5 Manfaat Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya Terlengkap

5 Manfaat Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya Terlengkap


5 Manfaat Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya Terlengkap
5 Manfaat Jaringan Komputer


Selamat Datang di Web Pendidikan edukasinesia.com

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul 5 Manfaat Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya Terlengkap


Berikut Pembahasannya:


Jaringan komputer adalah suatu media untuk saling menghubungkan berbagai alat dan sumber daya komputer yang ada dengan menggunakan berbagai macam metode teknis, sehingga dapat saling bertukar data dan informasi serta  menggunakan sumber daya yang ada secara bersama-sama. Adapun manfaat adanya jaringan komputer adalah sebagai berikut.

1.     Pembagian Sumber

Pembagian sumber atau sharing resources memungkinkan pengguna (user) dapat mengakses komputer, printer, dan peralatan lainnya secara bersama-sama. Hal ini berarti, satu printer dapat dipakai oleh semua pengguna dalam suatu tempat. Misalnya, pengguna di gedung A dapat menggunakan printer yang berada di gedung B, begitu juga sebaliknya.

2.     Media Komunikasi



5 Manfaat Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya Terlengkap
Manfaat Jaringan Komputer Sebagai Media Komunikasi


Dengan adanya jaringan, para pengguna dapat berkomunikasi melalui teks, suara, atau video. Salah satu contoh penerapan teknologi mutakhir dengan menggunakan jaringan komputer adalah teknologi teleconference, yaitu suatu teknologi komunikasi antara dua pihak yang berada di lokasi yang berjauhan sehingga dapat saling bertatap muka secara langsung melalui komputer.

3.     Integrasi Data

Pernahkah sobat melakukan transaksi di Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Jika sobat perhatikan, data tabungan sobat pada layar ATM tepat sama dengan saldo tabungan sobat yang berada di bank, meskipun jarak ATM dan bank berjauhan. Hal ini terjadi karena adanya komunikasi antara mesin ATM dan peralatan komputer yang berada di bank. Transaksi pengambilan uang yang dilakukan secara langsung dan akurat ini dinamakan transaksi secara online. Hal ini berarti perubahan transaksi data yang terjadi saat itu akan mengubah data pada komputer utama pada waktu yang bersamaan. Proses ini memperlihatkan adanya integrasi data yang memungkinkan pengaksesan data secara tepat dan akurat.


4.     Keamanan Data

Proses transaksi data dengan menggunakan jaringan komputer memungkinkan pengolahan data tidak hanya dapat dilakukan dan didistribusikan pada satu komputer saja, melainkan juga pada beberapa komputer lainnya. Banyaknya komputer yang dapat mengakses data pada saat yang bersamaan, mengakibatkan terbukanya kesempatan bagi orang yang tidak bertanggung jawab untuk menghapus, mengubah, merusak, dan memalsukan data. Oleh karena itu, jaringan komputer umumnya menggunakan kata kunci (password) setiap kali data akan diakses oleh suatu komputer. Dengan demikian, data akan lebih terjamin keamanannya.

5.      Efisiensi Sumber Daya

Penggunaan media yang dapat dilakukan secara bersama-sama tentu akan mengakibatkan terjadinya penghematan energi untuk menjalankan media tersebut. Sebagai contoh, suatu sekolah tidak perlu membeli dua puluh printer untuk setiap komputer yang ada, tetapi cukup membeli satu atau dua printer untuk digunakan secara bersama-sama. Hal ini tentunya juga sejalan dengan program pemerintah yang mengkampanyekan program hemat energi.

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 5 Manfaat Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya Terlengkap.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi sobat semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar sobat semua di kolom komentar di bawah ini.
Terima Kasih…
          Salam Edukasi…

0 Response to "5 Manfaat Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya Terlengkap"

Post a Comment

Mohon untuk berkomentar yang bijak,tanpa link spam!
Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Materi PKN

Powered by Blogger.

Artikel Terbaru