Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepribadian Beserta Penjelasannya Terlengkap


Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepribadian Beserta Penjelasannya Terlengkap
Faktor-faktor yang Memengaruhi Kepribadian

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepribadian Beserta Penjelasannya Terlengkap


Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Halo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepribadian Beserta Penjelasannya Terlengkap




Berikut Pembahasannya

Faktor-faktor yang memengaruhi kepribadian, antara lain adalah sebagai berikut

a.     Faktor Biologis

Faktor biologis merupakan faktor yang berupa kematangan jiwa dan jasmani seseorang yang berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian. Beberapa faktor biologis yang memengaruhi pembentukan kepribadian seseorang adalah sebagai berikut.

1)    Karakteristik Fisik

Karakteristik fisik atau ciri-ciri fisik/tubuh seseorang tidak semuanya atau sepenuhnya berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian. Hanya ada kecenderungan yaitu pada umumnya seseorang gadis yang memiliki karakteristik badan langsing dan tinggi dianggap cantik dan baik kepribadiannya, sebaliknya seorang gadis yang gendut dan pendek sering dianggap atau dikatakan gembrot dan tidak cantik serta kepribadiannya jelek.

2)    Persamaan Biologis

Manusia yang normal pasti memiliki dua tangan, dua kaki, satu kepala, otak, pancaindra, dan sebagainya. Persamaan biologis tersebut ternyata sedikit banyak juga berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian seseorang. Meskipun orang yang memiliki persamaan biologis tidak akan sama persis kepribadiannya. 

Misalnya, saudara kembar dalam satu keluarga akan memiliki sifat-sifat atau kepribadian yang hampir sama meskipun tidak akan sama persis. Atau orang yang memiliki biologis yang sama, misalnya orang yang sama-sama  berperawakan gemuk akan memiliki persamaan kepribadian sebagaimana yang dimiliki oleh orang yang gemuk.


3)    Kematangan Biologis

Kematangan biologis ini sangat erat kaitannya dengan umur atau usia setiap individu, artinya makin tinggi usia seseorang akan makin matang biologisnya, dan kematangan biologis ini sangat berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian. Sebagai gambaran anak yang berumur 1 tahun belum bisa atau sulit dilatih bermain sepakbola. Berbeda dengan anak yang berumur 10 tahun, dia akan lebih mudah dalam bermain sepakbola.


b.     Faktor Geografi atau Lingkungan

Keadaan geografi yang baik seperti daerah yang datar, tanah yang subur, dan letak yang strategis sangat berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian manusia yang tidak tamak, tidak rakus, murah hati dan sebagainya. Sebaliknya lingkungan geografis yang relatif kasar atau berbukit-bukit, tanahnya tandus, letaknya terpencil akan berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian yang rakus, tamak, kikir, dan kurang ramah. Hal tersebut terjadi karena sulitnya sarana dan prasarana yang tersedia untuk menunjang kelangsungan kehidupan manusia.


c.      Faktor  Kebudayaan Khusus

Setiap daerah memiliki kebudayaan khusus yang berbeda dengan kebudayaan daerah lain. Perbedaan kebudayaan khusus tersebut akan berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian manusia. Sebagai contoh, kebudayaan masyarakat petani akan membentuk kepribadian yang jauh berbeda dengan kebudayaan masyarakat kota yang berbeda kebudayaan khususnya.


d.     Faktor Pengalaman Kelompok

1)    Kelompok Acuan

Kelompok acuan adalah kelompok yang dimiliki oleh individu sebagai model atau acuan dalam setiap berbuat atau melakukan sesuatu.Contoh kelompok acuan yaitu kelompok keluarga, kelompok-kelompok sebaya, dan sebagainya.

2)    Kelompok Majemuk

Kelompok   majemuk adalah kelompok yang memiliki keanekaragaman anggota, budaya, dan sebagainya. Kelompok majemuk ini merupakan gambaran nyata lingkungan masyarakat, nyata tempat kita hidup. Apabila keadaan masyarakat baik, tenteram, damai, saling menghormati, penuh dengan kehidupan religius; maka terbentuk pribadi individu yang baik pula. Sebaliknya, jika lingkungan masyarakat jelek, banyak perjudian, minum-minuman keras, perkelahian, dan sebagainya, maka akan terbentuk pribadi-pribadi individu yang kurang baik pula.


e.     Faktor Pengalaman Unik

Pengalaman unik yang dialami oleh setiap individu akan memengaruhi pembentukan kepribadian individu yang bersangkutan. Sebagai contoh, orang yang memiliki pengalaman unik yaitu pernah tinggal di tengah hutan beberapa tahun, kepribadian yang terbentuk pada individu tersebut jelas berbeda dengan orang yang memiliki pengalaman unik pernah tinggal di kota metropolitan.



Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepribadian Beserta Penjelasannya Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya. Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan edukasinesia.com ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
         Salam Edukasi…