16 Pengertian atau Definisi Uang Menurut Para Ahli Ekonomi

16 Pengertian atau Definisi Uang Menurut Para Ahli Ekonomi 
16 Pengertian atau Definisi Uang Menurut Para Ahli Ekonomi
Mata Uang Rupiah


Selamat Datang di Blog Edukasi Lovers-Id

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul 16 Pengertian atau Definisi Uang Menurut Para Ahli Ekonomi

Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya:

Uang,Siapa yang tidak mengenal uang?saya rasa semua manusia mengetahui sebuah benda yang dinamakan dengan “uang”.Uang merupakan sebuah benda yang sangat-sangat vital bagi kehidupan manusia.Mengapa?ya,karena dengan uang maka segala barang atau jasa yang kita butuhkan dapat terpenuhi dengan baik.Uang dapat menjadi sumber positif maupun sumber negatif bagi kelangsungan kehidupan manusia.Ya,hal tersebut karena dengan uang maka kita dapat membeli makanan dan minuman yang kita butuhkan yang dapat bermanfaat bagi tubuh kita.Disamping itu uang juga dapat menjadi sumber negatif bagi manusia,hal ini tidak terlepas karena banyak sekali manusia yang menghalalkan segala cara termasuk mencuri untuk mendapatkan sebuah benda yang namanya “uang”.Oleh sebab itu alangkah baiknya kita sebagai manusia ciptaan Tuhan untuk tidak menjadi hamba uang,namun tetap berusaha mencari uang dengan cara yang sebaik mungkin.
    Untuk memperdalam pengetahuan kita tentang apa itu pengertian uang,berikut ini  merupakan beberapa pengertian-pengertian atau definis uang yang dikutip dari berbagai pendapat para ahli ekonomi,berikut ulasan selengkapnya:

16 Pengertian atau Definisi Uang Menurut Para Ahli Ekonomi  
16 Pengertian atau Definisi Uang Menurut Para Ahli Ekonomi
Mata Uang Rupiah


1.Dennis home Robertson : Definisi uang menurut Dennis home Robertson tertuang dalam bukunya yang berjudul Money mengatakan bahwa ”money is something accepted in payment for goods”. yang artinya menyatakan bahwa “uang adalah segala sesuatu yang bisa diterima dalam pembayaran  untuk mendapatkan barang.”
 

2. R.S. Sayers: Definisi uang menurut R. S. Sayers tertuang dalam bukunya yang berjudul Modern Banking menyatakan  bahwa “money is something that is widely accepted for the settlement of debts”. yang artinya menyatakan bahwa “uang adalah segala sesuatu yang umum diterima sebagai pembayaran  utang”.

3.A.C. Pigou : Definisi uang menurut A.C. Pigou tertuang dalam  bukunya yang berjudul the Veil of Money  “money are those things that  are widely used as a media for exchange” yang artinya menyatakan bahwa “uang adalah segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat penukar”.

4.Rolling G. Thomas: Definisi uang menurut  Rolling G. Thomas tertuang  dalam bukunya yang berjudul Our Modern Banking and Monetary System, ia mengatakan bahwa “money is something that is readily and generally accepted  by public in payment for  goods, services, and other valuable assets and for the payments for debts”. yang artinya menyatakan bahwa, “uang adalah suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk pembayaran pembelian barang, jasa dan barang berharga lainnya, serta untuk pembayaran utang”,

16 Pengertian atau Definisi Uang Menurut Para Ahli Ekonomi
Mata Uang Euro

5.TRI KUNAWANGSIH & ANTO PRACOYO :Uang merupakan alat tukar yang diterima pleh masyarakat sebagai alat pembayaran yang sah atas kesatuan hitungnya.

6.Anto Pracoyo dan Tri Kunawangsih: Uang merupakan sebagai alat tukar yang mampu untuk dipergunakan oleh para pelaku ekonomi global pada umumnya.

7.Menurut Albert Gailort Hart: Dalam bukunya yang berjudul Money Debt and Economic Activity, ia mendefinisikan uang sebagai suatu kekayaan yang dimiliki untuk dapat melunasi utang dalam jumlah tertentu dan pada waktu yang tertentu pula.
8.Menurut Walker: Ia mendefinisikan uang dengan mengatakan: “Money is what money does”. Artinya, uang adalah semua hal yang dapat dilakukan oleh uang itu. Dengan kata lain, uang adalah uang karena fungsinya sebagai uang dan bukan karena fungsi- fungsi yang lain.
9.Irma Rahmawati: Uang merupakan suatu benda yang mampu untuk disetujui oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai alat untuk penukaran dalam perdagangan.

10.Rismsky K. Judisseno: Uang Merupakan satu media yang mampu untuk diterima yang digunakan oleh setiap pelaku ekonomi atau pun Pelaku Pasar Uang guna mempermudah pada saat bertransaksi.

11.HUKUM: Menurut hukum, uang adalah benda yang merupakan alat pembayaran yang sah. Secara fungsional uang adalah suatu benda yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran. jika dilihat menurut nilainya, uang itu merupakan satuan hitungan yang dapat menyatakan sebuah nilai.

12.Ensiklopedia Indonesia: Uang merupakan segala sesuatu hal yang bisa digunakan dan juga umumnya dapat diterima sebagai alat penukar atau sebagai alat standar dalam pengukur sebuah nilai, seperti; pengukur standar uang, garansi penanggung utang, serta sebagai pengukur standar daya beli. 
13.George N. Halm: Uang merupakan hal untuk mempermudah perantara tukar-menukar dalam mengatasi masalah sistem barter atau kesulitan-kesulitan dalam transaksi kredit.
14.Walker: Uang merupakan semua hal yang dapat dijadikan sebagai uang, maksudnya uang memang memiliki banyak fungsi. Namun, fungsi utamanya ialah sebagai alat tukar.
15.Rolling G. Thomas: Uang merupakan segala sesuatu yang telah tersedia dan pada umumnya dapat untuk diterima sebagai alat untuk membayar barang atau pun jasa, serta sebagai alat untuk melunasi utang.


16 Pengertian atau Definisi Uang Menurut Para Ahli Ekonomi
Mata Uang Poundsterling Inggris

16.Menurut Mankiw : uang adalah : Persediaan aset yang bisa dengan segera digunakan untuk melakukan transaksi. Selain itu, uang merupakan segala sesuatu yang dapat dipakai atau diterima untuk melakukan pembayaran baik barang, jasa maupun hutang Uang mempunyai satu tujuan fundamental dalam sistem ekonomi, memudahkan pertukaran barang dan jasa, mempersingkat waktu dan usaha yang diperlukan untuk melakukan perdagangan. 

   


Dari berbagai pengertian atau definisi uang yang dikemukakan oleh para ahli ekonomi diatas, dapat disimpulkan bahwa uang mempunyai ciri-ciri dapat diterima oleh khalayak umum, dapat digunakan sebagai alat tukar, dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Uang adalah segala sesuatu yang umum diterima sebagai alat penukar, alat pengukur nilai, dan pada waktu yang bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.

Uang dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu (benda) yang diterima oleh masyarakat sebagai alat perantara dalam melakukan tukar-menukar atau perdagangan. Namun agar masyarakat menerima dan menyetujui penggunaan benda sebagai uang maka harus memenuhi dua persyaratan sebagai berikut:
·       Persyaratan psikologis, yaitu benda tersebut harus dapat memuaskan bermacam-macam keinginan dari orang yang memilikinya sehingga semua orang mau mengakui dan menerimanya.
·       Syarat teknis adalah syarat yang melekat pada uang, diantaranya:
1.                  Tahan lama dan tidak mudah rusak.
2.                  Mudah dibagi-bagi tanpa mengurangi nilai.
3.                  Mudah dibawa.
4.                  Nilainya relatif stabil.
5.                  Jumlahnya tidak berlebihan.
6.                  Terdiri atas berbagai nilai nominal. 

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 16 Pengertian atau Definisi Uang Menurut Para Ahli Ekonomi.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,komentar,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.

     Terima Kasih…

Salam Edukasi…



0 Response to "16 Pengertian atau Definisi Uang Menurut Para Ahli Ekonomi "

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru