Pengertian Status Sosial, Dasar Penilaian Status Sosial, Status Simbol Beserta Penjelasan Mengenai Status Sosial Terlengkap

Pengertian Status Sosial, Dasar Penilaian Status Sosial, Status Simbol Beserta Penjelasan Mengenai Status Sosial Terlengkap



Pengertian Status Sosial, Dasar Penilaian Status Sosial, Status Simbol Beserta Penjelasan Mengenai Status Sosial Terlengkap
Gambar Ilustrasi

Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Pengertian Status Sosial, Dasar Penilaian Status Sosial, Status Simbol Beserta Penjelasan Mengenai Status Sosial Terlengkap


Berikut Pembahasannya


1.Pengertian Status Sosial
Status sosial adalah kedudukan sosial seseorang atau individu dalam kelompok atau masyarakat.Ada juga yang mengatakan bahwa status sosial adalah tingkat sosial dari suatu kelompok dibandingkan dengan kelompok-kelompok lainnya.Menurut ilmu sosial, status sosial juga mengandung beberapa pengertian sebagai berikut.
a.    Prestise atau nilai yang dihubungkan dengan suatu posisi tertentu
b.    Aspek statis dari suatu peranan
c.    Jumlah ideal dari seseorang atau kelompok orang
d.    Posisi dalam suatu hierarki atau urutan tingkat sosial
e.    Suatu wadah untuk menentukan hak dan kewajiban

2.Dasar Penilaian Status Sosial
Ada beberapa dasar dalam penilaian status sosial seseorang atau individu, yakni berikut ini.
1)    Kualitas Pribadi
Mutu atau kualitas pribadi seseorang ditentukan oleh beberapa hal; antara lain, kejujuran, kebijaksanaan, usia, kekuatan, kepandaian, tingkat pendidikan, dan sebagainya.Orang yang memiliki kebijaksanaan, kepandaian, usia lebih tua, tingkat pendidikan yang tinggi, dan kekuatan tertentu, dikatakan memiliki status sosial yang lebih tinggi.Sebaliknya, orang yang tingkat pendidikannya rendah, usianya lebih muda, kurang bijaksana, dan lemah, maka akan memiliki status sosial yang rendah.


2)    Prestasi
Seseorang yang memiliki prestasi yang tinggi maka akan lebih dihormati dan dihargai daripada orang yang tidak memiliki prestasi.Contohnya, seorang atlet bulutangkis yang sering meraih gelar juara di berbagai event akan dihormati dan disanjung banyak orang sebagai orang yang berjasa bagi negaranya dan dianggap memiliki status sosial yang tinggi. Dengan kata lain, orang yang berprestasi akan memiliki status sosial yang lebih tinggi daripada yang tidak berprestasi sama sekali.


3)    Otoritas
Otoritas yaitu kekuasaan yang sah atau diabsahkan sehingga orang harus mengikuti perintahnya tanpa perlawanan.Otoritas ini disahkan oleh pemerintah atau lembaga tertentu.Barang siapa memiliki otoritas atau kekuasaan yang tinggi dia akan memiliki  status sosial yang lebih tinggi pula dan demikian sebaliknya apabila seseorang tidak memiliki otoritas apapun maka status sosialnya akan lebih rendah.Sebagai contoh, seorang kepala desa memiliki otoritas yang lebih besar daripada rakyat biasa, sehingga status sosialnya dianggap lebih tinggi.


4)    Kelahiran
Kelahiran seseorang juga berpengaruh terhadap status sosial seseorang.Seseorang anak yang lahir dalam keluarga raja dan keluarga kaya, akan menduduki status sosial yang lebih tinggi daripada anak yang lahir dalam keluarga miskin.


5)    Pemilikan
Dalam masyarakat tertentu, pemilikan sejumlah kekayaan atau barang tertentu dapat juga dijadikan dasar sebagai penentu kedudukan sosial sekarang.Orang yang kaya atau memiliki harta lebih banyak, otomatis akan memiliki status sosial yang lebih tinggi daripada orang miskin, sehingga orang yang kaya lebih dihormati daripada orang miskin.

3.Status Simbol
Status simbol adalah ciri-ciri individu atau kelompok yang  mencerminkan kedudukan atau status sosialnya.Bentuk-bentuk status simbol antara lain adalah sebagai berikut.
a.    Cara Bergaul
Orang yang berstatus sosial tinggi dapat dilihat dari cara bergaulnya, yaitu lingkungan pergaulan dengan orang penting dan para pejabat serta pengusaha.Berbeda dengan orang yang bertatus sosial rendah, dia bergaul dengan orang-orang kebanyakan.

b.    Cara Memilih Tempat
Orang yang memilih tempat tinggal di tengah kota tepi jalan raya dan letaknya strategis dapat dipastikan ia memiliki status sosial yang lebih tinggi dan sebaliknya.

c.    Cara Berpakaian
Dengan melihat cara berpakaian seseorang kita akan mudah mengetahui status sosial orang tersebut dalam masyarakat.Contoh: wanita yang mengenakan seragam putih abu-abu statusnya sebagai perawat atau dokter.

d.    Cara Mengatur Rumah dan Perabotannya
Orang yang memiliki perabot banyak dan mahal serta cara mengaturnya baik maka orang tersebut berstatus sosial yang tinggi dan sebaliknya.

e.    Cara Mengisi Waktu Senggang
Orang yang mengisi waktu senggang dengan bermain olahraga tenis meja, status sosialnya kemungkinan rendah, dan sebaliknya seseorang yang mengisi waktunya senggangnya dengan bermain golf, kemungkinan besar dia memiliki status sosial yang lebih tinggi, sebab olahraga golf memerlukan dan mengeluarkan biaya yang lebih tinggi daripada bermain tenis meja.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Pengertian Status Sosial, Dasar Penilaian Status Sosial, Status Simbol Beserta Penjelasan Mengenai Status Sosial Terlengkap.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
Salam Edukasi…

0 Response to "Pengertian Status Sosial, Dasar Penilaian Status Sosial, Status Simbol Beserta Penjelasan Mengenai Status Sosial Terlengkap"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru