52 PENGERTIAN ATAU DEFINISI PERUBAHAN SOSIAL MENURUT PARA AHLI

52 PENGERTIAN ATAU DEFINISI PERUBAHAN SOSIAL MENURUT PARA AHLI



52 PENGERTIAN ATAU DEFINISI PERUBAHAN SOSIAL MENURUT PARA AHLI


Selamat Datang di Blog edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul 52 PENGERTIAN ATAU PERUBAHAN SOSIAL MENURUT PARA AHLI


Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya:


Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat. Perubahan sosial merupakan salah satu kajian ilmu sosiologi. Perubahan sosial mencakup perubahan pada norma-norma sosial, nilai-nilai sosial, interaksi sosial, pola-pola perilaku, organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan masyarakat, susunan kekuasaan, dan wewenang. Karena luasnya bidang-bidang perubahan sosial tersebut, maka diperlukan suatu pengertian perubahan sosial yang mampu mencakup seluruh bidang tersebut. Nah, berikut adalah beberapa pengertian perubahan sosial menurut para ahli sosiologi. 

52 PENGERTIAN PERUBAHAN SOSIAL MENURUT PARA AHLI


1)    Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Prof. Selo Soemardjan :“Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya”.
2)    Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Hans Garth : Perubahan sosial adalah sesuatu yang terjadi dalam waktu tertentu sebagai peran, organisasi, atau perintah yang mencakup hubungan sosial.
3)    Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Robert M.I Lawang : “Perubahan sosial adalah proses ketika dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan-perbedaan yang dapat diukur yang terjadi dalam suatu kurun waktu tertentu”.
4)    Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Gillin dan Gillin (John Luwis Gillin dan John Philip Gillin) “Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat”.
5)    Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Emile Durkheim : “Perubahan sosial terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik”.
6)    Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli William F. Ogburn : “Ruang lingkup perubahan-perubahan sosial meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun yang immaterial, yang ditekankan adalah pengaruh besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial”.
7)    Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Bruce J. Cohen : “Perubahan sosial adalah perubahan struktur sosial dalam organisasi sosial sehingga syarat dalam perubahan itu adalah sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai sosial dan budaya masyarakat”.
8)    Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Robert Morrison Mac Iver : “Perubahan sosial adalah perubahan dalam bidang hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan dalam hubungan sosial tersebut”.
9)    Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Roucek dan Warren : “Perubahan sosial sebagai perubahan dalam proses sosial atau dalam struktur masyarakat”.
10) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Kingsley Davis : “Perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat”.
11) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Max Weber : “Perubahan sosial budaya adalah perubahan situasi dalam masyarakat sebagai akibat adanya ketidaksesuaian unsur-unsur”.
12) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Samuel Koening : “Perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut terjadi karena sebab-sebab intern maupun ekstern”.
13) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Robert H. Lauer : “Perubahan sosial sebagai perubahan dalam segi fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individual hingga tingkat dunia”.
14) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi : “Perubahan sosial merupakan suatu proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang mencakup nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, serta kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik dalam aspek kehidupan material maupun nonmateri”.
15) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli W. Kornblum : “Perubahan sosial budaya adalah perubahan suatu budaya masyarakat secara bertahap dalam jangka waktu lama”.
16) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Pasurdi Suparlan : “Perubahan sosial adalah perubahan dalam struktur sosial dan pola-pola hubungan sosial yang mencakup sistem status, hubungan keluarga, sistem politik dan kekuasaan, maupun penduduk”.
17) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Atkinson dan Brooten : “Definisi perubahan merupakan kegiatan atau proses yang membuat sesuatu atau seseorang berbeda dengan keadaan sebelumnya dan merupakan proses yang menyebabkan perubahan pola perilaku individu atau institusi. Ada empat tingkat perubahan yang perlu diketahui yaitu pengetahuan, sikap, perilaku, individual, dan perilaku kelompok”.
18) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Wilbert E. Moore : “Perubahan sosial merupakan evolusi rektilinier yang sederhana dimana fungsi waktu berbanding lurus dengan perubahan peradaban. Ia mempercayai bahwa perubahan dapat ditentukan oleh waktu kapan perubahan itu terjadi”.
19) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Hans Garth dan C. Wright Mills : “Perubahan sosial adalah apapun yang terjadi dalam kurun waktu tertentu terhadap peran, lembaga, atau tatanan yang meliputi hubungan sosial”.

20) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Wikipedia : Perubahan sosial adalah perubahan dalam lembaga-lembaga sosial di masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial, termasuk nilai-nilai, sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.



21) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Prof. Selo Soemardjan mengatakan bahwa perubahan sosial diartikan sebagai perubahan-perubahan yang terjadi pada suatu lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosial masyarakatnya.

22) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Robert M.I Lawang menerangkan bahwa Perubahan sosial merupakan proses dalam suatu sistem sosial ketika di dalamnya terdapat perbedaan perbedaan yang dapat di ukur dan terjadi pada kurun waktu tertentu.

23) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Gillin dan Gillin (John Luwis Gillin dan John Philip Gillin) berpendapat bahwa Perubahan sosial merupakan sebuah perubahan yang terjadi akibat suatu variasi dari proses atau cara hidup yang sudah diterima, karena adanya perubahan kebudayaan material, kondisi geografi, komposisi penduduk, difusi maupun adanya ideologi dalam suatu masyarakat.

24) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Emile Durkheim mengatakan perubahan sosial dapat terjadi sebagai buah dari faktor-faktor demografis dan ekologis, yang mampu mengubah kehidupan sosial masyarakat dari kondisi tradisional – yang diikat oleh solidaritas mekanistik – ke kondisi masyarakat modern – yang diikat solidaritas organistik.

25) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli William F. Ogburn berpendapat bahwa Ruang lingkup perubahan sosial meliputi semua unsur kebudayaan, baik yang material dan juga yang immaterial, yang paling ditekankan adalah pengaruh utama unsur-unsur kebudayaan yang berupa material terhadap unsur-unsur yang berupa immaterial.


52 PENGERTIAN ATAU DEFINISI PERUBAHAN SOSIAL MENURUT PARA AHLI



26) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Bruce J. Cohen berpendapat bahwa perubahan sosial merupakan perubahan pada struktur sosial dalam sebuah organisasi sosial, sehingga persyaratan dalam perubahan itu sendiri adalah pada sistem sosial serta perubahan hidup di dalam nilai sosial-budaya masyarakat.

27) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Robert Morrison Mac Iver mengemukakan bahwa perubahan sosial merupakan segala perubahan dalam hal hubungan sosial atau segala perubahan terhadap keseimbangan di dalam hubungan sosial.

28) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Roucek dan Warren berpendapat bahwa perubahan sosial itu sebagai perubahan dalam sebuah proses sosial, atau di dalam struktur masyarakat.

29) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Max Weber mengatakan bahwa perubahan sosial-budaya merupakan perubahan situasi di dalam masyarakat yang menjadi akibat adanya ketidaksesuaian unsur unsur.

30) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Samuel Koening mengemukakan bahwa perubahan sosial selalu menunjuk pada adanya modifikasi-modifikasi yang terjadi di dalam pola-pola kehidupan. Modifikasi itu terjadi karena berbagai sebab intern maupun ekstern.

31) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Robert M.I Lawang : Perubahan sosial adalah proses ketika dalam suatu sistem sosial yang dapat diukur perbedaan yang terjadi dalam jangka waktu tertentu.


32) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Emile Durkheim : Perubahan sosial terjadi sebagai akibat dari faktor ekologi dan demografi, yang mengubah kehidupan orang-orang dari kondisi tradisional solidaritas mekanistik terikat, kondisi masyarakat modern terikat oleh solidaritas organistik”.

33) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli William F. Ogburn : Ruang lingkup perubahan sosial mencakup unsur-unsur dari kedua material dan immaterial budaya, penekanannya adalah unsur pengaruh besar dari budaya material untuk elemen materi.

34) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Prof. Selo Soemardjan : Perubahan sosial adalah perubahan dalam lembaga-lembaga sosial di masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial.

35) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Bruce J. Cohen : Perubahan sosial adalah perubahan struktur sosial dalam organisasi sosial sehingga perubahan adalah sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai-nilai sosial dan budaya”.

36) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Menurut Wikipedia : Perubahan sosial adalah perubahan dalam lembaga-lembaga sosial di masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial, termasuk nilai-nilai, sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

37) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli John Luwis Gillin : Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai variasi dari cara hidup yang telah diterima karena perubahan dalam geografi, materi budaya, komposisi penduduk, ideologi, atau difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.
38) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli John Philip Gillin : Perubahan sosial adalah sebagai variasi dari cara hidup yang telah diterima karena perubahan dalam geografi, materi budaya, komposisi penduduk, ideologi dalam masyarakat.

39) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Roucek dan Warren : Perubahan sosial sebagai perubahan dalam proses sosial atau dalam struktur masyarakat.

40) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Kingsley Davis : Perubahan sosial sebagai perubahan terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

41) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Max Weber : Budaya Perubahan sosial adalah untuk mengubah situasi di masyarakat sebagai akibat dari unsur perbedaan.

42) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Robert Morrison Mac Iver : Perubahan sosial adalah perubahan dalam bidang hubungan sosial atau perubahan keseimbangan hubungan sosial.

43) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Robert H. Lauer : Perubahan sosial sebagai perubahan dalam hal fenomena sosial pada berbagai tingkat kehidupan manusia, mulai dari individu ke tingkat dunia.

44) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi : “Perubahan sosial adalah proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian yang terjadi dalam gaya hidup orang-orang, yang mencakup nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, ekonomi hubungan sosial, dan lembaga lembaga-lembaga publik, baik dalam aspek materi dan non-materi “.

45) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli W. Kornblum : Perubahan sosial budaya adalah perubahan budaya secara bertahap dalam jangka panjang.

46) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Pasurdi Suparlan : Perubahan sosial adalah perubahan dalam struktur dan pola hubungan sosial yang mencakup status sistem, hubungan keluarga, politik dan sistem tenaga, dan populasi sosial.

47) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Samuel Koening : Perubahan sosial mengacu pada modifikasi terjadi dalam pola kehidupan manusia. Modifikasi ini terjadi karena penyebab internal dan eksternal.

48) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli C. Wright Mills : Perubahan sosial adalah segala sesuatu yang terjadi dalam waktu tertentu untuk peran, organisasi, atau perintah yang mencakup hubungan sosial.

49) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Wilbert E. Moore : Perubahan sosial adalah evolusi dari rektilinier sederhana di mana fungsi waktu berbanding lurus dengan perubahan peradaban. Ia percaya bahwa perubahan dapat ditentukan dengan waktu ketika perubahan terjadi.

50) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Brooten : Perubahan sosial adalah suatu kegiatan atau proses yang membuat sesuatu atau seseorang berbeda dari keadaan sebelumnya dan proses yang menyebabkan perubahan pola perilaku individu atau lembaga.

51) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Atkinson : Definisi perubahan adalah suatu kegiatan atau proses yang membuat sesuatu atau seseorang berbeda dari keadaan sebelumnya dan proses yang menyebabkan perubahan pola perilaku individu atau lembaga. Ada empat tingkat perubahan yang perlu diketahui bahwa pengetahuan , sikap, perilaku, individu dan perilaku kelompok .

52) Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli Hans Garth : Perubahan sosial adalah sesuatu yang terjadi dalam waktu tertentu sebagai peran, organisasi, atau perintah yang mencakup hubungan sosial.

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 52 PENGERTIAN ATAU DEFINISI PERUBAHAN SOSIAL MENURUT PARA AHLI.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…

Salam Edukasi…

0 Response to "52 PENGERTIAN ATAU DEFINISI PERUBAHAN SOSIAL MENURUT PARA AHLI"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru