Pengertian Proyeksi Peta dan Penjelasan Mengenai Proyeksi Peta Terlengkap

Pengertian Proyeksi Peta dan Penjelasan Mengenai Proyeksi Peta Terlengkap

Pengertian Proyeksi Peta dan Penjelasan Mengenai Proyeksi Peta Terlengkap
Pengertian Proyeksi Peta dan Penjelasan Mengenai Proyeksi Peta Terlengkap



Selamat Datang di Blog edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Pengertian Proyeksi Peta dan Penjelasan Mengenai Proyeksi Peta Terlengkap


Berikut Penjelasannya:

1.Pengertian atau Definisi Proyeksi Peta

Pengertian Proyeksi Peta dan Penjelasan Mengenai Proyeksi Peta Terlengkap
Pengertian atau Definisi Proyeksi Peta



  Suatu peta merupakan penyajian grafis yang menggambarkan permukaan bumi berbentuk lengkung (permukaan seperti bola) menjadi penyajian pada bidang datar.Perubahan penyajian dari bidang lengkung ke bidang datar dapat menyebabkan kesalahan terutama jika daerah yang dipetakan sangat luas, seperti permukaan bumi.Proses mengubah bentuk permukaan bumi yang berbentuk bola ke permukaan datar ini disebut proyeksi peta.Secara sederhana proyeksi peta dapat diartikan sebagai cara pemindahan sistem pararel dan meridian yang ditetapkan pada bidang spheroid (globe) yang lengkung ke bidang datar (peta).Cara pemindahan ini dilakukan dengan sistematis dan matematis agar kesalahan yang diperoleh sekecil-kecilnya.Kesalahan ini pasti terjadi dalam transformasi dari bidang lengkung ke bidang datar terutama jika daerah yang dipetakan daerah luas.Kesalahan yang terjadi adalah kesalahan jarak, arah, bentuk, dan luas.
            Salah satu faktor penting perlu diketahui oleh pengguna peta adalah tentang sifat dari berbagai jenis proyeksi peta terkait penggunaannya.Misalnya, (a) peta yang akan digunakan untuk kepentingan membandingkan  besar/kecilnya luas negara haruslah mencari peta dengan proyeksi yang mempertahankan kebenaran luas, yaitu proyeksi-proyeksi equivalent (equa area), (b) peta yang akan digunakan untuk kepentingan navigasi, mestinya unsur arah harus dipertahankan kebenarannya, contohnya proyeksi Mercato (bersifat orthomarfik atau conformal atau bentuk dan arahnya benar).
            Faktor lain dalam memahami proyeksi peta adalah lokasi daerah atau pada bagian mana dari daerah yang akan dipetakan.Proyeksi silinder tertentu sangat baik digunakan untuk daerah-daerah di ekuator, karena kebenaran unsur geometris di daerah ini dapat dipertahankan semaksimal mungkin.Proyeksi yang baik untuk daerah kutub akan menggunakan bidang proyeksi bidang datar yang menyinggung salah satu kutub.
  Proyeksi adalah cara penggambaran garis-garis meridian dan paralel dari globe ke dalam bidang datar
Di dalam melakukan kegiatan proyeksi peta, ada beberapa hal yang tidak boleh terabaikan, yaitu:
1.    Peta harus equivalen, yaitu peta harus sesuai dengan luas sebenarnya di permukaan bumi setelah dikalikan dengan skala.
2.    Peta harus equidistan, yaitu peta harus mempunyai jarak-jarak yang sama dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi setelah dikalikan dengan skala.
3.    Peta harus konform, yaitu bentuk-bentuk atau sudut-sudut pada peta harus dipertahankan sesuai dengan bentuk sebenarnya di permukaan bumi


2.Jenis-Jenis Proyeksi Peta

Pengertian Proyeksi Peta dan Penjelasan Mengenai Proyeksi Peta Terlengkap
Jenis-Jenis Proyeksi Peta



            Ada tiga jenis klasifikasi proyeksi peta yang utama,antara lain yakni proyeksi azimuthal,proyeksi silinder, dan proyeksi kerucut.Berikut penjelasan selengkapnya:

a)    Proyeksi Azimuthal, bidang proyeksi berupa bidang datar dan menyinggung salah satu kutub.Daerah kutub dan sekitarnya cukup baik digambarkan dengan proyeksi ini karena tidak banyak kesalahan.
b)    Proyeksi Silinder, bidang proyeksi menyinggung ekuator dan digunakan untuk daerah di ekuator dan sekitarnya karena kesalahan di daerah ini tidak ada atau sangat kecil.
c)    Proyeksi Kerucut, bidang proyeksi berupa kerucut dan menyinggung salah satu pararel di sekitar lintang tengah cocok digunakan di daerah ini karena kesalahan yang sangat kecil, tidak ada kesalahan pada pararel singgung.

a)    Proyeksi bidang datar / Azimuthal / Zenithal

Pengertian Proyeksi Peta dan Penjelasan Mengenai Proyeksi Peta Terlengkap
Proyeksi Azimuthal



Proyeksi Zenithal (Azimuthal), adalah proyeksi yang menggunakan bidang datar sebagai bidang proyeksinya. Proyeksi ini menyinggung bola bumi dan berpusat pada satu titik. Proyeksi ini menggambarkan daerah kutub dengan menempatkan titik kutub pada titik pusat proyeksi. Proyeksi Azimuthal dibedakan 3 macam, yaitu:
1.   Proyeksi Azimut Normal yaitu bidang proyeksinya menyinggung kutub.
2.   Proyeksi Azimut Transversal yaitu bidang proyeksinya tegak lurus dengan ekuator.
3.   Proyeksi Azimut Oblique yaitu bidang proyeksinya menyinggung salah satu tempat antara kutub dan ekuator.

b)    Proyeksi Peta Silinder

Pengertian Proyeksi Peta dan Penjelasan Mengenai Proyeksi Peta Terlengkap
Proyeksi Silinder

Proyeksi Silinder adalah suatu proyeksi permukaan bola bumi yang bidang proyeksinya berbentuk silinder dan menyinggung bola bumi. Apabila pada proyeksi ini bidang silinder menyinggung khatulistiwa, maka semua garis paralel merupakan garis horizontal dan semua garis meridian merupakan garis lurus vertikal. Penggunaan proyeksi silinder mempunyai beberapa keuntungan yaitu:
1.   Dapat menggambarkan daerah yang luas.
2.   Dapat menggambarkan daerah sekitar khatulistiwa.
3.   Daerah kutub yang berupa titik digambarkan seperti garis lurus.
4.   Makin mendekati kutub, makin luas wilayahnya.
Jadi keuntungan proyeksi ini yaitu cocok untuk menggambarkan daerah ekuator, karena ke arah kutub terjadi pemekaran garis lintang.

c)    Proyeksi Kerucut

Pengertian Proyeksi Peta dan Penjelasan Mengenai Proyeksi Peta Terlengkap
Proyeksi Kerucut

Proyeksi Kerucut yaitu pemindahan garis-garis meridian dan paralel dari suatu globe ke sebuah kerucut. Untuk proyeksi normalnya cocok untuk memproyeksikan daerah lintang tengah (miring). Proyeksi ini memiliki paralel melingkar dengan meridian berbentuk jari-jari. Paralel berwujud garis lingkaran sedangkan bujur berupa jari-jari. Proyeksi kerucut diperoleh dengan memproyeksikan globe pada kerucut yang menyinggung atau memotong globe kemudian di buka, sehingga bentangnya ditentukan oleh sudut puncaknya. Proyeksi ini paling tepat untuk menggambar daerah daerah di lintang 45°. Proyeksi kerucut dibedakan menjadi 3 macam yaitu:
1.   Proyeksi kerucut normal atau standar
Jika garis singgung bidang kerucut pada bola bumi terletak pada suatu paralel (Paralel Standar).
2.    Proyeksi Kerucut Transversal
Jika kedudukan sumbu kerucut terhadap sumbu bumi tegak lurus.
3.    Proyeksi Kerucut Oblique (Miring)
Jika sumbu kerucut terhadap sumbu bumi terbentuk miring.

Segi sifat kebenaran yang dipertahankan masing-masing proyeksi peta tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut:

a)    Proyeksi Ekuidistant, yaitu unsur jarak pada arah tertentu, dipertahankan kebenarannya.
b)    Proyeksi Konformal atau Ortomofik yaitu unsur bentuk dan arah dipertahankan kebenarannya.
c)    Proyeksi ekuivalent atau equal area yaitu unsur luas tetap dipertahankan kebenarannya walaupun bentuknya sudah tidak sesuai lagi dengan sebanarnya.

Ada juga proyeksi peta konvensional yang termasuk pada proyeksi silinder.Contohnya proyeksi mercator, yaitu proyeksi Universal Transverse Mercator (UTM) yang sekarang banyak digunakan untuk pemetaan daerah per daerah.Contoh di Indonesia, yaitu peta topografi atau peta rupabumi, dengan tingkat kesalahannya sangat kecil.


Menurut Kedudukan Bidang Proyeksi
Proyeksi peta menurut kedudukan bidang proyeksi dibedakan :
a)    Proyeksi normal
b)    Proyeksi miring
c)    Proyeksi transversal

Menurut Modifikasi
Proyeksi peta menurut modifikasi (gubahan) dibedakan :
a)    Proyeksi Bonne (Equal Area)

Pengertian Proyeksi Peta dan Penjelasan Mengenai Proyeksi Peta Terlengkap
Proyeksi Bone


Sifat-sifatnya sama luas. Sudut dan jarak benar pada meridian tengah dan pada paralel standar. Semakin jauh dari meridian tengah, bentuk menjadi sangat terganggu. Baik untuk menggambarkan Asia yang letaknya di sekitar khatulistiwa.
b)    Proyeksi Sinusoidal
Pada proyeksi ini menghasilkan sudut dan jarak sesuai pada meridian tengah dan daerah khatulistiwa sama luas. Jarak antara meridian sesuai, begitu pula jarak antar paralel. Baik untuk menggambar daerah-daerah yang kecil dimana saja. Juga untuk daerah-daerah yang luas yang letaknya jauh dari khatulistiwa. Proyeksi ini sering dipakai untuk Amerika SelatanAustralia dan Afrika.
c)    Proyeksi Mercator

Pengertian Proyeksi Peta dan Penjelasan Mengenai Proyeksi Peta Terlengkap
Proyeksi Mercator

Proyeksi Mercator merupakan proyeksi silinder normal konform, dimana seluruh muka bumi dilukiskan pada bidang silinder yang sumbunya berimpit dengan bola bumi, kemudian silindernya dibuka menjadi bidang datar. Sifat-sifat proyeksi Mercatar yaitu:
1.   Hasil proyeksi adalah baik dan betul untuk daerah dekat ekuator, tetapi distorsi makin membesar bila makin dekat dengan kutub.
2.   Interval jarak antara meridian adalah sama dan pada ekuator pembagian vertikal benar menurut skala.
3.   Interval jarak antara paralel tidak sama, makin menjauh dari ekuator, interval jarak makin membesar.
4.   Proyeksinya adalah konform.
5.   Kutub-kutub tidak dapat digambarkan karena terletak di posisi tak terhingga.

d)    Proyeksi Mollweide
Pada proyeksi ini sama luas untuk berubah di pinggir peta.
e)    Proyeksi Gall
Sifatnya sama luas, bentuk sangat berbeda pada lintang-lintang yang mendekati kutub.
f)     Proyeksi Homolografik (Goode)
Sifatnya sama luas. Merupakan usaha untuk membetulkan kesalahan yang terjadi pada proyeksi Mollweide. Baik untuk menggambarkan penyebaran.

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Pengertian Proyeksi Peta dan Penjelasan Mengenai Proyeksi Peta Terlengkap.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.

Terima Kasih…
Salam Edukasi…


0 Response to "Pengertian Proyeksi Peta dan Penjelasan Mengenai Proyeksi Peta Terlengkap"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru