Sumber-Sumber Proses Sosial (Interaksi Sosial) Beserta Penjelasannya Terlengkap

Sumber-Sumber Proses Sosial (Interaksi Sosial) Beserta Penjelasannya Terlengkap


Sumber-Sumber Proses Sosial (Interaksi Sosial) Beserta Penjelasannya Terlengkap
Sumber-sumber Proses Sosial (Interaksi Sosial) Beserta Penjelasannya Terlengkap


Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Sumber-Sumber Proses Sosial (Interaksi Sosial) Beserta Penjelasannya Terlengkap




Berikut Pembahasannya


Sumber-sumber proses sosial yaitu  segala sesuatu yang menyebabkan terjadinya proses sosial artinya jika sumber tidak ada, maka proses sosial tidak akan terjadi.Sumber proses sosial sebenarnya manusia itu sendiri dengan segala aktivitasnya, baik secara kelompok (di sekolah atau masyarakat) atau individu (dalam keluarga).Manusia melakukan tindakan sehingga menimbulkan proses sosial karena adanya pengaruh dari lingkungan masyarakat itu sendiri.Pengaruh inilah yang merupakan salah satu sumber proses sosial.
Sumber-sumber proses sosial secara garis besar dibedakan menjadi dua, yakni sebagai berikut.

1.Sumber Proses Sosial dari Dalam
Sumber proses sosial dari dalam yaitu pengaruh dari dalam lingkungan yang menyebabkan manusia melakukan tindakan sosial sehingga terjadi proses sosial.Beberapa sumber proses sosial dari dalam ini antara lain yakni sebagai berikut.
a.    Adanya Kepentingan-Kepentingan Kelompok dalam Masyarakat
Dalam masyarakat yang banyak kelompok sosial, politik, budaya, maupun ekonomi, maka akan banyak menimbulkan proses-proses sosial, sehingga banyaknya kelompok tertentu dalam masyarakat merupakan sumber proses sosial yang potensial.

b.    Adanya Kelas-kelas Sosial dalam Masyarakat
Dalam masyarakat yang mayoritas penduduknya memeluk agama Hindu akan muncul proses-proses sosial yang menentang kelas-kelas sosial yang ada dalam masyarakat karena bertentangan dengan Hak Asasi Manusia (HAM) sehingga akan muncul bentuk proses sosial pertentangan, kontravensi, dan sebagainya.

c.    Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Makin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam masyarakat akan menyebabkan terjadinya proses sosial.Proses sosial yang terjadi sebagai bentuk reaksi masyarakat terhadap perkembangan ilmu pengetahuan tersebut.

d.    Adanya Kebutuhan Hidup
Setiap orang mempunyai kebutuhan hidup  yang harus dipenuhi.Usaha-usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup tersebut seringkali menimbulkan proses sosial, baik dalam bentuk kerja sama, persaingan, bahkan pertentangan.

e.    Adanya Kebutuhan Hidup yang Berbeda-beda
Perbedaan kebutuhan hidup setiap orang dalam masyarakat ada kalanya menimbulkan bentuk proses sosial saling kerja sama.Namun, ada kalanya pula menimbulkan proses sosial yang saling bertentangan atau berlawanan.

f.     Adanya Penemuan-penemuan Baru dalam Masyarakat
Penemuan sesuatu yang baru dalam masyarakat akan menyebabkan terjadinya proses sosial dalam masyarakat tersebut.Proses sosial yang terjadi bisa berupa penolakan atau bentuk penerimaan penemuan baru.


2.Sumber Proses Sosial dari Luar
Sumber proses sosial dari luar yaitu pengaruh dari luar lingkungan yang menyebabkan manusia melakukan tindakan sosial sehingga terjadi proses sosial.Beberapa sumber proses sosial dari luar, antara lain yakni sebagai berikut.

a.    Adanya Kerja Sama dengan Daerah Lain
Kerja sama dengan daerah yang lain bisa menimbulkan proses sosial.Proses sosial yang timbul mungkin ada yang setuju sehingga membentuk proses sosial kerja sama; yang tidak setuju membentuk proses sosial berupa pertentangan, perselisihan, atau kontroversi.

b.    Adanya Musuh dari Luar Daerah
Jika suatu masyarakat menghadapi ancaman musuh dari luar daerah secara spontan akan terjadi proses sosial yang berbentuk kerja sama untuk menghadapinya.

c.    Masuknya Unsur Kebudayaan dari Lain Daerah
Masuknya kebudayaan asing ke dalam masyarakat yang tidak sesuai dan tidak diterima jelas merupakan sumber terjadinya proses sosial.Proses sosial yang terjadi dalam hal ini adalah penolakan dan perlawanan.


Proses sosial merupakan suatu keadaan yang berkembang secara terus-menerus (bersifat dinamis).Tahapan paling awal terjadinya proses sosial adalah adanya kontak sosial.Setelah terjadi kontak sosial proses selanjutnya akan terjadi komunikasi kemudian terjadilah interaksi sosial.Saat terjadi interaksi sosial tersebut, maka proses sosial berlangsung yang akhirnya menghasilkan bentuk-bentuk proses sosial tertentu seperti yang telah dijelaskan di atas.

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Sumber-Sumber Proses Sosial (Interaksi Sosial) Beserta Penjelasannya Terlengkap.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
         Salam Edukasi…

0 Response to "Sumber-Sumber Proses Sosial (Interaksi Sosial) Beserta Penjelasannya Terlengkap"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru