Cita-cita dan Tujuan Nasional Berdasarkan Pancasila Beserta Penjelasannya Terlengkap


Cita-cita dan Tujuan Nasional  Berdasarkan Pancasila Beserta Penjelasannya Terlengkap
Cita-cita dan Tujuan Nasional Berdasarkan Pancasila


Cita-cita dan Tujuan Nasional  Berdasarkan Pancasila Beserta Penjelasannya Terlengkap

Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua. Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Cita-cita dan Tujuan Nasional  Berdasarkan Pancasila Beserta Penjelasannya Terlengkap

Berikut Pembahasannya




Cita-cita dan Tujuan Nasional  Berdasarkan Pancasila Beserta Penjelasannya Terlengkap
Cita-cita dan Tujuan Nasional Berdasarkan Pancasila




Cita-cita nasional sebagaimana diamanatkan dalam Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu mencapai masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila, tertuang dalam Alinea kedua Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 “.... Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”. Hasil perjuangan kemerdekaan itu terjelma dalam wujud suatu Negara Indonesia. Menyusun suatu negara atas kemampuan dan kekuatan sendiri dan selanjutnya untuk menuju cita-cita bersama yaitu masyarakat yang adil dan makmur.

Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia  Tahun 1945, Tujuan Nasional Negara Republik Indonesia tertuang dalam Alinea Keempat, disebutkan bahwa “... melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial...”.

Berdasarkan alinea tersebut, tujuan nasional yang ingin dicapai Negara Republik Indonesia adalah sebagai berikut.
1)    Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
2)    Memajukan kesejahteraan umum
3)    Mencerdaskan kehidupan bangsa
4)    Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Dalam rangka perwujudan cita-cita dan tujuan nasional tersebut, beberapa upaya yang dapat dilakukan negara, di antaranya adalah sebagai berikut.
1)    Memberikan kepastian dan perlindungan hukum terhadap semua warga negara tanpa diskriminatif
2)    Menyediakan fasilitas umum yang memadai yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat
3)    Menyediakan sarana pendidikan yang memadai dan merata di seluruh tanah air.
4)    Memberikan biaya pendidikan gratis terhadap seluruh jenjang pendidikan bagi seluruh warga negara.
5)    Menyediakan infrastruktur serta sarana transportasi yang memadai dan menunjang tingkat perekonomian rakyat.
6)    Menyediakan lapangan kerja yang dapat menyerap jumlah angkatan kerja dalam rangka penghidupan yang layak bagi seluruh warga negara.
7)    Mengirimkan pasukan perdamaian dalam rangka ikut serta berpartisipasi aktif dalam menjaga dan memelihara perdamaian dunia.

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Cita-cita dan Tujuan Nasional  Berdasarkan Pancasila Beserta Penjelasannya Terlengkap.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
         Salam Edukasi…