3 Metode Dalam Penghitungan Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Lengkap

3 (Tiga) Metode Dalam Penghitungan Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Lengkap


3 Metode Dalam Penghitungan Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Lengkap





Selamat Datang di Web Pendidikan www.edukasinesia.com
Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul  3 (Tiga) Metode Dalam Penghitungan Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Lengkap

Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya


Ada tiga metode yang dapat digunakan dalam menghitung pendapatan nasional, yakni pendekatan nilai tambah, pendekatan pengeluaran dan pendekatan pendapatan, berikut penjelasan lengkapnya:

1.    Pendekatan Nilai Tambah (Value Added)


3 Metode Dalam Penghitungan Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Lengkap




    Pendekatan nilai tambah juga disebut dengan  pendekatan produksi. Penghitungan pendapatan nasional dengan pendekatan ini dilakukan dengan menjumlahkan nilai tambah dari semua sektor, baik itu sektor pertanian, perdagangan, industri, pertambangan, pembangunan, dan sektor-sektor yang lainnya. 

Ketika pendapatan nasional dihitung dari harga produk semua hasil produksi, terdapat kelemahan, yakni penghitungan ulang produk yang digunakan sebagai input bagi kegiatan produksi yang lain. Sebagai contoh, kayu diubah menjadi papan, dan papan digunakan sebagai bahan baku produksi mebel. 

Ketika produk kayu dihitung dan nantinya mebel juga dihitung produknya, maka terjadi penghitungan ganda. Hal ini tentu menyebabkan pendapatan menjadi bias (tidak jelas).Penghitungan pendapatan dengan cara menjumlahkan nilai tambahnya, dapat menghilangkan masalah pengulangan penghitungan, karena ketika produk digunakan lagi sebagai input, yang dihitung selisih input dan outputnya, bukan input produk sekarang dari output produksi sebelumnya.


2.    Pendekatan Pengeluaran



3 Metode Dalam Penghitungan Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Lengkap



   Menurut metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran, pendapatan nasional adalah seluruh pengeluaran semua pelaku ekonomi. Pengeluaran untuk konsumsi, tabungan, investasi yang dilakukan oleh masyarakat, maupun pengeluaran oleh pemerintah, serta selisih pengeluaran untuk barang impor dengan pemasukan karena melakukan ekspor selama satu tahun menjadi elemen dari pendapatan nasional. 

Tabungan sama nilainya dan tujuannya dengan investasi karena tabungan di bank pada nantinya juga diinvestasikan oleh bank dan nasabah mendapat bunga, sehingga ditemukan rumus pendapatan nasional.

Rumus :
Y = C + I + G + (x-m)

Y = C + S + G+ (x-m)


Ket :
Y = national income / pendapatan nasional
C = consumption / konsumsi
I  = investment / investasi
S = savings / tabungan masyarakat
G = government expenditure /pengeluaran pemerintah
 x (export) = export value / nilai ekspor
m (import) = import value / nilai impor

3.    Pendekatan Pendapatan



3 Metode Dalam Penghitungan Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya Lengkap




Menurut pendekatan pendapatan, pendapatan nasional adalah jumlah dari pendapatan yang diterima oleh pemilik faktor produksi karena memberikan faktor produksinya dalam kegiatan produksi. Ketika memiliki modal yang diinvestasikan, pemilik modal akan menerima bunga modal. 

Saat bekerja ( memiliki faktor produksi tenaga kerja) akan mendapatkan upah, ketika memiliki faktor produksi yang disewakan akan memperoleh uang sewa, dan ketika melaksanakan usaha sendiri, akan mendapatkan keuntungan, sehingga dapat diperoleh rumusnya adalah sebagai berikut:

Y = w + r + i + p

Ket :
Y = national income / pendapatan nasional
w (wage) = salary and wage / gaji dan upah
r (rent) = rent pay /uang hasil sewa
i (interest) = interest of capital owner / bunga pemilik modal
p (profit) = business profit / keuntungan hasil usaha

   Indonesia dan sebagian besar negara berkembang menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran dan pendekatan produksi nilai tambah,sedangkan negara-negara maju banyak yang menggunakan pendekatan pengeluaran dan pendapatan.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 3 (Tiga) Metode Dalam Penghitungan Pendapatan Nasional Beserta Penjelasannya LengkapSemoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com  ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.

Terima Kasih…
Salam Edukasi…