalamnya.

4.Spengler:

Hubungan internasional adalah menjalankan suatu politik untuk menaklukkan dunia dengan senjata dalam bentuk-bentuk kebudayaan baru dan vital.

5.Buku Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri RI (Restra)

Hubungan Internasional sebagai hubungan antarbangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut.

6.Karl W.Dentesh

Dalam bukunya The Analysis of Internasional relation, Hubungan Internasional merupakan proses transnasional yaitu berpengaruhnya suatu ide, perilaku, kejadian dari suatu negara ke negara lain.

7.Encyclopedia Americana

Hubungan Internasional sebagai hubungan politis, budaya, ekonomi ataupun pertahanan dan keamanan.

8.Mochtar Mas'oed

Hubungan Internasional merupakan bagian dari studi ilmu sosial yang mempelajari tentang interaksi setiap negara di dunia dalam segala aspek hubungan internasional yang meliputi diplomasi politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan.

9.Umar Suryadi Bakri

Hubungan internasional adalah kumpulan dari cabang-cabang ilmu pengetahuan yang mempunyai perhatian terhadap masalah-masalah internasional.

10.Sprout dan Sprout

Hubungan internasional membahas mengenai aktor-aktor (Negara, pemerintah, pemimpin, diplomat, masyarakat) yang bertujuan untuk maksud-maksud tertentu (sasaran, tujuan, harapan) dengan menggunakan sarana-sarana (seperti diplomasi, pemaksaan dan persuasi) yang dikaitkan dengan power atau kapabilitasnya.

11.Edward Hallet Card

Hubungan internasional adalah suatu hubungan yang dinamis dan dialektis yang membahas tentang menciptakan perdamaian dunia.

12.Robert Gilpin

Hubungan internasional ialah suatu ilmu yang mempelajari tentang ilmu-ilmu ekonomi politik internasional yang lebih menghadap pada politik keamanan militer yang seimbang.

13.John Herz

Hubungan internasional adalah mengidentifikasikan hubungan internasional sebagai konsep yang membahas tentang kebijakan luar negeri yang lebih mementingkan keamanan yang menjadi pusat perhatian semua rakyatnya.

14.George Kennan

Hubungan internasional lebih membahas pada prinsip dan tingkah laku dalam masyarakat sosial.

15.Stephen Krasner

Hubungan internasional yaitu studi hubungan internasional yang membahas tentang lingkup dan sifat dasar dari bidang studi hubungan internasional dalam masyarakat intern.

16. J.H. Wolfe

Hubungan internasional studi dari pola-pola tindakan (aksi) dan reaksi, di antara negara-negara berdaulat yang diwakili oleh elit-elit yang memerintah mereka.

17.Stanley Hofman

Hubungan internasional adalah berbagai subjek akademis terutama memperhatikan hubungan politik antar bangsa.

18.Trygive Mathisen

Hubungan internasional merupakan suatu bidang spesialisasi yang meliputi aspek- aspek internasional dari berbagai cabang ilmu dan merupakan sejarah baru dari politik internasional.

19. K.J. Hoksti

Hubungan internasional adalah suatu studi mengenai sistem internasional, suatu kumpulan satuan-satuan politik yang merdeka (seperti suku bangsa, negara-negara bangsa, negara-negara kota atau imperium) yang berinteraksi dengan frekuensi yang teratur.

20.John Houston

Hubungan internasional adalah suatu studi yang membahas interaksi di antara anggota-anggota dalam komunitas internasional atau mengenai tingkah laku aktor-aktor yang beroperasi dalam sistem politik internasional.

21.Umar Suryadi Bakri

Hubungan internasional adalah bidang studi yang bersifat multidisiplinan yang mengintegrasikan cabang-cabang ilmu pengetahuan lain yang mempelajari segi-segi internasional dari kehidupan sosial umat manusia.

22. Dr. Hilman Adil Cleland

Hubungan internasional adalah sebagai subjek akademi terutama memperhatikan hubungan politik antar bangsa.

23. Freddy L. Tobing: 

Hubungan internasional adalah suatu studi tentang hubungan yang ada di antara entitas politik yang berdaulat yang anarkis sifatnya.


24. Drs. R. Soeprapto

Hubungan internasional adalah studi mengenai interaksi antar aktor-aktor atau kesatuan sosial tertentu termaksud segala sesuatu di seputar interaksi tersebut. Interaksi tersebut berlangsung di dalam sistem internasional dimana negara merupakan aktor utama.

25. Couloumbis dan Wolfe

Hubungan internasional adalah bagian dari ilmu yang lebih luas yaitu ilmu yang menitikberatkan pentingnya studi fenomena politik pada tingkat global yang bersifat indisipliner.

26. Suwardi Wiraatmaja

Hubungan internasional sebagai ilmu sintesa yang menyatukan, menggabungkan dan memadukan berbagai disiplin yang memiliki perhatian terhadap masalah internasional.

27. Schawarzeneger

Hubungan internasional adalah sebagai bagian dari ilmu sosiologi yang khusus mempelajari masyarakat internasional.

28. Umar Surya Bakri

Hubungan internasional adalah hubungan yang mengintegrasikan berbagai macam ilmu yang concern terhadap ilmu sosial.

29. Drs. R. Soeprapto:

Hubungan internasional adalah studi mengenai aksi dan reaksi antar negara berdaulat yang dalam hal ini diwakili oleh para elit pemerintahannya masing-masing.

30. Trygive Mathisen:

Hubungan internasional merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri (distinc discipline), atau dengan kata lain merupakan sub-cabang dari ilmu pengetahuan tertentu.



69 Pengertian atau Definisi Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

31. Freddy B.L. Tobing:

Hubungan internasional adalah studi antar negara yang cakupannya lebih dari itu, unit-unit realisnya adalah organisasi-organisasi internasional. MNC, bahkan kelompok teroris dikatakan sebagai aktor hubungan internasional. Lebih dari itu, fokus bahasanya dapat pula diarahkan pada faktor-faktor internal negara.

32. Raymond Aron:

Hubungan internasional adalah hubungan antar unit politik yang masing-masing mengklaim diri berhak menentukan keadilan dan menjadi penengah bagi keputusan untuk berperang atau tidak.

33. Ishaq Rahman:

Hubungan internasional adalah ilmu yang diidentikkan dengan hubungan antar negara.

34. John Lierz:

Hubungan internasional adalah suatu pemikiran yang memasukkan pertimbangan-pertimbangan implikasi kehidupan politik terutama perubahan unit unit politik termasuk di dalamnya faktor keamanan dan kekuasaan yang inheren dalam kehidupan sosial manusia.

35. G. Kausolas:

International relation is branch of social sciences dealing with those politicians, development, and interactions the effect of which.

36. Quicy Wright

International relation as a comprehensive, comprehensible, coherent and self correcting body of knowledge contributing to the understanding, the prediction, the evaluation, and the control of relation among states and of the condition of the world.

37. Charles McClelland

Hubungan internasional sebagai sebuah studi mengenai semua bentuk pertukaran, transaksi, hubungan, arus informasi, serta berbagai respon perilaku yang muncul di antara dan antar masyarakat yang terorganisir secara terpisah, termaksud komponen-komponennya.

38. Couloumbis:

Hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari pola-pola aksi dan reaksi di antara negara-negara berdaulat dimana perilaku elit pemerintah merupakan indikatornya.

39. Tulus Warsito:

Hubungan internasional adalah studi mengenai hubungan atau interaksi antar anggota masyarakat antar negara atau bangsa, baik yang govermental maupun yang non govermental.

40.  J.C. Johari:

Hubungan internasional merupakan sebuah studi tentang interaksi yang berlangsung di antara negara-negara berdaulat di samping itu juga studi tentang pelaku-pelaku non negara (non states actors) yang perilakunya memiliki dampak terhadap tugas-tugas Negara.

41. Couloumbis dan Wolfe

Hubungan internasional adalah studi yang sistematis mengenai fenomena-fenomena yang bisa diamati dan mencoba menemukan variabel-variabel dasar untuk menjelaskan perilaku serta mengungkapkan karakteristik-karakteristik atau tipe-tipe hubungan antar unit-unit sosial.

42. Mochtar Mas’oed

Hubungan internasional merupakan hubungan yang sangat kompleksitas karena di dalamnya terdapat atau terlibat bangsa-bangsa yang masing-masing berdaulat sehingga memerlukan mekanisme yang lebih rumit dari pada hubungan antar kelompok.


69 Pengertian atau Definisi Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

43. Tulus Warsito

Hubungan internasional adalah studi tentang interaksi dari politik luar negeri dari beberapa negara.

44. Drs. R. Soeprapto

Hubungan internasional adalah sebagai spesialisasi yang mengintegritaskan cabang-cabang pengetahuan lain yang mempelajari segi-segi internasional kehidupan sosial umat manusia.

45. Para Tradisionalis

Hubungan internasional serupa dengan diplomasi dan strategi serta kerjasama dan konflik atau secara lebih sederhana hubungan internasional merupakan studi tentang perang dan damai.

46. Drs.R Soeprapto

Hubungan internasional adalah studi yang orientasinya bersifat efektif (orientasi pasca perilaku ) yang sering mengkombinasikan unsur-unsur pendekatan ilmiah dengan tujuan yang jelas nilainya seperti mensubstitusikan perang dengan metode-metode perdamaian untuk menyelesaikan pertikaian, pengendalian penduduk, perlindungan terhadap lingkungan, pemberantasan penyakit, kemelaratan manusia.

47. Trygive Mathisen

Hubungan internasional merupakan semua aspek internasional dari kehidupan sosial umat manusia, dalam arti semua tingkah laku manusia yang terjadi atau berasal dari suatu negara dapat mempengaruhi tingkah laku manusia di negara lain.

48. Kenneth W.Thompson

Hubungan internasional adalah studi tentang rivalitas antar bangsa beserta kondisi-kondisi dan institusi-institusi yang memperbaiki atau memperburuk rivalitas tersebut.

49. Teuku May Rudi:

Hubungan internasional mencakup berbagai macam hubungan atau interaksi yang melintasi batas-batas wilayah negara dan melibatkan pelaku-pelaku yang berbeda kewarganegaraan.

50. Nicholas J.Spykman:

International relations are relations between individuals belonging to diferrent states which can create the international behavior.

51. Steve Chan:

International relation as interaction of those actors whose action or conditions have an important consecquens for outside the effective jurisdiction of their political units.

52. Loosely:

The term international relations could encompass many different activities international communication business transactions, athletic contest, tourism, scientific conferences, educational exchange programs and religious missionary.

53. Suwardi Wiraatmaja

Hubungan internasional mencakup segala hubungan antar bangsa dan kelompok bangsa dalam masyarakat dunia, dan kekuatan-kekuatan, tekanan-tekanan, proses-proses yang menentukan cara hidup, cara bertindak dan cara berpikir manusia.

54. Jeremy Bentham

Hubungan internasional adalah ilmu yang merupakan suatu kesatuan disiplin dan memiliki ruang lingkup serta konsep-konsep dasar.

55. John Lewis Gaddis

Hubungan internasional adalah bidang kajian yang bermanfaat bagi negarawan dalam usaha untuk membangun dunia yang lebih baik.

56. Richard A. Falk

Mengidentifikasikan hubungan internasional sebagai pola-pola hubungan antar negara dengan prinsip-prinsip “legal “ dan konstitusional dalam hubungannya dengan hubungan internasional.

57. Johnuin cent

Hubungan internasional membahas pada hubungan antar negara mengenai politik internasional dan perjuangan kekuasaan masyarakat internasional.

58. Michael Walzer:

Hubungan internasional menggambarkan upaya ambisius mengenai batasan etnis oleh setiap negara.

59. J. Ann Tikner:

Hubungan internasional membahas tentang pengetahuan perspektif dalam dimensi internasional yang dilakukan oleh dua negara yang berkerjasama.


60. Michael Mann

Mengidentifikasikan hubungan internasional sebagai historical sociology dalam kaitannya dengan teori kekuatan hubungan antara masyarakat manusia.

61. Charles Tilly

Hubungan internasional adalah membahas tentang perilaku negara dan kekuasaan politik internasional.
69 Pengertian atau Definisi Hubungan Internasional Menurut Para Ahli


62. Immanuel Walertein:

Hubungan internasional adalah membahas tentang ekonomi internasional yang memungkinkan setiap negara melakukan perdagangan intern.

63. Benedict Anderson:

Hubungan internasional adalah membahas tentang kekuatan politik, kepentingan nasional, dan pengakuan internasional dalam batas-batas negara yang ditentukan.

64. Ernest Gellner:

Hubungan internasional adalah membahas tentang ilmu sosial yang objektif yang merupakan konteks dalam masyarakat internasional.

65. Anthony P. Smith

Hubungan Internasional adalah membahas tentang karakteristik nasional dan internasional setiap negara.

66. Raymond Aron

Hubungan internasional adalah suatu hubungan yang membahas tentang hubungan domestik dan hubungan internasional antar negara yang satu dengan yang lain.

67. Hans Margenthau: 

Hubungan Internasional adalah study hubungan internasional yang membahas lingkup dan sifat dasar dari bidang studi HI dalam masyarakat sosial tertentu.

68. Francis Fukuyama

Hubungan Internasional adalah lebih membahas pada konflik interprestasi dalam bidang politik, ekonomi, sosial, dan hankam.
69 Pengertian atau Definisi Hubungan Internasional Menurut Para Ahli


69. Arga Probowisesa

Hubungan Internasional adalah hubungan yang melingkupi segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara dengan setiap individu dan kelompok dalam suatu negara atau wilayah sebagai aktornya yang mempengaruhi dinamika internasional kini dan nanti.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 69 Pengertian atau Definisi Hubungan Internasional Menurut Para Ahli. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, komentar, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     
Terima Kasih…

Salam Edukasi…