Pengaruh Positif Dan Negatif Interaksi Desa Dengan Kota Baik Bagi Desa Maupun Kota

Pengaruh Positif Dan Negatif Interaksi Desa Dengan Kota Baik Bagi Desa Maupun Kota

Pengaruh Positif Dan Negatif Interaksi Desa Dengan Kota Baik Bagi Desa Maupun Kota

Pengaruh Positif Dan Negatif Interaksi Desa Dengan Kota Baik Bagi Desa Maupun Kota




Selamat Datang di Blog edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul  Pengaruh Positif Dan Negatif Interaksi Desa Dengan Kota Baik Bagi Desa Maupun Kota

Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya

Interaksi desa dengan kota menimbulkan pengaruh tersendiri baik bagi desa maupun bagi kota.Pengaruh tersebut dapat berupa pengaruh positif maupun pengaruh negatif bagi masing-masing kedua-duanya.Namun kenyaatannya  fakta di lapangan,pengaruh kota terhadap desa ternyata lebih mendominasi dalam proses interaksi desa-kota.Hal ini disebabkan oleh pengaruh dari kota ke desa terjadi melalui media massa,migrasi atau mobilitas (urbanisasi dan penglaju),tenaga ahli terdidik,serta lembaga swadaya masyarakat yang aktif dalam membina masyarakat pedesaan.Meskipun begitu,pengaruh desa terhadap kota dalam interaksi desa-kota juga tak kalah hebatnya.Hal ini dikarenakan oleh,di desa merupakan pusat penghasil bahan-bahan makanan bagi masyarakat perkotaaan.Untuk lebih memahami,bagaimana pengaruh interaksi desa-kota baik bagi desa maupun bagi kota,baik itu pengaruh positif maupun pengaruh negatif,simak penjelasannya berikut ini:
Dampak atau Pengaruh Positif Dan Negatif Interaksi Desa Dengan Kota Baik Bagi Desa Maupun Kota



1.    Pengaruh Positif Bagi Desa
   Ada cukup banyak pengaruh positif atau dampak positif dari adanya interaksi desa-kota.Adapun pengaruh positif tersebut,antara lain adalah sebagai berikut:
1)    Masuknya para ahli dari berbagai bidang disiplin ilmu dapat membantu dalam memajukan dan melestarikan lingkungan pedesaan,seperti mencegah erosi,menciptakan pembangkit listrik tenaga air,dan melestarikan sumber daya air.
2)    Pengetahuan penduduk desa menjadi semakin meningkat karena terdapat sarana pendidikan dasar dan menengah.
3)    Perkembangan di bidang wiraswasta seperti bidang kerajinan tangan,industri rumah tangga,peternakan,dan bidang pertukangan.
4)    Banyaknya guru di pedesaan dengan pengetahuan yang luas mengenai masalah pembangunan ,dapat menjadi penggerak kemajuan warga.
5)    Perubahan dalam orientasi ekonomi desa.
6)    Pengetahuan penduduk desa menjadi semakin meningkat,terutama pengetahun di bidang usaha-usaha nonagraris menjadi lebih terbuka,tidak terbatas di bidang pertanian saja,serta pengetahuan tentang masalah perdagangan dan ekonomi penduduk desa tidak hanya menjadi milik warga kota.Pengetahuan tentang masalah kependudukan terutama berkaitan tentang keluarga berencana juga lebih merata di daerah pedesaan.
7)    Adanya campur tangan pemerintah pusat dan daerah telah meningkatkan kualitas dan kuantitas di berbagai bidang.
8)    Teknologi tepat guna di bidang pertanian dan peternakan meningkatkan produksi dan penghasilan penduduk desa.
9)    Peningkatan hubungan desa-kota,karena perluasan jaringan lalu lintas.
10) Peningkatan penghasilan per kapita.
11) Masuknya tanaman perdagangan sebagai pengganti tanaman pertanian.
12) Adanya puskesmas yang didirikan di daerah pedesaan.
13) Adanya kegiatan di bidang pengendalian lingkungan yang sehat.
14) Adanya perubahan pekerjaaan karena berkembangnya transportasi.

2.Pengaruh Negatif Bagi Desa
   Selain memberikan dampak atau pengaruh positif yang cukup besar bagi desa karena adanya interaksi desa-kota.Adanya interaksi desa-kota ini juga memberikan dampak atau pengaruh negatif tersendiri bagi suatu desa dalam kaitan adanya interaksi desa-kota ini.Adapun pengaruh negatif tersebut,antara lain adalah sebagai berikut:
1)    Banyaknya orang kaya yang membeli tanah di pedesaan telah banyak mengubah tata guna lahan di pedesaaan.
2)    Adanya modernisasi di kota,dapat mendorong masyarakat desa untuk meninggalkan pekerjaan mereka di bidang pertanian.
3)    Masuknya kebudayaan kota ke desa yang kurang sesuai dengan kebudayaan ataupun tradisi desa cenderung menganggu tata pergaulan atau budaya desa.
4)    Banyaknya jenis lowongan pekerjaan di berbagai bidang yang ditawarkan di perkotaan dengan iming-iming gaji yang menjanjikan telah banyak menyerap pemuda desa,sehingga desa mengalami pengurangan tenaga kerja potensial di bidang pertanian.
5)    Pengaruh televise dan media massa juga mempunyai segi negative,misalnya pengaruh berita-berita yang tidak pantas dan film-film yang kurang mendidik dapat meningkatkan kriminalitas di pedesaan.


Pengaruh Positif Dan Negatif Interaksi Desa Dengan Kota Baik Bagi Desa Maupun Kota

Pengaruh Positif Dan Negatif Interaksi Desa Dengan Kota Baik Bagi Desa Maupun Kota






3.Pengaruh Positif Bagi Kota
    Adanya interaksi desa-kota ternyata juga memberikan dampak atau pengaruh positif bagi kota itu sendiri.Adapun dampak atau pengaruh positif adanya interaksi desa-kota bagi kota,antara lain adalah sebagai berikut:
1)    Jumlah tenaga kerja yang ada di wilayah perkotaan melimpah,hal ini disebabkan oleh banyaknya penduduk desa yang pergi ke kota,khusunya usia muda yang berbondong-bondong mencari pekerjaan di wilayah perkotaan.
2)    Produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat perkotaan di daerah perkotaan dapat dipasarkan hingga sampai ke wilayah pelosok desa,sehingga keuntungan yang diperoleh lebih besar.
3)    Tercukupinya kebutuhan bahan pangan bagi penduduk perkotaan yang sebagian besar berasal dari daerah pedesaan,seperti sayuran,buah-buahan,beras,dan lain sebagainya.

4.Pengaruh Negatif Bagi Kota
   Selain memberikan dampak atau pengaruh positif bagi kota karena adanya interaksi desa-kota.Adanya interaksi desa-kota juga memberikan dampak atau pengaruh negatif bagi kota.Adapun dampak atau pengaruh negatif tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
1)    Penduduk desa yang pergi ke daerah kota tanpa memiliki keahlian menimbulkan permasalahan baru bagi wilayah perkotaan,di antaranya yaitu semakin meningkatnya jumlah pengangguran dan meningkatnya jumlah penduduk miskin.
2)    Dapat mendorong tingginya tingkat kriminalitas di daerah perkotaan,hal ini disebabkan oleh bertambahnya jumlah pengangguran.
3)    Penduduk dengan pendapatan rendah,kesulitan mencukupi kebutuhan hidupnya,seperti sandang,pangan,papan,kesehatan,pendidikan dan juga hiburan.
4)    Nilai lahan di perkotaan yang semakin mahal,memaksa warga untuk menggunakan lahan atau tempat  yang tidak layak untuk permukiman,misalnya di bantaran kali atau sungai,pinggiran rel kereta api,dan juga kolong jembatan.
5)    Dapat mendorong terjadinya degradasi (penurunan) kualitas lingkungan.Hal ini bisa disebabkan oleh peningkatan jumlah penduduk kota yang semakin pesat,mendorong pembangunan secara besar-besaran di wilayah kota.



Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Pengaruh Positif Dan Negatif Interaksi Desa Dengan Kota Baik Bagi Desa Maupun Kota.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
     Terima Kasih…

Salam Edukasi…

0 Response to "Pengaruh Positif Dan Negatif Interaksi Desa Dengan Kota Baik Bagi Desa Maupun Kota"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru