Peta Jalur Masuk dan Persebaran Hindu Buddha di Indonesia Beserta Penjelasannya


Peta Jalur Masuk dan Persebaran Hindu Buddha di Indonesia Beserta Penjelasannya
Peta Jalur Masuk dan Persebaran Hindu Buddha di Indonesia Beserta Penjelasannya Terlengkap


Peta Jalur Masuk dan Persebaran Hindu Buddha di Indonesia Beserta Penjelasannya



Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Peta Jalur Masuk dan Persebaran Hindu Buddha di Indonesia Beserta Penjelasannya


Berikut Pembahasannya

1.Peta Jalur Masuk Hindu Buddha di Indonesia

Pengaruh Hindu Buddha di Indonesia sebagian besar dipengaruhi oleh aktivitas perdagangan dan pelayaran saat itu. Letak Indonesia yang strategis di tengah-tengah jalur perdagangan antara India dan Cina mengakibatkan banyak kapal dagang dari Cina dan India yang singgah ke Indonesia sehingga terjadilah hubungan dagang antara India, Indonesia, dan Cina. Hubungan dagang yang semula melalui jalur darat, makin ramai setelah melalui jalur laut yang melalui selat Malaka.

2.Peta Persebaran Hindu Buddha di Indonesia

Pengaruh Hindu Buddha yang masuk ke Indonesia sangat kuat, namun tidak merata di seluruh wilayah Indonesia. Pusat-pusat Hindu antara lain di Jawa, Kalimantan, dan Bali, sedangkan pusat Buddha di Sumatra. Daerah-daerah lainnya masih menganut kepercayaan nenek moyang.
Batas penyebaran Hindu Buddha dapat dibedakan secara politik dan budaya. Batas secara politis adalah batas penyebaran yang ditentukan berdasarkan letak pusat-pusat kerajaan yakni batas paling timur mulai dari bagian utara Kalimantan melintasi selat Makassar terus ke selatan. Batas secara budaya yaitu batas penyebaran yang ditentukan berdasarkan penyebaran terjauh berbagai peninggalan yang bercorak Hindu Buddha, yakni batas paling timur melintasi perairan antara Maluku dan Papua. Pusat-pusat Hindu Buddha yang berkembang menjadi kerajaan antara lain yakni Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Holing, Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Mataram, Syailendra, Medang Kamulan, Kediri, Pajajaran, dan Bali.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Peta Jalur Masuk dan Persebaran Hindu Buddha di Indonesia Beserta Penjelasannya.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
Salam Edukasi…