Sejarah Perkembangan Teknologi Persenjataan dan Ruang Angkasa Masa Perang Dingin


Sejarah Perkembangan Teknologi Persenjataan dan Ruang Angkasa Masa Perang Dingin
Sejarah Perkembangan Teknologi Persenjataan dan Ruang Angkasa Masa Perang Dingin



Sejarah Perkembangan Teknologi Persenjataan dan Ruang Angkasa Masa Perang Dingin

Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Sejarah Perkembangan Teknologi Persenjataan dan Ruang Angkasa Masa Perang Dingin

Berikut Pembahasannya

1.Perkembangan Teknologi Persenjataan



Sejarah Perkembangan Teknologi Persenjataan dan Ruang Angkasa Masa Perang Dingin
Perkembangan Teknologi Persenjataan


Pada masa berlangsungnya Perang Dingin, negara Amerika Serikat maupun Uni Soviet berusaha untuk melindungi diri dari serangan musuh dengan cara membangun angkatan bersenjata yang tangguh dan mengembangkan senjata mutakhir. Selain untuk melindungi serangan musuh, pengembangan teknologi dalam bidang persenjataan tersebut juga dimaksudkan untuk menjadikan dirinya sebagai negara yang paling kuat dan paling berpengaruh di dunia. Salah satu teknologi persenjataan yang dikembangkan secara besar-besaran pada masa Perang Dingin adalah pengembangan senjata nuklir antarnegara dan antarbenua. Baik pihak Amerika Serikat maupun Uni Soviet berusaha menghalalkan segala cara agar bisa mengembangkan senjata nuklirnya tanpa memperhitungkan dampaknya bagi kehidupan manusia. 

Pengembangan senjata nuklir tersebut pada akhirnya menimbulkan malapetaka bagi umat manusia. Misalnya, meledaknya reaktor nuklir Chernobyl pada tanggal 26 April 1986 yang menyebabkan ratusan orang terkontaminasi, puluhan orang meninggal dan cacat tubuh. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan teknologi nuklir dan senjata berat lainnya sangat meresahkan kehidupan umat manusia di dunia. Hal itu juga mengakibatkan semakin meningkatnya ketegangan dan memburuknya kondisi keamanan dunia. 

Apalagi setelah Amerika Serikat dan Uni Soviet melancarkan sistem aliansi, yaitu negara-negara yang memiliki musuh bersama berusaha membentuk wadah guna mempertahankan diri, antara lain.
a.    Pembentukan Cominform tahun 1947 sebagai suatu wadah kerja sama partai komunis di Eropa yang berpusat di Beograd, Yugoslavia;
b.    Perjanjian RRC-Uni Soviet tahun 1950 menghadapi Jepang;
c.    Pembentukan Pakta Warsawa pada tahun 1955 yang merupakan suatu bentuk kerja sama pertahanan keamanan negara komunis;
d.    Pembentukan NATO pada tahun 1949 sebagai wadah kerja sama militer di Eropa yang berpusat di Paris;
e.    Pembentukan ANZUS sebagai pakta pertahanan negara Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru tahun 1951;
f.     Pembentukan SEATO sebagai wadah kerja sama pertahanan di Asia Tenggara pada tahun 1954 yang terdiri atas Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Filipina, Singapura dan Selandia Baru.

2.Penjelajahan dan Perebutan Ruang Angkasa




Sejarah Perkembangan Teknologi Persenjataan dan Ruang Angkasa Masa Perang Dingin
Penjelajahan dan Perebutan Ruang Angkasa


Selama masa Perang Dingin berlangsung, hampir seluruh negara di penjuru dunia ikut terkena imbas dari pertentangan Amerika Serikat dan Uni Soviet. Karena Amerika Serikat dan Uni Soviet menganggap bahwa dunia menjadi semakin sempit untuk dijadikan ajang perebutan pengaruh maka kedua negara tersebut mengalihkan perhatian ke luar angkasa sebagai tempat yang masih bebas untuk diperebutkan oleh Amerika Serikat maupun Uni Soviet. Mula-mula Rusia meluncurkan pesawat ruang angkasa Sputnik I tanpa awak pada tahun 1957, diikuti oleh peluncuran Sputnik II yang membawa awak seekor anjing. 

Amerika Serikat mengimbangi dengan meluncurkan Explorer I pada tahun 1958, diikuti dengan Explorer II, Discover, dan Vanguard.Uni Soviet mengungguli dengan meluncurkan Lunik yang berhasil mendarat ke bulan, yang kemudian ditandingi oleh Amerika Serikat dengan melakukan pendaratan manusia di bulan. Manusia angkasa (astronaut) yang diluncurkan Uni Soviet pertama kali adalah Yuri Gagarin yang mengendarai pesawat ruang angkasa Vostok I yang berhasil mengitari bumi selama 108 menit (1961).Amerika Serikat menyusul dengan astronautnya yang pertama, Alan B. Sheppard yang berada di ruang angkasa selama 15 menit (1961).Uni Soviet menunjukkan kelebihannya dengan meluncurkan astronaut German Titov yang berhasil mengitari bumi selama 25 jam dengan pesawat Vostok II.Keberhasilan Uni Soviet itu disusul oleh Amerika Serikat dengan meluncurkan pesawat Friendship VII dengan John H. Glenn sebagai astronautnya dan berhasil mengitari bumi tiga kali.

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Sejarah Perkembangan Teknologi Persenjataan dan Ruang Angkasa Masa Perang Dingin. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik,maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
                Salam Edukasi…