Cara Mencari Informasi Geografis pada Peta,Atlas,dan Globe Beserta Contoh dan Penjelasannya Terlengkap



Cara Mencari Informasi Geografis pada Peta,Atlas,dan Globe Beserta Contoh dan Penjelasannya Terlengkap
Cara Mencari Informasi Geografis pada Peta, Atlas, dan Globe Beserta Contoh dan Penjelasannya Terlengkap

Cara Mencari Informasi Geografis pada Peta, Atlas, dan Globe Beserta Contoh dan Penjelasannya Terlengkap


Selamat Datang di Web Pendidikan www.edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Cara Mencari Informasi Geografis pada Peta,Atlas,dan Globe Beserta Contoh dan Penjelasannya Terlengkap

1.Mencari Informasi Geografi pada Peta



Cara Mencari Informasi Geografis pada Peta,Atlas,dan Globe Beserta Contoh dan Penjelasannya Terlengkap
Mencari Informasi Geografi pada Peta


Khusus untuk mencari informasi geografi pada peta kita menggunakan pertolongan garis bujur dan garis lintang. Bisa juga menggunakan simbol-simbol peta dan unsur-unsur peta yang lain. Adapun cara mencari informasi geografi pada peta yakni sebagai berikut;

a)    Dengan pertolongan garis lintang

Fungsi utama garis lintang pada peta yaitu untuk menentukan daerah iklim matahari di muka bumi. Berdasarkan pembagian iklim matahari, permukaan bumi ini terbagi atas empat (4) daerah iklim matahari yakni sebagai berikut:
1)    Iklim tropis terletak pada garis 23,5° LU- 23,5°LS.
2)    Iklim subtropis terletak pada 23,5°LU - 40°LU dan 23,5°LS - 40°LS
3)    Iklim sedang terletak pada 40°LU – 66,5°LU dan 40°LS – 66,5°LS.
4)    Iklim dingin terletak pada 66,5°LU ­- 90°LU dan 66,5°LS - 90°LS

Jadi informasi geografi yang dapat kita peroleh dengan pertolongan garis lintang adalah daerah iklim matahari. Berdasarkan ketentuan tersebut, kita bisa mencari informasi daerah iklim setiap peta yang ada dengan cara melihat garis lintangnya. Misalnya peta wilayah negara Indonesia terletak pada garis lintang 6°LU - 11°LS.jika dilihat maka wilayah Indonesia seluruhnya beriklim tropis, sebab daerah iklim tropis terletak pada garis 23,5°LU-23,5°LS.

b)    Dengan pertolongan garis bujur

Fungsi utama garis bujur pada peta yaitu untuk menentukan daerah waktu. Ketentuan pokok yang dapat kita jadikan pedoman yaitu setiap 15° garis bujur selisih waktunya satu jam. Perhitungan daerah waktu dimulai dari garis bujur 0° yang terletak di kota Greenwich di London, Inggris. Makin ke arah timur atau BT dari Greenwich makin bertambah waktunya, dan sebaliknya makin ke arah barat waktunya dikurangi.

Penambahan dan pengurangan waktu dari garis bujur 0° tersebut dihitung setiap selisih 15° sebanyak 60 menit. Dengan pertolongan garis bujur kita bisa mencari informasi geografi tentang daerah waktu. Berdasarkan garis bujurnya yakni 95°BT - 141°BT, maka wilayah negara Indonesia terbagi atas tiga daerah waktu, yakni WIBT (Waktu Indonesia Bagian Timur), WIBTA (Waktu Indonesia Bagian Tengah), dan WIBB (Waktu Indonesia Bagian Barat).


c)    Dengan pertolongan garis lintang dan bujur

Garis lintang dan bujur secara bersamaan berfungsi untuk mencari lokasi suatu tempat di muka bumi. Caranya sangat mudah, perhatikan contoh berikut. Untuk mencari letak kota B yang terletak pada garis lintang 9°LS dan garis bujur 112° BT, maka langkah-langkahnya yaitu:
1)    Cari garis lintang 9°LS dan garis bujur 112°BT pada peta, setelah ketemu tarik garis lintang 9°LS secara mendatar dan garis bujur 112°BT secara vertikal,
2)    Titik temu antara garis lintang dan garis bujur itu adalah letak kota B.

d)    Dengan Simbol Peta

Mencari informasi geografi pada peta juga bisa menggunakan simbol peta. Baik menggunakan simbol warna, titik, garis, dan simbol daerah masing-masing mempunyai makna atau arti sendiri. Caranya sangat mudah dan sederhana, misalnya jika kita ingin tahu sungai-sungai di Pulau Jawa, cari di peta yang bersimbol garis berkelok-kelok warna biru itu pasti sungai.


2.Mencari Informasi Geografi pada Globe



Cara Mencari Informasi Geografis pada Peta,Atlas,dan Globe Beserta Contoh dan Penjelasannya Terlengkap
Mencari Informasi Geografi pada Globe


Mencari informasi geografi pada Globe juga menggunakan bantuan garis lintang dan garis bujur serta simbol-simbol warna. Garis-garis lintang yang penting pada Globe yakni sebagai berikut:

a)    Garis lintang 0°, disebut garis khatulistiwa atau garis ekuator. Garis lintang 0° ini membagi bumi menjadi dua bagian sama besar, yaitu belahan bumi utara (hemister utara) dan belahan bumi bagian barat (hemister barat).

b)    Garis lintang 23,5°LU – 23,5°LS.Garis lintang 23,5°LU disebut garis balik utara (Tropic of Cancer) sedangkan garis lintang 23,5°LS disebut garis balik selatan (Tropic of Capricorn).

c)    Garis lintang 66,5°LU dan 66,5°LS.Garis lintang 66,5°LU disebut lingkaran kutub utara (garis artik), sedangkan garis lintang 66,5°LS disebut lingkaran kutub selatan (garis antartika)

d)    Garis lintang 90°LU dan 90°LS.Garis lintang 90°LU disebut titik kutub utara dan garis lintang 90°LS disebut titik kutub selatan, sebab pusat garis lintang tersebut berupa titik.

3.Mencari Informasi Geografi pada Atlas



Cara Mencari Informasi Geografis pada Peta,Atlas,dan Globe Beserta Contoh dan Penjelasannya Terlengkap
Mencari Informasi Geografi pada Atlas


Mencari informasi geografi pada Atlas dapat dilakukan dengan tiga cara yakni sebagai berikut:

a)    Cara Mencari Informasi Geografis pada Atlas dengan Indeks

Indeks yaitu unsur atlas yang berisi daftar nama-nama kota, gunung, pegunungan, laut, dan informasi penting lainnya yang penulisannya diurutkan secara alfabetis, seperti letak kota, negara, sungai, gunung atau pulau pada atlas dengan indeks sangat mudah. 

Misalnya kita ingin mencari letak kota Tangerang, langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:
1)    Kita cari pada kelompok kota yang berhuruf depan T
2)    Jika sudah ketemu di indeks, misalnya tertulis Tangerang, 40 E4.
3)    Maksudnya yaitu kota Tangerang pada atlas terdapat pada halaman 40, kolom E dan baris ke-4.
4)    Dengan demikian kita tinggal mencari kota Tangerang tersebut pada atlas.

b)    Mencari Informasi Geogafis pada Atlas dengan Daftar Isi

Informasi geografi pada atlas bisa juga dicari dengan bantuan daftar isi atlas. Daftar isi atlas memuat seluruh  isi atlas seperti nama pulau, negara, dan bentang alam lain. Cara mencari informasi geografi pada atlas dengan daftar isi sangat mudah. Sebagai contoh mencari pulau Nias, caranya yakni sebagai berikut:
1)    Kita lihat daftar isi
2)    Jika pada daftar isi tertulis “Peta Pulau Nias...........20”.
3)    Berarti peta pulau Nias pada atlas terletak di halaman 20.

c)    Mencari Informasi Geografi pada Atlas Menggunakan Garis Lintang dan Garis Bujur

Untuk mencari letak suatu tempat atau kota di dalam atlas melalui garis lintang dan garis bujur kita dapat melihat titik potong kedua garis tersebut.

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Cara Mencari Informasi Geografis pada Peta, Atlas, dan Globe Beserta Contoh dan Penjelasannya Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan  web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.

Terima Kasih…
            Salam Edukasi…