Sejarah Kabinet-Kabinet di Indonesia Selama Masa Demokrasi Liberal

Sejarah Kabinet-Kabinet di Indonesia Selama Masa Demokrasi Liberal

Sejarah Kabinet-Kabinet di Indonesia Selama Masa Demokrasi Liberal
Sejarah Kabinet-Kabinet di Indonesia Selama Masa Demokrasi Liberal


Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Sejarah Kabinet-Kabinet di Indonesia Selama Masa Demokrasi Liberal

Berikut Pembahasannya

Di Indonesia selama masa demokrasi liberal seringkali terjadi pergantian kabinet karena adanya mosi tidak percaya dari partai oposisi dalam DPR.Jatuh bangunnya berbagai kabinet tersebut menyebabkan terhambatnya program pembangunan pemerintah karena program kerja setiap kabinet tidak bisa dijalankan dengan baik.Dalam UUD 1950 ditetapkan bahwa sistem demokrasi yang digunakan adalah demokrasi liberal, sedangkan sistem pemerintahannya adalah kabinet parlementer.Dalam kabinet parlementer, kekuasaan pemerintahan tertinggi dipegang oleh perdana menteri, Presiden hanya berkedudukan sebagai kepala negara.Perdana menteri bersama para menteri (kabinet) bertanggung jawab kepada parlemen (DPR).
Dalam sistem demokrasi liberal, kedaulatan rakyat disalurkan melalui partai politik.Partai yang mempunyai wakil di pemerintahan disebut partai pemerintah.Sedangkan partai yang tidak  mempunyai wakil di pemerintahan disebut partai oposisi.Kabinet Parlementer yang berkuasa di Indonesia mengalami silih berganti menjalankan pemerintahan.Ketidakstabilan politik ini karena adanya mosi tidak percaya oleh oposisi dalam parlemen akibat kebijakan kabinet yang berkuasa.
Kabinet yang kebijakannya tidak selarasa dengan kehendak mayoritas anggota parlemen dapat dijatuhkan walaupun kabinet itu belum sempat menjalankan program-programnya.Itulah yang mengakibatkan silih bergantinya kabinet.Kabinet-kabinet di Indonesia selama masa demokrasi liberal tersebut, antara lain yakni sebagai berikut.
1.Kabinet Natsir
Kabinet Natsir berlangsung antara 7 September 1950-21 Maret 1951.Kabinet Natsir ini dipimpin oleh Moh. Natsir dari partai Masyumi.Program kerja Kabinet Natsir, antara lain yakni sebagai berikut.
a)    Melaksanakan Pemilu untuk memilih anggota Konstituante
b)    Menyempurnakan struktur pemerintahan dan kelengkapan negara.
c)    Menstabilkan keamanan negara
d)    Reorganisasi angkatan perang
e)    Menyelesaikan masalah Irian Barat

Namun, sebelum menyelesaikan programnya, kabinet Natsir telah jatuh pada tanggal 21 Maret 1951 karena mosi tidak percaya DPR mengenai pembentukan DPRD yang dinilai terlalu menguntungkan Masyumi.

2.Kabinet Sukiman
Kabinet Sukiman berlangsung antara 26 April 1951 sampai dengan 23 Februari 1952.Kabinet Sukiman dipimpin langsung oleh dr. Sukiman dari partai Masyumi.Program kerja Kabinet Sukiman berusaha meneruskan program kerja kabinet Natsir.Namun, sebelum melaksanakan programnya kabinet Sukiman telah jatuh pada tanggal 23 Februari 1952 karena mosi tidak percaya DPR mengenai program bantuan militer Amerika Serikat Mutual Security Act yang dianggap menyalahi politik luar negeri bebas aktif Indonesia.

3.Kabinet Wilopo


Sejarah Kabinet-Kabinet di Indonesia Selama Masa Demokrasi Liberal
Kabinet Wilopo


Kabinet Wilopo berlangsung antara 30 Maret 1952-3 Juni 1953.Kabinet Wilopo dipimpin oleh Mr. Wilopo dari PNI.Program kerja kabinet Wilopo berusaha meneruskan program kerja kabinet Sukiman dan melaksanakan politik luar negeri bebas aktif.Namun, sebelum melaksanakan programnya kabinet Wilopo telah jatuh pada tanggal 3 Juni 1953 karena mosi tidak percaya DPR atas penyelesaian kasus tanah di Tanjung Morawa dan masalah alokasi keuangan di Sulawesi.

4.Kabinet Ali-Wongso
Kabinet Ali-Wongso berlangsung antara 1 Agustus 1953-24 Juli 1955.Kabinet Ali-Wongso dipimpin oleh Ali Sastroamijoyo dari PNI dan Mr. Wongsonegoro dari PIR sebagai wakil PM.Program kerja kabinet Ali-Wongso, antara lain yakni sebagai berikut.
a)    Menumpas pemberontakan DI/TII (Darul Islam/Tentara Islam Indonesia)
b)    Melaksanakan Pemilu
c)    Mengembalikan Irian Barat
d)    Menyelenggarakan KAA (Konferensi Asia Afrika)

Masa pemerintahan kabinet Ali-Wongso terganggu oleh pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) di Aceh dan Sulawesi Selatan.Salah satu prestasi kabinet Ali-Wongso adalah menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung pada tahun 1955 dengan sukses.Kabinet Ali-Wongso jatuh pada tanggal 24 Juli 1955 karena peristiwa 27 Juni 1955 mengenai pergantian pimpinan TNI AD.

5.Kabinet Burhanuddin Harahap
Kabinet Burhanuddin Harahap berlangsung antara 24 Agustus 1955-3 Maret 1956 yang dipimpin oleh Burhanuddin Harahap dari partai Masyumi.Kabinet Burhanuddin Harahap berhasil menyelenggarakan Pemilu 1955 dengan sukses.Kabinet ini berakhir pada tanggal 3 Maret 1956 setelah menyerahkan mandat pemerintahan setelah DPR hasil Pemilu 1955 terbentuk.

6.Kabinet Ali Sastroamijoyo II
Kabinet Ali Sastroamijoyo II berlangsung antara Maret 1956-Maret 1957 dengan dipimpin oleh Ali Sastroamijoyo dari partai PNI.Banyaknya pemberontakan di daerah dan ketidakstabilan politik menyebabkan kabinet Ali Sastroamijoyo II jatuh dan digantikan oleh kabinet Juanda.

7.Kabinet Juanda


Sejarah Kabinet-Kabinet di Indonesia Selama Masa Demokrasi Liberal
Kabinet Juanda (Kabinet Karya)


Kabinet Juanda dilantik pada tanggal 9 April 1957 dengan dipimpin oleh Ir. Juanda.Program kerja kabinet Juanda atau kabinet Karya, antara lain yakni sebagai berikut.
a)    Membentuk Dewan Nasional
b)    Normalisasi keadaan Republik Indonesia
c)    Pembatalan KMB
d)    Merebut Irian Barat


Pergantian kabinet pada masa demokrasi liberal tersebut menyebabkan ketidakstabilan politik nasional.Selain itu, pembangunan tidak dapat dijalankan dengan baik karena setiap kabinet tidak mampu menyelesaikan masa jabatannya hingga tuntas.Situasi tersebut disebabkan persaingan antarpartai politik yang saling berebut kekuasaan.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Sejarah Kabinet-Kabinet di Indonesia Selama Masa Demokrasi Liberal.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
Salam Edukasi…


0 Response to "Sejarah Kabinet-Kabinet di Indonesia Selama Masa Demokrasi Liberal"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru