Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG), Komponen-Komponen Sistem Informasi Geografis, dan Manfaat Sistem Informasi Geografis Beserta Penjelasan Mengenai Sistem Informasi Geografis Terlengkap

Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG), Komponen-Komponen Sistem Informasi Geografis, dan Manfaat Sistem Informasi Geografis Beserta Penjelasan Mengenai Sistem Informasi Geografis Terlengkap

Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG),Komponen-Komponen Sistem Informasi Geografis,dan Manfaat Sistem Informasi Geografis Beserta Penjelasan Mengenai Sistem Informasi Geografis Terlengkap


Selamat Datang di Web Pendidikan www.edukasinesia.com
Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG), Komponen-Komponen Sistem Informasi Geografis, dan Manfaat Sistem Informasi Geografis Beserta Penjelasan Mengenai Sistem Informasi Geografis Terlengkap

 


Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya

1.Pengertian Sistem Informasi Geografis


Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG),Komponen-Komponen Sistem Informasi Geografis,dan Manfaat Sistem Informasi Geografis Beserta Penjelasan Mengenai Sistem Informasi Geografis Terlengkap

Menurut seorang ahli yang bernama Aronoff, Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah segala jenis prosedur manual maupun berbasis komputer untuk menyimpan dan memanipulasi data bereferensi geografis. Selain itu, menurut ahli lainnya yang bernama Burrough, Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah kumpulan alat untuk mengumpulkan, menyimpan, menampilkan, dan mentransformasikan data spasial dari dunia nyata (real world).

Sedangkan menurut ESRI, Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sebuah sistem untuk mengatur, menganalisis, dan menampilkan informasi geografis. Berdasarkan uraian dari pengertian atau definisi Sistem Informasi Geografis (SIG) menurut para ahli tersebut dapat kita simpulkan atau kita rangkum sebuah konsep Sistem Informasi Geografis, antara lain yakni sebagai berikut:

a.    Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sistem komputer dan piranti lunak (software).
b.    Sistem Informasi Geografis (SIG) digunakan untuk berbagai macam variasi aplikasi.
c.    Sains Informasi Geografis merupakan ilmu sains yang melatarbelakangi teknologi Sistem Informasi Geografis.
d.    Informasi Geografis adalah informasi mengenai tempat di permukaan bumi.
e.    Teknologi informasi geografis meliputi Global Positioning System (GPS), remote sensing, dan Sistem Informasi Geografis.


     Sistem Informasi Geografis (SIG) berbeda dengan penggunaan SIG (GIS Aplication).Dalam artian Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah suatu sistem yang terdiri atas bagian-bagian (subsistem) dan memiliki tahapan-tahapan kerja. Sedangkan Penggunaan SIG (GIS Aplication) adalah tujuan digunakannya aplikasi sistem tersebut. 

Hal inilah yang menyebabkan Penggunaan SIG sangat luas karena mencakup berbagai disiplin ilmu, tidak hanya geografi saja, karena banyak ilmu dalam telaahnya menggunakan data yang bereferensi keruangan (geografis).Penggunaan SIG ini antara lain digunakan dalam beberapa bidang seperti bidang perencanaan wilayah, analisis bencana alam, teknik geologi, pertambangan,kehutanan,geoinformatika,biologi,perikanan,hidrologi,dan bidang lainnya. Tujuan SIG yang digunakan oleh berbagai disiplin ilmu tersebut pada dasarnya  adalah membantu penggambaran dan pemeliharaan data mengenai ruang geografis.

Pengertian atau Definisi Sistem Informasi Geografis (SIG) Menurut Para Ahli


1)    Menurut Aronaff (1989) : SIG adalah sistem informasi yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan, mengelola, memanipulasi dan menganalisa data serta memberi uraian.

2)    Menurut Burrough (1986) : SIG merupakan alat yang bermanfaat untuk pengumpulan, penimbunan, pengambilan kembali data yang diinginkan dan penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia.

3)    Menurut Kang-Tsung Chang (2002) : SIG sebagai a computer system for capturing, storing, querying, analyzing, and displaying geographic data.


4)    Menurut Murai (1999) : SIG sebagai sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan, transportasi, fasilitas kota, dan pelayanan umum lainnya.


5)    Menurut Marble et al (1983) : SIG merupakan sistem penanganan data keruangan.


6)    Menurut Bernhardsen (2002) : SIG sebagai sistem komputer yang digunakan untuk memanipulasi data geografi. Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk akusisi dan verifikasi data, kompilasi data, penyimpanan data, perubahan dan pembaharuan data, manajemen dan pertukaran data, manipulasi data, pemanggilan dan presentasi data serta analisa data


7)    Menurut Gistut (1994) : SIG adalah sistem yang dapat mendukung pengambilan keputusan spasial dan mampu mengintegrasikan deskripsi-deskripsi lokasi dengan karakteristik-karakteristik fenomena yang ditemukan di lokasi tersebut. SIG yang lengkap mencakup metodologi dan teknologi yang diperlukan, yaitu data spasial perangkat keras, perangkat lunak dan struktur organisasi


8)    Menurut Berry (1988) : SIG merupakan sistem informasi, referensi internal, serta otomatisasi data keruangan.


9)    Menurut Calkin dan Tomlison (1984) : SIG merupakan sistem komputerisasi data yang penting.


10) Menurut Linden, (1987) : SIG adalah sistem untuk pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan (manipulasi), analisis dan penayangan data secara spasial terkait dengan muka bumi.


11) Menurut Alter : SIG adalah sistem informasi yang mendukung pengorganisasian data, sehingga dapat diakses dengan menunjuk daerah pada sebuah peta.


12) Menurut Prahasta : SIG merupakan sejenis software yang dapat digunakan untuk pemasukan, penyimpanan, manipulasi, menampilkan, dan keluaran informasi geografis berikut atribut-atributnya.


13) Menurut Petrus Paryono : SIG adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, manipulasi dan menganalisis informasi geografi.



2.Komponen-Komponen Sistem Informasi Geografis (SIG)


Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG),Komponen-Komponen Sistem Informasi Geografis,dan Manfaat Sistem Informasi Geografis Beserta Penjelasan Mengenai Sistem Informasi Geografis Terlengkap

Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan sebuah sistem yang cukup kompleks, sebagai suatu sistem Sistem Informasi Geografis (SIG) memiliki berbagai komponen-komponen di dalamnya dengan berbagai karakteristiknya yang khas. Adapun komponen-komponen Sistem Informasi Geografis ini terdiri atas Perangkat Keras (Hardware),Perangkat Lunak (Software),serta Data dan Manajemen. Berikut Penjelasannya:

1)    Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras merupakan sebuah istilah yang tidak asing lagi bagi kita di era digital masa kini. Karena perangkat keras merupakan perangkat fisik yang berhubungan dengan sistem  komputer. Demikian juga halnya dengan perangkat keras Sistem Informasi Geografis merupakan perangkat-perangkat fisik yang digunakan dalam sistem komputer. Perangkat keras ini pada umumnya berupa mencakup CPU (Central Processing Unit),RAM, storage, input device, output device, dan peripheral lainnya. 

Central Processing Unit (CPU) merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi dan program, serta untuk mengendalikan seluruh operasi yang ada dalam sistem komputer. RAM digunakan oleh CPU untuk menyimpan sementara semua data dan program yang dimasukkan melalui input device, baik untuk jangka waktu yang pendek maupun jangka waktu yang panjang. 

Storage merupakan tempat penyimpanan data yang secara permanen, bentuknya dapat berupa harddisk, disket, CD-ROM, dan juga flashdisk. Input device merupakan peralatan yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam perangkat Sistem Informasi Geografis. Input Device yaitu meliputi keyboard, mouse, digitizer, scanner, kamera digital, dan lain sebagainya. 

Ouput device merupakan peralatan yang digunakan untuk mempresentasikan data atau informasi. Output device yaitu meliputi layar monitor, dan printer. Sedangkan peripheral lainnya maksudnya yakni seperti jaringan internet dengan kabel, modem, dan lain sebagainya, yang digunakan apabila diperlukan atau dengan kata lain sebagai pelengkap dalam sistem komputer Sistem Informasi Geografis.

2)    Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak (software) merupakan sekumpulan aplikasi-aplikasi atau program-program kerja yang ada di dalam sebuah komputer. Perangkat lunak khusus aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) sering digunakan untuk menjalankan tugas-tugas dalam Sistem Informasi Geografis (SIG).Perangkat lunak banyak terdapat dalam paket-paket program perangkat lunak yang terdiri atas multiprogram yang terintegrasi untuk mendukung kemampuan pemetaan digital, manajemen, dan analisis-analisis data geografi. 

Perangkat lunak aplikasi Sistem Informasi Geografis saat ini sangat banyak tersedia jenisnya dengan karakteristik dan kemampuan yang berbeda-beda. Hal yang perlu ditekankan ialah seseorang tidak boleh menyatakan bahwa satu perangkat lunak lebih baik daripada perangkat lunak yang lainnya karena hal ini sangat berdasar pada tergantung dengan tujuan dan keinginan dari si pengguna dan karakteristik perangkat  lunak yang sesuai untuk digunakan. 

Perangkat lunak atau aplikasi pada Sistem Informasi Geografis sebagian  ada yang berfokus pada data raster dan sebagian lainnya ada yang berfokus pada data vektor. Perangkat lunak atau aplikasi seperti ArcView dan MapInfo sangat cocok digunakan untuk data vektor sedangkan perangkat lunak atau aplikasi ILWIS lebih cocok digunakan untuk data raster.

3)    Data dan Manajemen

   Komponen Sistem Informasi Geografis selanjutnya ialah Data dan Manajemen. Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan suatu sistem yang dapat mengumpulkan serta menyimpan data dan informasi yang diperlukan baik itu secara tidak langsung dengan melalui mengimpor dari perangkat lunak SIG lainnya maupun secara langsung dengan cara melakukan digitasi data spasialnya dari peta analog ke dalam bentuk digital kemudian memasukkan data atributnya dari tabel atau laporan dengan menggunakan keyboard. Selain data, manajemen juga merupakan unsur atau komponen yang berperan cukup penting dalam Sistem Informasi Geografis. 

Manajemen dalam hal ini merupakan sumber daya manusia yang akan mengelola Sistem Informasi Geografis (SIG).Penggunaan SIG akan berhasil dengan baik, apabila dikerjakan oleh orang-orang yang memiliki keahlian dalam bidang pengolahan Sistem Informasi Geografis ini. Tenaga ahli yang mengelola Sistem Informasi Geografis ini  merupakan bagian yang sangat penting dalam Sistem Informasi Geografis karena berpengaruh terhadap bekerjanya suatu sistem dengan baik atau tidak.

3.Manfaat Sistem Informasi Geografis


Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG),Komponen-Komponen Sistem Informasi Geografis,dan Manfaat Sistem Informasi Geografis Beserta Penjelasan Mengenai Sistem Informasi Geografis Terlengkap

    Sistem Informasi Geografis memberikan banyak manfaat dalam berbagai bidang yang dapat membantu memudahkan pekerjaan manusia serta meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan manusia dalam bidang geografis. Menurut seorang ahli yang bernama Prahasta, ada beberapa manfaat Sistem Informasi Geografis (SIG),sehingga mendasari alasan berbagai disiplin ilmu untuk menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG),adapun manfaat tersebut, antara lain adalah sebagai berikut

Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG),Komponen-Komponen Sistem Informasi Geografis,dan Manfaat Sistem Informasi Geografis Beserta Penjelasan Mengenai Sistem Informasi Geografis Terlengkap

1)    Sistem Informasi Geografis (SIG) memberikan gambaran yang lengkap dan komprehensif mengenai kondisi di permukaan bumi. Oleh karena itu, dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) visualisasinya dapat memberikan berbagai informasi baik yang tersirat maupun tersurat.

2)    Sistem Informasi Geografis (SIG) dapat menurunkan informasi secara otomatis tanpa keharusan untuk selalu melakukan interpretasi secara manual, sehingga SIG dapat menghasilkan data spasial (tematik) yang merupakan hasil turunan dari data spasial yang lain.

3)    Sistem Informasi Geografis (SIG) sangat membantu proses pembentukan, pengembangan, atau perbaikan peta mental yang telah dimiliki oleh setiap orang yang selalu berdampingan dengan lingkungan fisik dunia nyata.

4)    Sistem Informasi Geografis (SIG) dapat digunakan sebagai alat bantu utama yang interaktif, menarik, dan menantang dalam usaha-usaha untuk meningkatkan pemahaman, pengertian, pembelajaran, mengenai ide atau konsep lokasi, ruang, dan unsur geografis yang ada di permukaan bumi berikut data atributnya.

5)    Sistem Informasi Geografis (SIG) memiliki kemampuan untuk menguraikan unsur-unsur di permukaan bumi ke dalam bentuk beberapa layer tematik data spasial, dari beberapa layer yang digabungkan, maka permukaan bumi dapat direkonstruksi kembali/dibuat model yang mewakili kenyataan sebenarnya.

6)    Sistem Informasi Geografis (SIG) memiliki kemampuan yang baik dalam memvisualisasikan data spasial berikut atribut-atributnya.

7)    Sistem Informasi Geografis (SIG) memiliki kemampuan untuk menghubungkan berbagai data pada suatu titik tertentu di bumi, menggabungkannya, menganalisis, dan akhirnya memetakan hasilnya. Data yang akan diolah pada SIG merupakan data spasial yaitu sebuah data yang berorientasi geografis dan merupakan lokasi yang memiliki sistem koordinat tertentu sebagai dasar referensinya.

8)    Aplikasi SIG dapat menjawab berbagai macam hal dan persoalan seperti lokasi, kondisi, pola, tren, dan pemodelan. Kemampuan inilah yang membedakan SIG dari sistem informasi lainnya..



Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG), Komponen-Komponen Sistem Informasi Geografis, dan Manfaat Sistem Informasi Geografis Beserta Penjelasan Mengenai Sistem Informasi Geografis Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com  ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.

Terima Kasih…
Salam Edukasi…