Pengertian Pelapukan dan Macam-macam Pelapukan Beserta Penjelasannya Terlengkap


Pengertian Pelapukan dan Macam-macam Pelapukan Beserta Penjelasannya Terlengkap
Pelapukan


Pengertian Pelapukan dan Macam-macam Pelapukan Beserta Penjelasannya Terlengkap


Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Halo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Pengertian Pelapukan dan Macam-macam Pelapukan Beserta Penjelasannya Terlengkap


Berikut Pembahasannya


1.Pengertian Pelapukan



Pengertian Pelapukan dan Macam-macam Pelapukan Beserta Penjelasannya Terlengkap
Pengertian Pelapukan



Pelapukan adalah peristiwa penghancuran atau pengrusakan atau pelepasan bagian-bagian batuan oleh zat-zat penghancur. Dalam proses pelapukan terdapat dua faktor penting yang memengaruhi, yaitu batuan yang akan lapuk dan tenaga pelapukan.

Berdasarkan batuan atau daerah yang akan lapuk, kecepatan proses pelapukan ditentukan oleh beberapa faktor sebagai berikut.

a)    Tingkat kekuatan atau kekompakan batuan
b)    Kemiringan lereng atau topografi
c)    Keadaan vegetasi atau tumbuhan yang ada
d)    Unsur kimia yang terkandung dalam batuan.

Adapun ditinjau dari tenaga yang menyebabkan terjadinya pelapukan, kecepatan proses pelapukan ditentukan oleh faktor-faktor sebagai berikut.

a)    Temperatur,  jika tenaga pelapuknya cahaya matahari
b)    Unsur kimia yang terkandung jika tenaga pelapuknya zat kimia.
c)    Kekuatan tenaga pelapuk, misal kekuatan aliran air, kecepatan air, dan aliran gletser.
d)    Organisme yang merusak atau melakukan pelapukan.

2.Macam-Macam Pelapukan

1)    Pelapukan Kimia (Dekomposisi)

Pelapukan kimia adalah proses penghancuran batuan dengan mengubah susunan kimia batuan yang terlapukkan.
Pelapukan kimia berdasarkan pelapukannya dibedakan menjadi berikut ini.
a)    Proses oksidasi, adalah proses pelapukan kimia oleh zat oksigen. Contoh: besi yang bereaksi dengan oksigen akan mengalami karatan atau lapuk.
b)    Proses hidrolisis, adalah proses pelapukan kimia oleh air. Proses hidrolisis ini banyak terjadi di daerah kapur, batu kapur bereaksi dengan air akan hancur atau leleh membentuk endapan kalsium karbonat seperti terjadinya stalagtit dan stalagmit, gua-gua kapur, dolin, dan lain sebainya.

2)    Pelapukan Fisik (Mekanik)

Pelapukan fisik atau mekanik adalah penghancuran massa batuan yang disebabkan oleh tenaga fisik sedangkan susunan kimianya tetap. Pelapukan fisik atau mekanik ini disebabkan oleh perbedaan temperatur, arus air, kekuatan angin, ombak, dan lain sebagainya.

a)    Pelapukan Fisik Oleh Temperatur
Suhu yang sangat tinggi pada siang hari dan suhu dingin di malam hari, dapat menghancurkan batuan. Pada daerah gurun, waktu siang hari udara sangat panas, sehingga batuan mengalami pemuaian yang sangat besar. Adapun pada waktu malam hari udara sangat dingin sehingga batuan mengalami penyusutan yang besar. 

Setiap hari terjadi muai susut secara terus menerus, akhirnya batuan tersebut pecah menjadi pasir (lapuk).Pelapukan fisik oleh temperatur ini cepat terjadi terutama pada daerah yang amplitudo hariannya besar. Amplitudo harian artinya perbedaan suhu pada siang dan malam hari.

b)    Pelapukan Fisik Oleh Air
a.    Gelombang atau ombak laut menghancurkan batuan di pantai terjal, sehingga batuan hancur menjadi pasir. Proses pelapukan oleh ombak ini juga disebut dengan abrasi.

b.    Aliran air sungai yang mengikis permukaan tanah, menyebabkan tanah lepas-lepas dan terbawa aliran air. Proses ini disebut erosi.

c.    Gletser atau gumpalan es yang menuruni lereng akan mengikis daerah yang dilalui, sehingga tanah atau batuan lepas-lepas dan terbawa aliran gletser.

3)    Pelapukan Organik

Pelapukan organik adalah pelapukan batuan yang disebabkan oleh makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan. Contoh: akar tumbuhan yang menghujam ke tanah mengangkat batuan, lalu batuan tersebut pecah atau hancur. Hewan-hewan kecil yang membuat lubang di batuan bisa menyebabkan hancurnya batuan dan sebagainya.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Pengertian Pelapukan dan Macam-macam Pelapukan Beserta Penjelasannya Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
Salam Edukasi…