Sejarah Dekolonisasi Asia Afrika Beserta Penjelasannya Terlengkap


Sejarah Dekolonisasi Asia Afrika Beserta Penjelasannya Terlengkap
Sejarah Dekolonisasi Asia Afrika Beserta Penjelasannya Terlengkap


Sejarah Dekolonisasi Asia Afrika Beserta Penjelasannya Terlengkap

Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers, senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul Sejarah Dekolonisasi Asia Afrika Beserta Penjelasannya Terlengkap




Berikut Pembahasannya
Dekolonisasi adalah pembebasan negara-negara jajahan di Asia dan Afrika setelah selesainya Perang Dunia II. Gelombang dekolonisasi di Asia diawali dengan kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

1.     Indonesia

Indonesia merupakan negara jajahan Belanda yang telah dijajah selama 350 tahun. Setelah Belanda mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II melawan Jepang, Indonesia kembali mengalami penjajahan Jepang selama 3,5 tahun. Setelah Jepang menyatakan kalah perang dari Amerika Serikat, para pemimpin bangsa Indonesia seperti Sukarno dan Hatta segera berinisiatif untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Meskipun Jepang sudah kalah perang, Jepang diperintahkan oleh Sekutu untuk menguasai keadaan. Meskipun Jepang berusaha keras menghalangi usaha kemerdekaan bangsa Indonesia, namun proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945 mendapat dukungan sepenuhnya dari rakyat. Akibat sikap Jepang yang bersikeras menentang kemerdekaan politik rakyat Indonesia untuk untuk merdeka maka pecahlah bentrokan bersenjata antara rakyat Indonesia dan tentara Jepang yang meminta banyak korban jiwa. Namun, perjuangan tersebut tidak mengurangi semangat bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaannya.

2.     India

Setelah Indonesia merdeka, negara berikutnya yang memproklamirkan kemerdekaannya di Asia adalah India. India adalah negara jajahan Inggris selama ratusan tahun. Untuk meraih kemerdekaan para tokoh kemerdekaan India, seperti Mahatma Gandhi, Nehru, dan Pandit Nehru gigih menuntut kemerdekaan dari Inggris.Akhirnya pada tanggal 15 Agustus 1947 India memproklamirkan kemerdekaannya dengan Nehru sebagai presidennya dan beribu kota di New Delhi.

3.     Birma

Birma merupakan jajahan Inggris di Asia Tenggara sejak tahun 1885.Sejak tahun 1937 Birma diberi kedudukan dominion oleh pemerintah Inggris. Pada masa Perang Dunia II Inggris diduduki Jepang. Setelah Jepang menyerah kalah pada tahun 1945, Inggris kembali menduduki Birma. Dengan didorong oleh rasa nasionalisme para pemimpin Birma, seperti U Than dan Aung San memimpin perjuangan kemerdekaan Birma. Tekanan rakyat Birma tersebut memaksa Inggris menandatangani perjanjian dengan pejuang kemerdekaan Birma yang dipimpin oleh U Nu. Selanjutnya, perjuangan kemerdekaan Birma mencapai puncaknya dengan diproklamasikannya kemerdekaan Birma pada tanggal 4 Januari 1948.

4.     Libia

Libia adalah negara jajahan Italia di Afrika Utara. Sejak tahun 1551 Libia dikuasai oleh Turki sebelum direbut kembali oleh Italia pada tahun 1911.Namun, Italia belum mampu menguasai Libia sepenuhnya karena adanya perlawanan Omar Mokhtar hingga tahun 1930.Sesuai dengan keputusan PBB pada tahun 1949 maka Libia dimerdekakan pada tahun 1951.Akhirnya, pada tanggal 24 Desember 1951 Libia diproklamasikan kemerdekaannya di bawah kepemimpinan Idris I dengan ibu kota Tripoli.

5.     Malaysia

Malaysia adalah negara jajahan Inggris di Asia Tenggara. Pada perang Dunia II Malaysia diduduki oleh Jepang. Pada tahun 1946 Inggris membentuk Uni Malaya yang terdiri dari Malaya, Penang, Sabah, dan Serawak. Selanjutnya, pada tahun 1948 dibentuk Federasi Malaysia oleh pemerintah Inggris. Pada tahun 1957 Federasi Malaysia memperoleh kemerdekaan dari Inggris dan diterima menjadi anggota PBB. Pada tanggal 16 September 1963 diproklamasikan kemerdekaan Malaysia yang terdiri atas Penang, Sabah, Serawak, dan Singapura dengan Presiden Abdul Razak dan beribu kota di Kuala Lumpur.

6.     Aljazair

Aljazair adalah negara jajahan Prancis di Afrika. Setelah Perang Dunia II timbul gerakan kemerdekaan di Aljazair yang menuntut kemerdekaan dari Prancis. Pada tahun 1954 pecahlah perang kemerdekaan Aljazair yang dikobarkan oleh Front Pembebasan Aljazair. Selanjutnya, pada tahun 1958 didirikan pemerintahan Aljazair di pengasingan yang berkedudukan di Kairo di bawah Farhat Abbas. Pada tahun 1959 Presiden Prancis De Gaulle menawarkan otonomi pada Aljazair. Setelah perundingan  yang panjang antara Prancis dan Aljazair, maka Aljazair menjadi negara merdeka pada tahun 1959 dengan Presiden Ben Bella.

7.     Maroko

Maroko adalah negara jajahan Prancis dan Spanyol sejak tahun 1912.Pada Perang Dunia II pasukan Sekutu menguasai Maroko sejak tanggal 8 November 1942.Untuk meraih kemerdekaannya, para pemimpin pergerakan rakyat Maroko melakukan perlawanan bersenjata. Perlawanan rakyat Maroko tersebut mengakibatkan diasingkannya Sultan Sidi Muhammad Yusuf oleh Prancis. Selanjutnya, tekanan politik para pejuang kemerdekaan Maroko memaksa pengembalian Sultan Sidi Muhammad Yusuf oleh Prancis pada tahun 1956.Pada tahun 1956 kedaulatan Maroko diakui sepenuhnya oleh Prancis.

8.     Republik Rakyat Cina (RRC)

Republik Rakyat Cina (RRC) adalah negara yang menyatakan kemerdekaannya setelah selesainya Perang Dunia II. Setelah Jepang menyerah pada tahun 1945 Cina berada di bawah kekuasaan kaum nasionalis Cina pimpinan Chiang Kaisek. Setelah kaum nasionalis berkuasa di Cina, pecah perang saudara antara pihak nasionalis dan komunis yang didukung oleh para buruh dan petani. Dalam perang tersebut, kaum komunis yang dipimpin oleh Mao Zedong berhasil memukul mundur tentara nasionalis hingga ke Pulau Taiwan. Setelah berhasil mengusir pihak Kuomintang (nasionalis), kaum komunis Cina mendirikan negara Republik Rakyat Cina dengan Mao Zedong sebagai presiden dan Chou Enlai sebagai perdana menteri pada tanggal 1 Oktober 1949.

9.     Vietnam

Vietnam memproklamirkan kemerdekaannya setelah Perang Dunia II. Vietnam adalah negara jajahan Prancis di Indo Cina. Setelah Perang Dunia II, Partai komunis Vietnam di bawah pimpinan Ho Chi Minh mendirikan negara Vietnam Utara dengan ibu kota Hanoi pada tanggal 4 Januari 1949.

10. Korea Utara dan Korea Selatan

Setelah Perang Dunia II, Korea dikuasai oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet. Amerika Serikat menguasai Korea bagian selatan dan Uni Soviet menguasai Korea bagian utara. Selanjutnya, dengan dukungan Cina dan Uni Soviet maka diproklamasikan negara Korea Utara yang berhaluan komunis dengan Presidennya Kim II Sung pada tanggal 1 Mei 1948.Di pihak lain Republik Korea Selatan yang berhaluan nasionalis didirikan pada tanggal 15 Agustus 1948 di bawah Presiden Dr. Shyngman Rhee dengan beribukota di Seoul.

11. Filipina

Filipina adalah negara jajahan Amerika Serikat di Asia Tenggara. Setelah Jepang menyerah pada tahun 1945, Filipina kembali diduduki oleh Amerika Serikat. Namun, perjuangan kemerdekaan Filipina semakin menghebat di bawah kekuasaan Amerika Serikat. Selanjutnya, para pimpinan nasionalis Filipina gigih berjuang untuk memberikan Filipina kemerdekaannya dengan didirikannya negara Filipina merdeka pada tanggal 4 Juli 1946 di bawah Presiden Ramon Magsaysay dengan beribu kota di Manila.



Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul Sejarah Dekolonisasi Asia Afrika Beserta Penjelasannya Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan web pendidikan ini menjadi lebih baik. Jika ada permintaan, pertanyaan, kritik, maupun saran, silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
                 Salam Edukasi…