Pembagian Sosiologi Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannya Terlengkap

Pembagian Sosiologi Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannya Terlengkap



Pembagian Sosiologi Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannya Terlengkap
Alex Inkeles salah satu tokoh ahli yang menjabarkan pembagian sosiologi


Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Pembagian Sosiologi Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannya Terlengkap

Berikut Pembahasannya

Dari pandangan tokoh perintis sosiologi, kita melihat adanya persaman dan perbedaan mengenai pokok bahasan sosiologi.Auguste Comte membagi ilmu sosiologi menjadi statika sosial (sosiologi statis) dan dinamika sosial (sosiologi dinamis), sedangkan Emile Durkheim membagi sosiologi menjadi  sejumlah subdisiplin.Pembagian para tokoh awal ini hingga kini masih tetap berpengaruh.Perbedaan pandangan terjadi terutama terhadap struktur sosial dan proses sosial yang mmiliki sudut pandang tertentu.
Di kalangan para ahli sosiologi kini dijumpai kebiasaan untuk mengklasifikasikan pokok bahasan sosiologi ke dalam dua bagian.Nama yang diberikan setiap bagian tidak selalu sama, sebagaimana diungkapkan oleh Kamanto Sunarto (1993) sebagai berikut.
1)    Broom dan Selznick (1977) membedakan antara tatanan makro (macroorder)  dan tatanan mikro (microorder).
2)    Jack Douglas (1973) membedakan antara perspektif makrososial (macrosocial perspective) dan perspektif mikrososial (microsocial perspective).Jack Douglas (1973) membedakan sosiologi antara sosiologi kehidupan sehari-hari (the sociology of everyday life situations) dan sosiologi struktur sosial (the sociology of social structures).
3)    Doyle Paul Jhonson (1981) membedakan antara jenjang makro dan mikro.
4)    Randall Collins (1981) membedakan antara makrososiologi (macrosociology) dan mikrososiologi (microsociology).
5)    Alex Inkeles (1965) membagi sosiologi menjadi tiga pokok bahasan yang khas, yaitu hubungan sosial, institusi, dan masyarakat.

Upaya untuk menjabarkan perbedaan antara makrososiologi dan mikrososiologi dapat dijumpai pada pendapat beberapa tokoh berikut, yakni antara lain sebagai berikut.
1)    Gerhard Lenski



Pembagian Sosiologi Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannya Terlengkap
Gerhard Lenski


Gerhard Lenski (1985) mengemukakan bahwa dalam sosiologi terdapat tiga jenjang analisa, yaitu mikrososiologi, mesososiologi, dan makrososiologi.Para ahli mikrososiologi mempelajari dampak sistem sosial dan kelompok primer pada individu.Para ahli mesososiologi tertarik pada institusi khas dalam masyarakat mereka, sedangkan para ahli makrososiologi mempelajari ciri masyarakat secara keseluruhan dan sistem masyarakat umum.

2)    Alex Inkeles
Alex Inkeles (1965) melihat bahwa sosiologi memiliki tiga pokok bahasan yang khas, yakni hubungan sosial, institusi, dan masyarakat.Ia mengatakan hubungan sosial adalah “molekul” kehidupan sosial yang merupakan satuan analisa khas sosiologi.Pendapatnya ini banyak dipengaruhi oleh pandangan Max Weber.
Alex Inkeles menyatakan sistem kompleks hubungan membentuk institusi sebagai pokok bahasan tersendiri dalam sosiologi.Pandangannya ini dipengaruhi oleh Emile Durkheim yang mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mengenai institusi.
Berdasarkan karya Max Weber yang menggunakan masyarakat sebagai satuan analisa, Alex Inkeles mengatakan bahwa pokok bahasan sosiologi tidak hanya membahas bagian tertentu masyarakat, tetapi mempelajari masyarakat itu sebagai satuan analisa.

3)    Selo Soemardjan
Selo Soemardjan dalam disertasinya, Social Changes in Yogyakarta (1962), pokok bahasannya jika dilihat dari segi ruang adalah masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, suatu pokok bahasa yang jauh melampaui batas pandang seseorang.Dari segi waktu, kita menjumpai bahwa perubahan di Yogyakarta yang dikaji meliputi jangka waktu cukup panjang karena mencakup periode penjajahan Belanda, pendudukan Jepang dan Kemerdekaan.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Pembagian Sosiologi Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannya Terlengkap.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
         Salam Edukasi…

0 Response to "Pembagian Sosiologi Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannya Terlengkap"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru