33 Pengertian atau Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli Terlengkap

33 Pengertian atau Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli Terlengkap


33 Pengertian atau Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli Terlengkap


Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul 33 Pengertian atau Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli Terlengkap

 

Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya:

Artikel yang akan saya berikan pada kesempatan yang baik ini kepada sobat edukasi lovers ialah membahas mengenai Pengertian Ilmu Ekonomi dari berbagai sudut pandang dan pendapat para ahli Ilmu Ekonomi, oleh karena itu maka akan dapat ditemukanlah berbagai macam sumber kajian lainnya yang mampu untuk dapat memberikan dari berbagai macam pengertian yang menyangkut Ilmu Ekonomi. Perlu diketahui, sebagian besar dari Pengertian Ilmu Ekonomi yang dikemukakan para ahli (pakar) ini pastilah selalu dilatarbelakangi oleh landasan pengetahuan pada dasarnya. Misalnya saja, ketika seorang ahli (pakar) di bidang cabang ilmu matematika lebih cenderung memberi pendapatnya mengenai Ilmu Ekonomi tersebut dari sudut pandang matematika yang dimilikinya selama ini, begitu juga Pengertian Ilmu Ekonomi dari berbagai macam pakar yang ahli di bidang cabang ilmu lainnya dalam mengkaji Ilmu Ekonomi  berdasarkan ilmu-ilmu yang mereka miliki sebelumnya. Itulah yang menyebabkan Ilmu Ekonomi  kaya akan pengertian dari cabang ilmu-ilmu lainnya.Sehingga dengan kekayaan akan pengertian atau definisi ini,maka akan dapat menambah ilmu pengetahuan menjadi lebih luas lagi dan kita menjadi lebih memahami akan apa itu ilmu ekonomi.

Berikut ini merupakan Pengertian atau Definisi Ilmu Ekonomi berdasarkan pendapat para ahli , antara lain:



33 Pengertian atau Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli


33 Pengertian atau Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli Terlengkap


1.Menurut Pendapat Dari Robert B. Ekelund dan Robert D. Tollison: Ilmu Ekonomi itu merupakan kajian dari studi ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai bagaimana cara setiap manusia serta masyarakat yang selalu memiliki keinginan yang tidak pernah terbatas di dalam memilih bagaimana cara mereka untuk mengalokasikan sumber daya mereka yang terbatas demi memuaskan setiap dari keinginan mereka.

2.Menurut Pendapat Dari Samuekon: Ilmu Ekonomi merupakan sebuah kajian ilmu atau studi pengetahuan yang menganalisis secara rinci mengenai kerugian dan juga keuntungan demi meningkatkan kinerja dari pola-pola tertentu di dalam pemakaian terhadap setiap Sumber Daya Alam yang telah lama ada yang berada disekitar manusia itu sendiri.

3.Menurut Pendapat Dari Suherman Rosydi: Ilmu Ekonomi itu merupakan salah satu dari cabang ilmu serta studi pengetahuan yang selalu berupaya untuk memberikan seluruh pengetahuan dan juga pengertian mengenai gejala-gejala yang terdapat di masyarakat yang timbul disebabkan oleh perbuatan dari setiap manusia di dalam usahanya guna memenuhi kebutuhan atau pun cara dalam mencapai kemakmuran hidupnya.
4.Menurut Pendapat Dari Van Der Valk: Ilmu Ekonomi merupakan cabang dari studi pengetahuan yang selalu mempelajari mengenai tiap-tiap dari sebuah tindakan ekonomis yang dilakukan oleh setiap manusia yang disertakan juga dengan akibat yang dapat saja ditimbulkan atas setiap tindakan ekonomis itu.

5.Menurut Pendapat Dari William Beveridge: Ilmu Ekonomi itu merupakan salah satu kajian dari studi atau ilmu pengetahuan mengenai bagaimana cara manusia di dalam bekerjasama guna memperoleh seluruh keperluan material untuk kehidupan mereka sehari-hari.


6.Menurut Pendapat Dari Khursid Ahmad: Ilmu Ekonomi merupakan satu buah upaya yang bersifat sistematis dengan cara terus yang mencoba untuk memahami setiap permasalahan ekonomi dan juga perilaku manusia di dalam hubungannya dengan berbagai macam permasalahan tersebut berdasarkan dari sudut pandang ajaran agama Islam.

7.Menurut Pendapat Dari Lionel Robbins: Ilmu Ekonomi itu merupakan cabang studi ilmu pengetahuan yang mengkaji mengenai tingkah laku dari setiap manusia yang selalu berhubungan dengan kehendak mereka masing-masing biasanya selalu bersifat tidak terbatas berdasarkan dengan berbagai sumber terbatas dengan cara memaksimalkan kegunaan yang sudah ada (Utility).

8.Menurut Pendapat Dari Louis Cantori: Ilmu Ekonomi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang didasari atas segi Islami, yakni mengenai masalah-masalah yang menjamin berputarnya nilai dari harta yang ada diantara setiap manusia. Hingga manusia tersebut akan dapat memaksimalkan seluruh fungsi hidupnya hanya sebagai hamba Allah yang dipergunakan untuk selalu mencapai falah di dalam dunia dan juga di akhirat pada akhirnya (Hereafter).

9.Menurut Pendapat Dari M. Akram Khan: Ilmu Ekonomi itu merupakan ilmu pengetahuan yang memiliki tujuan untuk mempelajari mengenai kesejahteraan manusia (Falah) akan tercapai dengan cara memilih sumber-sumber daya bumi secara cermat dan dilaksanakan dengan didasari atas sebuah partisipasi dan juga kerjasama sebaik-baiknya.

10.Menurut Pendapat Dari M. Manullang: Ilmu Ekonomi merupakan studi atau ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai seluruh hal di dalam masyarakat demi usahanya guna mencapai kemakmuran, yakni sebuah keadaan di mana tiap-tiap manusia akan dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya dengan baik. Misalnya saja kebutuhan mengenai jasa atau pun barang-barang primer.

11.Menurut Pendapat Dari Mill J. S.: Ilmu Ekonomi itu merupakan sains praktikal atau ilmu pengetahuan mengenai seluk-beluk dalam hal pengeluaran serta penagihan.

12.Menurut Pendapat Dari Mogenstern dan Von Neumann: Ilmu Ekonomi merupakan disiplin ilmu yang sayang sekali jika tidak diperlakukan dengan cara yang tidak ilmiah, hal ini disebabkan karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi berbagai macam cara penyelesaian untuk menghadapi masalah-masalah yang mendesak pada zaman itu.

13.Menurut Pendapat Dari N. Gregory Mankiw: Ilmu Ekonomi itu merupakan studi atau cabang ilmu pengetahuan mengenai bagaimana cara masyarakat di dalam mengelola tiap-tiap sumber daya alam yang kini amat langka keberadaannya yang terdapat disekitar mereka.

14.Menurut Pendapat Dari Prof. Paul Anthony Samuelson: Ilmu Ekonomi merupakan cabang ilmu atau studi pengetahuan mengenai setiap cara manusia terhadap kegiatan pemanfaatan sumber-sumber alam terbatas (langka) yang didapati dan dinikmati untuk hidup mereka sehari-hari yang kemudian di dalam memperoleh berbagai barang produksinya, mereka tidak lupa untuk selalu berbagi pula kepada masyarakat yang terdapat disekitar mereka.

15.Menurut Pendapat Dari Penson: Ilmu Ekonomi itu merupakan ilmu pengetahuan yang selalu mengkaji mengenai kesejahteraan material pada setiap diri manusia.
33 Pengertian atau Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli Terlengkap


16.Menurut Pendapat Dari R. G. Lipsey: Ilmu Ekonomi merupakan suatu ilmu pengetahuan mengenai pemanfaatan sumber daya terbatas (langka) guna memenuhi seluruh kebutuhan manusia yang tidak pernah tidak terbatas.


17.Menurut Pendapat Dari Abraham Maslow: Ilmu Ekonomi merupakan salah satu bidang pengkajian di mana ilmu ini mencoba untuk menyelesaikan masalah-masalah atas keperluan manusia melewati berbagai sumber ekonomi yang telah ada berdasarkan kepada teori serta prinsip tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang sudah dianggap efektif dan juga efisien.
18.Menurut Pendapat Dari A. C. Pigou: Ilmu Ekonomi itu merupakan salah satu dari ilmu kajian yang dipergunakan untuk menambah jumlah dari pengeluaran guna taraf hidup seorang manusia akan terus meningkat dalam hidupnya.

19.Menurut Pendapat Dari Adam Smith: Ilmu Ekonomi merupakan ilmu dengan cara sistematis yang mempelajari mengenai seluk-beluk tingkah laku manusia di dalam usahanya guna mengalokasikan berbagai sumber daya terbatas atau tak terbatas untuk tercapainya tujuan-tujuan tertentu dalam kehidupannya.

20.Menurut Pendapat Dari Albert Meyers: Ilmu Ekonomi itu merupakan suatu ilmu mengenai pengetahuan yang membahas berbagai macam persoalan guna memenuhi kebutuhan hidup dari setiap manusia.

21.Menurut Pendapat Dari Alfred Marshall: Ilmu Ekonomi merupakan studi atau ilmu yang mempelajari mengenai kehidupan sehari-hari setiap manusia.

22.Menurut Pendapat Dari Alfred W.: Ilmu Ekonomi itu merupakan ilmu yang dibagi menjadi 3 golongan, yakni ilmu mengenai teori ekonomi, ilmu mengenai ekonomi terapan, serta ilmu mengenai ekonomi deskriptif.

23.Menurut Pendapat Dari Amwal: Ilmu Ekonomi merupakan salah satu dari studi atau cabang ilmu pengetahuan yang menjelaskan secara rinci mengenai bagaimana cara untuk menentukan keputusan yang paling efektif di dalam mengelola sumber daya yang telah ada dalam rangka guna memenuhi kebutuhan setiap manusia dalam suatu masyarakat.

24.Menurut Pendapat Dari Aristoteles: Ilmu Ekonomi itu merupakan sebagai suatu cabang ilmu kajian yang dapat dipergunakan dengan cara 2 jalan, yakni dengan cara untuk memakai segala hal yang mendekati kemungkinannya untuk dapat dipakai serta berdasarkan kemungkinan yang dapat dipergunakan untuk ditukarkan kembali dengan barang yang lain. Hal-hal inilah yang menyebabkan terjadinya nilai pemakaian dan juga nilai pertukaran.

25.Menurut Pendapat Dari Case dan Fair: Ilmu Ekonomi merupakan studi atau ilmu mengenai bagaimana cara dari setiap individu serta masyarakat untuk mengambil pilihan mempergunakan sumber daya langka yang sudah lama tersedia atas alam dan juga pada generasi manusia sebelumnya.


26.Menurut Pendapat Dari Edwin Cannan: Ilmu Ekonomi itu merupakan suatu ilmu atau studi yang kajiannya bertujuan untuk menerangkan berbagai faktor umum yang berguna di dalam menentukan dan menjalankan kebijakan yang bersifat material.

27.Menurut Pendapat Dari Ensiklopedi Indonesia: Ilmu Ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai berbagai macam usaha manusia guna mencapai kemakmuran dan juga merupakan suatu gejala-gejala yang dapat menimbulkan keterkaitan tertentu dalam hubungan usaha tersebut.

28.Menurut Pendapat Dari Frank Knight: Ilmu Ekonomi itu merupakan ilmu atau studi tentang cara dalam menindak lanjuti hubungan yang terkait dengan segala hal bersifat ekonomis.

29.Menurut Pendapat Dari Jack Hirshleifer: Ilmu Ekonomi itu merupakan cabang ilmu atau studi mengenai suatu keputusan di dalam memilih antara berbagai macam tindakan yang mungkin akan diambil, atau sebuah ilmu (studi) yang mempelajari mengenai apa yang akan terjadi apabila keputusan dari banyak orang yang saling mempengaruhi satu sama lain.

30.Menurut Pendapat Dari J. B. Say: Ilmu Ekonomi merupakan cabang ilmu yang dianggap sebagai sebuah kajian ilmu mengenai segala peraturan yang dapat saja menentukan kekayaan seseorang.

31.Menurut Pendapat Dari J. M. Keynes:  Ilmu Ekonomi itu merupakan suatu teknik berpikir yang memiliki kegunaan untuk mempertimbangkan sejumlah biaya serta bagian dari keuntungan.

32.Menurut Pendapat Dari J. L. Mey Jr.: Ilmu Ekonomi merupakan salah satu dari kajian ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai segala usaha manusia guna mencapai menuju ke arah apa yang disebut kemakmuran di dalam kehidupannya.

33.Menurut Pendapat Dari J. Van Zwijnregt: Ilmu Ekonomi itu merupakan cabang dari ilmu atau studi pengetahuan yang mempelajari dari tiap-tiap usaha manusia guna tercapainya suatu kemakmuran.

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 33 Pengertian atau Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli Terlengkap.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,komentar,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…

Salam Edukasi…


0 Response to "33 Pengertian atau Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli Terlengkap"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru